Cara promosi di sosial media seringkali menjadi pertanyaan banyak orang. Sebab promosi di sosial media tengah menjadi tren di kalangan masyarakat, terutama pelaku UMKM. Terlebih promosi menggunakan sosial media lebih mudah, serta lebih efisien.

Cara Promosi di Sosial Media yang Wajib Diketahui

cara promosi di sosial media
                        cara promosi di sosial media

Bagi Anda yang sedang menjalankan usaha, harus melakukan promosi dengan tepat. Sebab promosi yang dilakukan dengan tepat akan memberikan banyak keuntungan bagi usaha. Oleh karena itu, Anda harus memahami cara promosi menggunakan sosial media:

1. Tentukan Target Konsumen

Sebelum melakukan promosi, Anda harus melakukan target konsumen. Hal ini bertujuan agar promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasaran. Sebab hal ini akan memberikan banyak keuntungan, terutama dalam peningkatan angka penjualan produk.

Setelah menentukan target konsumen, Anda juga bisa menyusun gaya bahasa yang akan dilakukan untuk promosi. Sebab gaya bahasa yang sesuai bisa mempermudah pelanggan dalam memahami promosi. Selain itu, usahakan untuk membuat promosi dengan kalimat yang singkat dan informatif.

2. Pilih Media Sosial

Saat ini banyak media sosial yang bisa Anda pilih untuk melakukan promosi. Setiap media memiliki fitur yang berbeda-beda, sehingga Anda harus memahaminya dengan baik sebelum melakukan promosi. Agar promosi dapat menjangkau banyak pelanggan, gunakan media sosial sesuai dengan target konsumen.

Dengan memilih media sosial yang tepat, maka Anda lebih mudah menjaring audience dan konsumen. Sehingga penting bagi Anda memilih media sosial yang tepat, agar promosi yang dilakukan lebih menguntungkan.

3. Buat Konten dengan Konsisten

Agar menarik perhatian banyak pelanggan, usahakan untuk konsisten dalam membuat konten. Selain itu, usahakan untuk membuat konten yang menarik dan unik. Agar konten lebih tertata, Anda bisa menjadwal pembuatan konten. Sebab konten yang diupload secara konsisten, mudah untuk diingat banyak orang.

Apabila jumlah pengikut sosial media masih cukup sedikit, Anda bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikannya. Terlebih influencer ternama lebih mudah menarik perhatian masyarakat. Bahkan hasil promosi dari influencer terkadang lebih menguntungkan.

4. Bangun Komunikasi dengan Pelanggan

Cara promosi di sosial media yang selanjutnya yaitu membangun komunikasi dengan pelanggan. Sebab komunikasi menjadi salah satu kegiatan yang penting dilakukan, baik dalam kegiatan jual beli maupun kegiatan masyarakat. Oleh karena itu, Anda harus membangun komunikasi dengan sebaik mungkin.

Untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, Anda bisa melakukan interaksi secara aktif di sosial media. Selain itu, usahakan untuk selalu merespon pertanyaan dari pelanggan. Sebab hal inilah yang membuat pelanggan bisa tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Rekomendasi Sosial Media yang Cocok untuk Promosi

Setelah mengetahui cara promosi di sosial media, Anda Juga harus mengetahui jenis-jenis sosial media yang bisa digunakan untuk promosi. Sebab media inilah yang nantinya berpengaruh pada usaha. Berikut beberapa sosial media yang cocok untuk promosi, yakni:

1. Facebook

Media sosial yang satu ini seringkali dipilih oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan sanak saudara. Terlebih fitur yang tersedia di Facebook cukup sederhana dan mudah untuk dipahami. Karena memiliki beberapa fitur unggulan, membuat Facebook digunakan oleh banyak orang.

Saat ini Facebook juga sering digunakan oleh pengusaha UMKM untuk melakukan promosi. Terlebih cara promosi menggunakan Facebook terbilang cukup mudah. Bahkan sudah banyak pengusaha ternama yang memanfaatkan Facebook sebagai sarana untuk promosi.

2. Instagram

Selain Facebook, Instagram juga sering digunakan oleh pelaku UMKM untuk melakukan promosi. Sebab Instagram sendiri memiliki beberapa fitur yang dikhususkan untuk penjual, yakni toko online. Melalui fitur ini, Anda bisa menjual produk sesuai dengan keinginan.

Jangkauan instagram juga cukup luas, bahkan laman ini seringkali digunakan oleh generasi muda. Untuk menjangkau banyak pelanggan, Anda harus rutin membuat konten. Sebab konten yang rutin dibuat, akan lebih menarik perhatian banyak pelanggan.

3. Tiktok

Cara promosi di sosial media jenis ini tentu sudah tidak asing lagi. Sebab media ini seringkali menjadi pilihan pengusaha untuk melakukan promosi. Fitur yang tersedia di tiktok cukup beragam, serta mudah dipahami. Selain itu, tiktok juga dilengkapi dengan fitur live yang bisa digunakan untuk promosi.

Saat ini sudah banyak selebriti tanah air yang memanfaatkan tik tok untuk berjualan atau promosi. Terlebih pengguna tiktok saat ini cukup banyak, mulai dari masyarakat biasa hingga para selebriti. Menariknya tiktok juga menyediakan versi shop, yang bisa dimanfaatkan untuk jual beli produk.

4. WhatsApp

Media sosial yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat. Sebab sudah banyak masyarakat yang menggunakan whatsapp untuk berkomunikasi. Seiring berjalannya waktu, WhatsApp juga bisa digunakan untuk promosi produk melalui story WhatsApp.

Cara promosi di sosial media jenis ini juga terbilang cukup mudah dan praktis. Bahkan cara ini bisa dilakukan oleh semua orang, sebab fiturnya cukup sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, tersedia whatsapp business yang bisa Anda manfaatkan untuk meng-upload produk menjadi katalog.

Tips Promosi yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui cara promosi di sosial media dan juga jenis-jenis sosial media, Anda harus melakukan beberapa strategi. Hal ini bertujuan agar promosi yang dilakukan lebih menguntungkan, serta tidak kalah saing dengan pengusaha lainnya. Berikut beberapa tips promosi yang perlu diperhatikan, yakni:

1. Buat Promosi Sebaik Mungkin Sesuai dengan Target Pasar

Promosi yang dibuat dengan menarik dan unik, tentu akan mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. Oleh karena itu, Anda harus membuat promosi yang menarik dan unik. Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan target pasar.

Apabila target pasar adalah anak-anak, maka buat promosi menggunakan animasi atau hal-hal yang berkaitan dengan dunia anak-anak. Sebab cara ini akan mudah menarik perhatian anak-anak, sehingga tanpa disadari promosi tersebut dapat mempengaruhi orang yang melihatnya.

2. Berikan Respon Positif Terhadap Calon Pembeli

Dalam dunia bisnis, tentu banyak orang yang sering bertanya tentang produk tertentu pada penjual. Untuk memberikan kesan yang positif, maka Anda bisa merespon calon pelanggan dengan baik. Selain itu, usahakan untuk menggunakan kata-kata yang jelas agar calon pembeli mudah memahami.

Agar calon pembeli semakin tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan, Anda bisa merespon setiap pertanyaan dengan cepat. Usahakan untuk menghindari spam dalam menjawab pertanyaan pelanggan. Sebab hal ini dapat menurunkan citra dari usaha yang sedang Anda jalankan.

3. Berikan Diskon Saat Momen-momen Tertentu

Meskipun cara promosi di sosial media terbilang cukup mudah, namun tidak semua orang bisa melakukannya. Sebab sudah banyak pengusaha ternama yang memanfaatkan sosial media untuk promosi. Agar menarik perhatian banyak orang, Anda bisa memberikan diskon di momen tertentu.

Selain memberikan diskon, Anda juga bisa menyelenggarakan event-event menarik lainnya. Sebab hal ini juga dapat meningkatkan komunikasi dengan para pelanggan. Terlebih komunikasi dengan pelanggan menjadi salah satu hal yang harus Anda wujudkan.

Berbagai cara promosi di sosial media di atas bisa Anda terapkan dalam menjalankan usaha. Selain itu, usahakan untuk pandai-pandai dalam mencari peluang. Sebab persaingan di dalam dunia bisnis cukup ketat, sehingga diperlukan strategi marketing yang tepat.

Share: