Bagi yang sudah memasuki dunia Search Engine Optimization atau yang sering kita kenal sebagai SEO, pastinya kamu akan mengenal tentang Backlink profile. Backlink profile adalah kumpulan link yang mengarah ke website Kamu dari website lain.

Backlink profile penting untuk SEO karena dapat mempengaruhi peringkat website Kamu di mesin pencari. Semakin banyak backlink berkualitas yang Kamu miliki, semakin besar kemungkinan website Kamu akan muncul di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci yang relevan.

Backlink profile
Backlink profile

Jenis-jenis Backlink Profile

Ada beberapa jenis backlink profile yang bisa Kamu dapatkan, seperti:

– Backlink Profile dari Media Sosial

Backlink  ini merupakan link yang berasal dari akun media sosial Kamu seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter, TikTok, dan VK. Kamu bisa memasukkan link website Kamu di bio atau postingan media sosial Kamu untuk mendapatkan backlink profile ini.

– Backlink profile dofollow DA 90+

Backlink  ini merupakan  link yang berasal dari website dengan Domain Authority (DA) tinggi dan tidak menggunakan atribut rel=”nofollow” yang menghambat aliran link juice Link juice adalah nilai atau otoritas yang ditransfer dari satu halaman ke halaman lain melalui link. Contoh website yang bisa memberikan backlink profile dofollow DA 90+ adalah Microsoft.com, Twitch.tv, WordPress.com, IMDb.com, GitHub.com, dan lain-lain.

– Backlink profile nofollow indexable

Backlink  ini merupakan link yang berasal dari website dengan DA tinggi tetapi menggunakan atribut rel=”nofollow” yang menghambat aliran link juice. Meskipun demikian, link ini tetap bisa terindeks oleh mesin pencari dan memberikan sinyal positif untuk SEO. Contoh website yang bisa memberikan backlink profile nofollow indexable adalah Amazon.com, Adobe.com, SoundCloud.com, Pixabay.com, Quora.com, dan lain-lain.

Dan untuk membuat backlink profile, Kamu perlu mendaftar akun pengguna di website-website yang menyediakan fitur tersebut. Biasanya, Kamu bisa memasukkan link website Kamu di bagian profil atau bio akun Kamu.

Selain itu, Kamu juga perlu memastikan bahwa link Kamu relevan dengan konten dan niche website Kamu. Jangan membuat backlink profile secara berlebihan atau spam karena bisa berdampak negatif untuk SEO.

Situs Untuk Analiasis Backlink Profile Terbaik

Untuk menganalisis backlink profile Kamu, Kamu bisa menggunakan beberapa tools gratis seperti Ahrefs Backlink Checker, Moz Link Explorer, atau Ubersuggest. Tools ini akan menampilkan berbagai metrik tentang backlink profile Kamu seperti jumlah backlink, jumlah domain referensi, DA, URL Rating (UR), anchor text, jenis link (dofollow atau nofollow), dan lain-lain.

Dengan tools ini, Kamu bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan backlink profile Kamu serta mengambil langkah-langkah untuk meningkatkannya. Dan untuk lebih mengenal situs tersebut, di bawah ini adalah penjelasannya.

1. Ahrefs Backlink Checker

Ahrefs Backlink Checker adalah alat gratis yang memungkinkan Kamu untuk memeriksa backlink ke situs web apa pun. Backlink adalah tautan yang mengarah ke situs web Kamu dari situs web lain. Mereka penting untuk SEO karena mereka menunjukkan popularitas dan otoritas situs web Kamu di mata Google dan mesin pencari lainnya.

Dengan Ahrefs Backlink Checker, Kamu dapat melihat metrik backlink penting untuk situs web target, seperti:

  • Jumlah domain yang merujuk (followed)
  • Jumlah backlink (followed)
  • Domain Rating (DR)
  • Ahrefs Rank (AR)
  • Lalu lintas organik perkiraan
  • Tautan ke target (total & followed)

Kamu juga dapat melihat backlink individu ke situs web target, termasuk jenis tautan (dofollow atau nofollow), platform, DR, UR, domain yang merujuk, lalu lintas organik perkiraan, dan teks jangkar.

Ahrefs Backlink Checker juga bisa dikatakan sebagai alat yang berguna untuk menganalisis profil backlink situs web Kamu sendiri atau pesaing Kamu. Kamu dapat menemukan peluang tautan baru, mengidentifikasi tautan rusak, memantau pertumbuhan dan penurunan profil backlink, dan mengoptimalkan strategi SEO Kamu.

Untuk menggunakan Ahrefs Backlink Checker, Kamu hanya perlu mengunjungi halaman Free Backlink Checker by Ahrefs, dan memasukkan domain atau URL yang ingin Kamu periksa. Kemudian, tekan Check Backlinks dan tunggu beberapa detik hingga hasilnya muncul.

2. Moz Link Explorer

Moz Link Explorer adalah alat yang dapat membantu Kamu menganalisis profil tautan situs web Kamu atau pesaing Kamu. Kamu dapat mengetahui metrik seperti Domain Authority (DA), Page Authority (PA), Spam Score, jumlah tautan, dan teks jangkar yang digunakan oleh situs lain untuk menautkan ke situs Kamu.

Kamu juga dapat menemukan peluang membangun tautan, membandingkan profil tautan Kamu dengan situs lain, melacak kemajuan Kamu, dan menemukan tautan rusak atau hilang. Moz Link Explorer didukung oleh indeks tautan yang besar dan terus diperbarui, yang mencakup lebih dari 40 triliun tautan, 718 juta domain, dan 7 triliun halaman.

Untuk menggunakan Moz Link Explorer, Kamu perlu membuat akun Moz dan memasukkan URL situs web atau halaman yang ingin Kamu dapatkan data tautannya. Kamu akan mendapatkan analisis lengkap untuk URL yang Kamu masukkan, ditambah banyak lagi. Kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan Moz Link Explorer di bagian Help Hub.

3. Ubersuggest

Ubersuggest adalah sebuah alat SEO gratis yang dapat membantu Kamu menemukan ide kata kunci dan konten untuk situs web Kamu. Ubersuggest menunjukkan kepada Kamu volume pencarian bulanan, CPC, dan data persaingan untuk setiap kata kunci yang Kamu masukkan.

Kamu juga dapat melihat halaman SEO teratas, ide konten, dan data backlink dari pesaing Kamu di pasar Kamu. Ubersuggest dikembangkan oleh Neil Patel, seorang ahli pemasaran digital terkenal.

Ubersuggest tersedia dalam bentuk situs web, aplikasi, dan ekstensi Chrome. Kamu dapat menggunakan Ubersuggest untuk meningkatkan strategi SEO, pemasaran konten, dan media sosial Kamu dengan mendapatkan wawasan tentang apa yang berfungsi untuk orang lain di bidang Kamu.

Selain itu, Ubersuggest juga memberi Kamu saran untuk meningkatkan peringkat situs web Kamu di mesin pencari seperti Google. Dan untuk menggunakannya juga cukup mudah. Ikuti saja langkah di bawah ini:

  • Kunjungi situs web Ubersuggest, dan masukkan kata kunci yang ingin Kamu telusuri di kotak pencarian. Kamu juga dapat memilih negara dan bahasa yang sesuai dengan pasar Kamu.
  • Setelah Kamu menekan tombol Search, Kamu akan melihat gambaran umum tentang kata kunci tersebut, seperti volume pencarian bulanan, tingkat persaingan, dan biaya per klik (CPC).
  • Di bawah gambaran umum, Kamu akan melihat beberapa tab yang berisi ide kata kunci, halaman SEO teratas, ide konten, dan data backlink yang berkaitan dengan kata kunci Kamu. Kamu dapat menjelajahi tab-tab ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan inspirasi untuk konten Kamu.
  • Jika Kamu ingin menyimpan hasil pencarian Kamu, Kamu dapat membuat proyek riset kata kunci dengan mengklik tombol New Project atau Add Your First Project di dashboard Ubersuggest. Kamu dapat memberi nama proyek Kamu, memasukkan URL situs web Kamu, dan menambahkan kata kunci yang ingin Kamu pantau.
  • Selain itu, Kamu juga dapat melakukan pengecekan lalu lintas, audit SEO, dan memanfaatkan ekstensi Chrome Ubersuggest untuk mendapatkan analisis lebih mendalam tentang situs web Kamu dan pesaing Kamu.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang backlink profile. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, dan menambah pengetahuan, khsusnya bagi kamu Blogger pemula. Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di situs ini!

Share: