Makanan khas Betawi menjadi salah satu kuliner yang sering diburu oleh banyak orang. Sebab cita rasanya cukup lezat dan nikmat, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang berlomba-lomba untuk wisata kuliner di Betawi.

Rekomendasi Makanan Khas Betawi yang Wajib Anda Coba

Soto sebagai salah satu makanan khas Betawi
                Soto khas Betawi

Ketika pergi ke Jakarta, sangat tidak affdol jika Anda tidak mencoba kuliner khas Betawi. Terlebih kuliner di daerah ini cukup beragam, sehingga bisa dipilih sesuai dengan selera. Berikut beberapa kuliner khas Betawi yang wajib dicoba, yakni:

1. Soto Betawi

Kuliner yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Sebab soto Betawi memiliki cita rasa yang cukup khas, serta berbeda dengan soto dari daerah lain. Kuah soto Betawi berasal dari campuran santan dan susu, sehingga rasanya cukup unik. Sementara isiannya berasal dari daging sapi.

2. Kerak Telor

Jika pergi ke Betawi, belum tepat rasanya jika Anda belum mencoba kerak telor. Sebab rasa dari kerak telur cukup khas dan gurih. Berasal dari telur ayam atau bebek, beras ketan putih, ebi dan bawang goreng membuat rasanya lebih lezat. Menariknya lagi, harga dari makanan ini terbilang cukup murah.

3. Ketoprak

Mungkin Anda sering mengonsumsi makanan yang satu ini. Hanya saja rasanya tentu berbeda, saat Anda mengonsumsi ketoprak khas Betawi. Sebab isian ketoprak Betawi jauh lebih lengkap dan rasanya lebih lezat. Sehingga banyak orang menyukai makanan khas Betawi yang satu ini.

4. Roti Buaya

Pada saat acara pernikahan, mungkin Anda sering menemukan roti buaya. Sebab roti buaya seringkali dijadikan sebagai pelengkap dalam upacara adat pernikahan. Hal ini disebabkan karena roti buaya memiliki lambang kesetiaan.

5. Es Goyang

Sesuai dengan namanya, es ini dibuat dengan cara menggoyangkan gerobak. Es goyang khas Betawi terbuat dari kelapa, gula pasir, perasa dan tepung hunkwe. Menariknya lagi, es ini tersedia dalam beberapa varian rasa mulai dari alpukat, durian, coklat dan masih banyak lagi.

6. Kembang Goyang

Rekomendasi makanan khas Betawi yang wajib Anda coba yaitu kembang goyang. Rasa dari makanan ini cukup lezat dan gurih, sehingga cocok untuk dinikmati saat sedang nonton film atau aktivitas lainnya. Tampilan dari makanan ini menyerupai bunga dengan warna yang berbeda-beda.

7. Dodol Betawi

Jika Anda pecinta dodol, maka wajib mencoba dodol Betawi. Dodol dari Betawi berwarna kecoklatan serta varian rasanya lebih sedikit, yakni ketan putih, ketan hitam dan durian. Selain itu, rasa dari dodol Betawi cukup khas dan lebih legit sehingga sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

8. Kue Cucur

Sajian yang satu ini sering menjadi makanan penutup dalam beberapa acara adat Betawi. Rasa dari kue ini cukup khas sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Saat ini sudah banyak restoran yang menjual kue cucur sebagai hidangan penutup. Menariknya, kue ini bisa disajikan dengan parutan keju dan coklat.

9. Semur Jengkol

Bagi sebagian orang, jengkol menjadi makanan yang paling dihindari sebab baunya tidak sedap. Padahal rasa dari jengkol sendiri cukup lezat, terlebih jika diolah dengan tepat. Selain itu, semur jengkol khas Betawi bisa Anda padukan dengan nasi panas dan telur.

10. Asinan Betawi

Bagi pecinta makanan khas Betawi, Anda bisa mencoba asinannya. Biasanya asinan ini berasal dari campuran berbagai sayuran dan buah-buahan. Umumnya asinan Betawi disajikan dengan saus asam pedas manis. Rasanya yang khas, membuat asinan ini lebih sering diincar oleh banyak orang.

11. Nasi Uduk Betawi

Makanan khas Betawi yang satu ini, sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Sebab rasanya cukup lezat, meskipun diolah dengan cara yang sederhana. Biasanya nasi uduk Betawi disajikan dengan berbagai macam lauk mulai dari telur dadar, kering tempe, sambal teri dan ayam goreng.

12. Sayur Babanci

Nama makanan yang satu ini terbilang cukup unik, sebab didalamnya tidak terdapat sayuran sama sekali. Di dalam makanan ini terdapat daging sapi, tetelan, kuah santan dan juga ketupat. Meskipun namanya cukup unik, namun sayur ini cukup dinikmati oleh banyak orang sebab rasanya cukup khas.

13. Putu Mayang

Apabila Anda menyukai makanan khas Betawi yang manis, maka putu mayang bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Sebab makanan ini disajikan dengan tepung beras dan juga tepung kanji, serta rasanya cukup manis. Selain itu, makanan ini biasanya disajikan dengan berbagai warna sehingga lebih menarik.

14. Laksa Betawi

Kuliner ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai mie. Sebab makanan ini termasuk ke panganan mie yang memiliki kuah kekuningan. Kuah dari makanan ini juga cukup kental, karena terbuat dari campuran santan dan juga sangrai kelapa. Meskipun kuahnya cukup kental, namun rasanya masih lezat dan segar.

15. Ayam Sampyok

Jika Anda menyukai makanan khas Betawi, sangat wajib mencoba ayam sampyok. Sebab ayam ini diolah dengan cara dibakar. Selain itu, ayam ini juga diolah dengan bumbu yang cukup kuat sehingga rasanya melekat. Biasanya ayam sampyok juga dilengkapi dengan beberapa sayuran lalapan.

16. Gabus Pucung

Memiliki bentuk yang hampir mirip dengan rawon, membuat makanan yang satu ini digemari oleh banyak orang. Jika rawon disajikan dengan daging sapi, maka makanan ini disajikan dengan ikan gabus. Warna kuahnya yang hitam membuat gabus pucung lebih kirim dengan rawon.

17. Bubur Ase

Sebenarnya makanan yang satu ini hampir mirip dengan bubur pada umumnya. Namun, bubur ase disajikan dengan kuah ase dan asinan sehingga rasanya cukup khas. Makanan khas Betawi ini memiliki rasa yang asam, gurih dan juga segar. Sehingga tidak heran jika banyak orang menyukai makanan ini.

18. Kue Pancong

Pecinta kue sangat disarankan untuk mencoba kue pancong khas Betawi. Rasa dari kue ini cukup khas, serta aman untuk dikonsumsi. Biasanya kue ini disajikan dengan taburan gula pasir di atasnya. Di daerah lain, kue ini dikenal dengan nama gandos dan bandros.

19. Sayur Besan

Makanan khas Betawi yang satu ini mungkin sulit untuk Anda temui lagi. Biasanya sayur ini disajikan dalam acara besanan atau pernikahan. Sayuran ini berasal dari tanaman terubuk. Karena berasal dari tanaman musiman yang langka, membuat sayur Besan sulit untuk ditemukan.

20. Gado-gado

Apabila Anda sedang diet, gado-gado dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Sebab makanan ini berisi sayur-sayuran dan juga telur rebus. Biasanya gado-gado disajikan dengan guyuran sambal kacang yang pedas manis, sehingga rasanya cukup khas.

Berbagai makanan khas Betawi di atas bisa Anda coba saat sedang di Jakarta. Berbagai makanan di atas memiliki cita rasa yang cukup khas, sehingga sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Menariknya lagi, makanan di atas memiliki harga yang murah sehingga terjangkau untuk semua kalangan.

Share: