Sistem organ tubuh manusia menjadi salah satu hal yang sudah tidak asing di telinga masyarakat. Sebab dengan sistem inilah tubuh bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Selain itu, sistem organ juga memiliki peran yang penting dalam menentukan kesehatan manusia.

Apa Itu Sistem Organ Tubuh Manusia?

sistem organ tubuh manusia
                     sistem organ tubuh manusia

Organ tubuh merupakan sebuah jaringan yang memiliki satu fungsi atau lebih. Dimana satu sistem organ memiliki hubungan yang erat dengan organ lainnya. Berdasarkan letaknya, organ tubuh dibagi menjadi 2 jenis, yakni organ dalam dan organ luar.

Meskipun memiliki jenis yang berbeda, namun sistem organ tetap memiliki hubungan yang erat. Apabila salah satu organ memiliki masalah, maka akan berpengaruh pada organ tubuh yang lainnya. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit manusia sulit dideteksi tanpa bantuan tenaga medis.

Agar sistem organ tubuh dapat bekerja sesuai dengan fungsinya, maka Anda harus rutin menjaga kesehatan. Sebab salah satu organ memiliki permasalahan, maka akan berpengaruh pada organ lainnya. Sebelum menjaga sistem organ tubuh manusia, Anda harus mengetahui jenis-jenis organ terlebih dahulu.

Jenis-jenis Sistem Organ Tubuh Manusia yang Wajib Diketahui

Ada banyak organ tubuh manusia yang wajib diketahui. Sebab organ inilah yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Apabila salah satu organ tubuh terganggu, maka akan berpengaruh pada tubuh Anda. Berikut jenis-jenis organ tubuh manusia yang wajib dipahami, yakni:

1. Sistem Indra

Pada tubuh manusia terdapat 5 macam indra atau sering disebut dengan pancaindra. Panca Indra sendiri terbagi menjadi beberapa jenis mulai dari indra mata, indra telinga, indra lidah, indra hidung dan juga indra kulit. Semua indra tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda-beda di tubuh manusia.

Umumnya indra tersebut bekerja secara bersama-sama dalam menunjang kehidupan manusia. Untuk melihat sesuatu, maka manusia membutuhkan indra mata. Sementara untuk merasakan bau di situ tempat, manusia membutuhkan indra hidung. Jika salah satu bermasalah, manusia akan sulit beraktivitas.

2. Sistem Kardiovaskular

Sistem organ tubuh manusia yang satu ini terbagi menjadi dua jenis, yakni jantung dan juga pembuluh darah. Dengan adanya sistem ini maka darah bisa menyebar keseluruhan tubuh. Sebab sistem kardiovaskular bertanggung jawab dalam memastikan kelancaran sirkulasi darah.

Darah sendiri merupakan sarana transportasi untuk oksigen, nutrisi, dan zat penting lainnya. Sehingga keberadaan kardiovaskular sangat penting bagi tubuh manusia. Terlebih darah juga mampu membawa racun untuk keluar dari tubuh manusia.

3. Sistem Pernafasan

Manusia bisa hidup dengan baik, jika mampu menghirup oksigen. Hal inilah yang menyebabkan sistem pernafasan cukup penting bagi kehidupan manusia. Apabila sistem pernapasan manusia mengalami permasalahan, maka akan berakibat pada keberlangsungan hidupnya.

Sistem organ tubuh manusia yang satu ini terbagi menjadi 2 bagian yakni sistem pernafasan atas dan bawah. Organ sistem bagian bawah meliputi rongga hidung, sinus, faring dan laring. Selain itu, organ sistem pernafasan bawah meliputi trakea, paru-paru, diafragma, bronkus.

4. Sistem Reproduksi

Dalam menjalankan kehidupan, otomatis manusia ingin memiliki keturunan. Hal ini bisa terwujud, jika manusia memiliki sistem reproduksi yang bagus. Sebab melalui sistem reproduksi, manusia bisa melakukan hubungan seksual. Sistem reproduksi pria dan wanita tentu saja berbeda.

Sistem reproduksi wanita terdiri dari vagina, rahim, ovarium dan juga tuba falopi. Sementara sistem reproduksi pria terdiri dari penis, testis, epididimis dan vas deferens. Apabila kedua sistem tersebut bertemu, maka akan menghasilkan keturunan.

5. Sistem Pencernaan

Untuk dapat beraktivitas secara normal, manusia memerlukan energi yang cukup. Dimana energi ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan ataupun minuman. Melalui sistem perencanaan, makanan tersebut akan diserap menjadi energi dan juga nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Setelah makanan berhasil diolah, maka tubuh bisa menyerapnya dengan mudah. Proses ini seringkali disebut sebagai metabolisme tubuh. Dalam proses pencernaan makanan menjadi nutrisi diperlukan beberapa sistem seperti mulut, kerongkongan, lambung, hati, pankreas, usus dan juga anus.

6. Sistem Urogenital

Sistem organ tubuh manusia yang tidak kalah pengingat dalam sistem Urogenital. Dimana sistem ini terdiri dari ginjal, saluran kemih, kandung kemih dan juga uretra. Umumnya sistem ini berfungsi untuk menyaring racun, cairan dan juga elektroit yang berlebihan di dalam darah.

Setelah darah berhasil disaring, maka akan diedarkan ke seluruh tubuh. Selain itu, sisa limbah beracun yang telah berhasil disaring akan dikeluarkan melalui cairan urine. Sistem urogenital tidak hanya membuang urine saja, namun juga mengatur cairan dan elektrolit di dalam tubuh.

7. Sistem Saraf

Manusia memiliki 2 sistem saraf yakni saraf sensorik dan saraf motorik. Melalui sistem ini, manusia bisa merasakan, memahami dan juga merespon lingkungan sekitar. Selain itu, sistem ini juga bisa mengatur gerak tubuh manusia bersama dengan sistem muskuloskeletal.

Umumnya sistem sistem muskuloskeletal terdiri dari otot dan tulang. Dimana sistem ini dapat menggerakkan tubuh, menjaga keseimbangan tubuh serta menghasilkan panas. Yang paling penting, sistem ini dapat melindungi organ dalam tubuh.

8. Sistem Ekskresi

Sistem organ tubuh manusia umumnya memiliki peran yang sangat penting. Sehingga keberadaannya harus dijaga dengan baik. Salah satu sistem ekskresi yang berperan dalam mengatasi zat berbahaya adalah sistem ekskresi. Dimana sistem ini berfungsi mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme.

Umumnya zat yang dibuang oleh sistem ini adalah zat-zat yang sudah tidak diperlukan lagi. Dimana zat tersebut termasuk kedalam zat beracun yang dianggap membahayakan tubuh. Sistem ini terdiri dari kulit, hati, usus besar, paru-paru dan juga hati.

9. Sistem Endokrin

Sistem organ tubuh manusia yang selanjutnya yaitu sistem endokrin. Dimana sistem ini terbagi menjadi 2 jenis yakni hipotalamus dan juga serangkaian kelenjar. Sistem ini bertugas untuk menghasilkan hormon yang diperlukan oleh tubuh.

Hormon sendiri berperan untuk mengendalikan fungsi tubuh, mulai dari pernafasan, reproduksi, metabolisme, pergerakan, pertumbuhan dan lain sebagainya. Sehingga keberadaannya cukup penting dan harus dijaga dengan baik. Sebab jika sistem ini bermasalah, akan mengganggu organ tubuh yang lain.

10. Sistem Imunitas

Setiap tubuh manusia memiliki sistem imun yang berbeda-beda. Dimana hal ini juga mempengaruhi tubuh dalam mengatasi bakteri. Sistem imunitas sendiri meliputi sel-sel khusus, mulai dari sel darah putih dan limfosit. Melalui sistem ini, tubuh akan lebih kebal terhadap kuman penyakit.

Keberadaan sistem ini mampu mendeteksi keberadaan zat berbahaya dan beracun yang membahayakan kesehatan. Selain itu, sistem imunitas akan menghasilkan antibodi yang dapat menghancurkan dan sel berbahaya yang mengancam kesehatan tubuh. Dimana sistem ini tentu bermanfaat bagi kesehatan.

Berbagai macam sistem organ tubuh manusia di atas, memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda. Namun, sistem tersebut selalu bekerja sama dalam melindungi tubuh dari zat-zat berbahaya. Sehingga jika salah satu organ mengalami permasalahan, maka akan berpengaruh pada organ tubuh lainnya.

Share: