Para pemeran dunia digital pastinya sudah tidak asing lagi dengan SEO (Search Engine Optimization). SEO (Search Engine Optimization) sendiri merupakan proses optimasi website agar mendapatkan peringkat tinggi di halaman hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Dengan SEO, website Kamu bisa mendapatkan traffic atau kunjungan yang banyak dan berkualitas secara gratis. Namun pada artikel ini, kita hanya akan membahas belajar seo untuk pemula.

SEO sangat penting bagi bisnis online karena bisa meningkatkan visibilitas, brand awareness, kredibilitas, dan konversi. Selain

belajar seo untuk pemula
belajar seo untuk pemula

itu, SEO juga bisa membantu Kamu memahami perilaku dan kebutuhan audiens Kamu.

 

5 Tips Belajar Seo Untuk Pemula! Dijamin Berhasil!

Namun, belajar SEO tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu dipelajari dan diperhatikan, mulai dari teknis, konten, hingga link building. Selain itu, algoritma mesin pencari juga selalu berubah, sehingga Kamu harus selalu mengikuti perkembangan terbaru. Dan membantu belajar seo untuk pemula, maka di bawah ini ada 5 langkah yang bisa Kamu ikuti:

1. Pahami Konsep Dasar SEO

Belajar seo untuk pemula yang pertama adalah memahami konsep dasar SEO, yaitu bagaimana cara kerja mesin pencari, apa saja faktor yang mempengaruhi peringkat website, dan apa saja tujuan dan manfaat SEO.

Mesin pencari seperti Google menggunakan robot atau crawler untuk menjelajahi web dan mengindeks halaman-halaman website. Kemudian, mesin pencari menggunakan algoritma untuk menentukan relevansi dan kualitas halaman website terhadap query atau kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

2. Lakukan Riset Keyword

Belajar seo untuk pemula  yang kedua adalah melakukan riset keyword atau kata kunci. Keyword merupakan suatu kata atau frasa yang digunakan oleh pengguna untuk mencari informasi di mesin pencari. Keyword juga merupakan fondasi dari SEO karena menentukan topik dan konten yang akan dibuat.

Sedang riset keyword adalah proses pencarian dan menganalisis keyword yang relevan dan potensial untuk website Kamu. Riset keyword bisa membantu Kamu memahami apa yang dicari oleh audiens Kamu, seberapa besar permintaan atau volume pencarian keyword tersebut, seberapa tinggi tingkat persaingan atau difficulty keyword tersebut, dan seberapa besar peluang atau opportunity keyword tersebut.

3. Buat Konten yang Berkualitas

Belajar seo untuk pemula yang ketiga adalah membuat konten yang berkualitas. Konten adalah isi dari website Kamu, seperti teks, gambar, video, audio, dan lain-lain. Konten adalah salah satu faktor terpenting dalam SEO karena bisa memberikan informasi, solusi, dan nilai bagi pengguna.

Konten yang berkualitas adalah konten yang relevan, informatif, menarik, orisinal, dan mudah dipahami. Konten yang berkualitas juga harus memenuhi beberapa kriteria berikut:

– Sesuai dengan keyword atau topik yang ditargetkan

– Sesuai dengan intent atau tujuan pencarian pengguna

– Sesuai dengan format atau jenis konten yang diinginkan pengguna

– Sesuai dengan panjang atau jumlah kata yang optimal

– Sesuai dengan gaya bahasa dan tone of voice yang sesuai dengan audiens

– Sesuai dengan E-A-T (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) atau kredibilitas penulis dan website

Untuk membuat konten yang berkualitas, Kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

– Lakukan riset keyword untuk menentukan topik dan konten yang akan dibuat

– Lakukan riset kompetitor untuk melihat konten-konten yang sudah ada di halaman hasil pencarian

– Lakukan riset audiens untuk memahami kebutuhan, masalah, dan harapan audiens Kamu

– Buat outline atau kerangka konten yang mencakup judul, subjudul, poin-poin penting, dan kesimpulan

– Tulis konten dengan menggunakan bahasa yang sederhana, jelas, dan menarik

– Sisipkan gambar, video, audio, atau media lainnya yang relevan dan bermanfaat

– Optimalkan konten dengan menggunakan elemen-elemen on-page SEO seperti judul, meta deskripsi, URL, heading tag, alt text gambar, internal link, dan lain-lain

– Review dan edit konten untuk memastikan tidak ada kesalahan ejaan, tata bahasa, atau fakta

4. Optimalkan On-page SEO

Langkah keempat dalam belajar SEO adalah mengoptimalkan on-page SEO. On-page SEO adalah optimasi elemen-elemen di dalam website Kamu agar sesuai dengan algoritma mesin pencari. On-page SEO bisa membantu mesin pencari memahami topik dan konten website Kamu dengan lebih baik. Ada banyak elemen on-page SEO yang perlu dioptimalkan. Beberapa contohnya adalah:

– Judul

Elemen yang menampilkan judul halaman website Kamu di halaman hasil pencarian. Judul harus mengandung keyword utama dan menarik perhatian pengguna.

– Meta deskripsi

Elemen yang menampilkan deskripsi singkat halaman website Kamu di halaman hasil pencarian. Meta deskripsi harus mengandung keyword utama dan memberikan gambaran tentang konten website Kamu.

– URL

Elemen yang menampilkan alamat halaman website Kamu di halaman hasil pencarian. URL harus pendek, jelas, dan mengandung keyword utama.

– Heading tag

Elemen yang menampilkan struktur heading atau subjudul di dalam konten website Kamu. Heading tag terdiri dari H1 sampai H6. H1 adalah judul utama konten website Kamu dan harus mengandung keyword utama. H2 sampai H6 adalah subjudul-subjudul konten website Kamu dan harus mengandung keyword terkait.

– Alt text gambar

Elemen yang menampilkan teks alternatif untuk gambar di dalam konten website Kamu. Alt text gambar harus menggambarkan isi gambar dan mengandung keyword terkait.

– Internal link

Elemen yang menampilkan link ke halaman-halaman lain di dalam website Kamu. Internal link bisa membantu pengguna menjelajahi website Kamu dengan lebih mudah dan meningkatkan relevansi antara halaman-halaman website Kamu.

5. Bangun Link yang Berkualitas

Belajar seo untuk pemula yang kelima adalah membangun link yang berkualitas. Link adalah elemen yang menampilkan hubungan antara halaman-halaman website di web. Link bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

– Internal link: link yang menghubungkan halaman-halaman di dalam website Kamu sendiri.

– External link: link yang menghubungkan halaman-halaman di luar website Kamu, baik yang menuju ke website Kamu (inbound link atau backlink) maupun yang keluar dari website Kamu (outbound link).

Link yang berkualitas adalah link yang relevan, otoritatif, dan bermanfaat. Link yang berkualitas bisa memberikan beberapa manfaat bagi SEO, antara lain:

– Meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan website Kamu di mata mesin pencari dan pengguna

– Meningkatkan relevansi atau hubungan antara halaman-halaman website Kamu

– Meningkatkan traffic atau kunjungan website Kamu dari sumber-sumber lain

– Meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience

Untuk membangun link yang berkualitas, Kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

– Lakukan riset kompetitor untuk melihat link-link yang dimiliki oleh website-website pesaing Kamu

– Lakukan riset niche untuk melihat link-link yang ada di industri atau bidang Kamu

– Lakukan riset prospek untuk mencari website-website yang berpotensi memberikan link ke website Kamu

– Lakukan outreach atau pendekatan kepada pemilik website-website tersebut dengan memberikan nilai atau alasan mengapa mereka harus memberikan link ke website Kamu

– Buat konten yang menarik dan bermanfaat bagi audiens website-website tersebut

– Sisipkan link ke website Kamu di dalam konten tersebut dengan cara yang alami dan relevan

– Monitor dan evaluasi hasil dari link building Kamu

Dan itulah 5 langkah penting belajar seo untuk pemula. Selain itu, jangan lupa untuk membuat konten artikel yang berkualitas dan enak di baca. Lakukan juga penguploadan artikel secara rutin setiap hari. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Share: