Pernahkah kamu mengalami masalah DNS Server Not Responding saat mengakses web? Atau mungkin sedang mengalaminya? Jika ya, simak panduan cara mengatasi DNS Server Not Responding di bawah ini!

Kenali Dulu Error DNS Server Not Responding

Masalah dengan notifikasi “DNS Server Not Responding” merupakan kode error yang kerap terjadi. Biasanya penyebab masalah ini karena browser yang kamu gunakan tidak dapat membuat koneksi pada internet akibat kegagalan DNS untuk mengarahkan hostname pada IP Address.

Jangan panik jika mengalami error pada DNS Server, sebab kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi DNS Server Not Responding yang akan dijelaskan berikut!

Baca Juga : Cara Menggunakan HA Tunnel Plus All Operator

Cara Mengatasi DNS Server Not Responding

Cara Mengatasi DNS Server Not Responding

Lantas, bagaimana cara mengatasi DNS Server Not Responding? Simak penjelasannya berikut!

1. Ganti DNS Server Secara Manual

Saat pengguna mengakses situs web tertentu lewat browser, maka langkah awal yang biasanya berlangsung yaitu menghubungi sistem DNS Server.

Fungsi dari DNS Server inilah yang nantinya akan mengganti nama domain ke dalam IP Address. Terkadang DNS Server yang terdapat pada Internet Service Provider mengalami masalah.

Jika hal ini terjadi, kamu dapat mengganti DNS Server ke dalam koneksi internet ke Cloudflare atau bisa juga ke dalam DNS Server Google sebagai langkah cara mengatasi DNS Server Not Responding. Berikut instruksinya :

  • Masuk ke Control Panel, ketuk Network and Intenret.
  • Silakan tekan opsi Network and Sharing Center. 
  • Ketuk lagi opsi network connection kamu.
  • Pilih Properties.
  • Ketika kamu mengakses Properties, tekan Internet Protocol Version 4 atau IPV4/TCP dan ketuk lagi pilihan Properties.
  • Centang pada pilihan Use the following DNS Server Address.
  • Inputkan 8.8.8.8 pada Preferred DNS Server sedangkan untuk kode 8.8.4.4 bisa kamu inputkan ke dalam Alternate DNS Server.
  • Dari sini tekan ok.
  • Silakan aktifkan lagi network adapter.

Semua langkah di atas sudah kamu ikuti? Jika ya, cek lagi kondisi error DNS Server Not Responding apakah sudah teratasi atau belum.

2. Reset Konfigurasi Pada Browser

Cara mengatasi DNS Server Not Responding selanjutnya yaitu bisa dengan me-reset konfigurasi pada browser yang kamu pakai. Berikut panduannya :

  • Silakan masuk ke web browser Chrome.
  • Ketuk pilihan titik tiga di samping kanan atas, klik Setelan.
  • Lalu scroll layar ke bawah, tekan Lanjutkan.
  • Gulir lagi layar hingga ke bawah dan kamu akan menemukan opsi bertuliskan Setel Ulang dan Bersihkan. Silakan pilih Memulihkan Setingan ke Default.
  • Dari sini kamu akan menerima pemberitahuan peringatan, jika mau setel ulang kamu bisa masuk ke pengaturan awal. Tekan Setel Ulang Setelan.
  • Kini Google Chrome yang kamu pakai sudah kembali lagi ke pengaturan awal atau default.

3. Coba Restart Router atau Modem

Bisa dibilang jika restart router atau modem merupakan cara klasik buat mengatasi error pada DNS server. Tapi mengingat perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan pengguna ke internet, pastinya timbulnya masalah pada perangkat tersebut bisa membuat DNS juga bermasalah.

Jika mau restart perangkat, temukan power di router atau modem yang kamu pakai. Lalu tekan tombolnya dan matikan perangkat. Silakan tunggu beberapa detik dan nyalakan lagi router atau modem tersebut.

4. Install Driver Versi Terbaru

Biasanya penyebab DNS Server bermasalah juga akibat adaptor jaringan mengalami kadaluarsa. Jadi solusi cara mengatasi DNS Server Not Responding ini bisa kamu lakukan dengan update driver terlebih dahulu, baik dengan cara manual ataupun secara otomatis.

Kamu bisa menggunakan cara otomatis supaya lebih praktis, memakai bantuan dari Driver Easy untuk mengunduh dan memasang driver pada sistem kamu dengan tepat.

Selain itu, buat juga restore point di Windows terlebih dahulua sebelum memakai versi gratisa Driver Easy. Sehingga kamu nantinya dapat melakukan restore PC atau komputer ketika terjadi hal-hal tertentu yang tak diinginkan.

Berikut langkah-langkah install driver ke versi yang terbaru :

  • Unduh dan pasang driver easy di perangkat komputer.
  • Buka dan jalankan program, lalu tekan Scan Now.
  • Ketuk Update tepat di samping driver yang telah kadaluarsa.
  • Silakan tunggu sampai instalasi selesai, lalu restart PC kamu kembali.
  • Jika sudah, akses lagi website yang mau kamu buka.
  • Silakan cek apakah metode ini bisa menyelesaikan masalah pada DNS server ataukah tidak.

5. Nonaktifkan Firewall dan Antivirus

Cara mengatasi DNS Not Responding selanjutnya yaitu dengan menonaktifkan firewall dan antivirus. Untuk memproteksi keamanan pada perangkat PC biasanya pengguna memakai antivirus.

Hanya saja biasanya baik antivirus maupun firewall keduanya dapat mengganggu akses internet yang kamu gunakan. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba mematikan antivirus maupun firewall sementara waktu.

Tapi jangan risau, sebab PC yang kamu gunakan masih terproteksi WIndows Defender meskipun kamu mematikan perangkat antivirus. Tapi pastikan dulu kamu mengubah konfigurasinya dan beralih pada aplikasi lain jika memang penyebabnya dari firewall maupun antivirus.

Nonaktifkan pula firewall pada router. Meskipun mungkin metode ini agak berbahaya. Tapi jika tetap mau melakukannya, matikan firewall pada router untuk sementara waktu, kemudian cek apakah metode ini dapat menyelesaikan masalahmu ataukah tidak.

Lantas jika firewall adalah penyebabnya, silakan aktifkan kembali dan cek konfigurasi firewall jika mau melacak sumber persoalannya.

6. Coba Tes Jaringan di Perangkat Lain

Cara mengatasi DNS not responding selanjutnya yaitu kamu bisa coba mengetes jaringan pada perangkat lain, kemudian coba buka situs web yang sebelumnya tak dapat kamu akses.

Jika ternyata perangkat kedua dapat mengakses web memakai jaringan sama, berarti persoalannya pada perangkat utama. Tapi, jika website masih error dan tidak bisa dibuka meskipun memakai perangkat yang lain, mungkin error yang terjadi berasal dari router yang kamu gunakan.

Memakai koneksi internet lain, misalnya memakai data seluler bisa juga menjadi solusi untuk memastikan titik permasalahannya.

7. Restart PC dengan Safe Mode

Salah satu pemicu masalah pada DNS Server yaitu akibat sistem operasi yang tak bekerja dengan baik pada perangkat. Jika kamu mau mencari tahu persoalan ini, silakan restart PC yang kamu pakai ke safe mode.

Dalam hal ini, safe mode merupakan pembatasan pada versi OS. Karenanya hanya ada sumber daya utama dan file saja yang tersedia untuk mengoperasikan perangkatmu.

Begini langkah-langkah untuk restart PC ke Safe Mode yang bisa kamu coba praktekkan :

  • Tekan Start Menu, silakan tekan power kemudian tekan shift lalu restart.
  • Di dalam pilihan Choose an option tekan Troubleshoot dan pilih Advanced Options.
  • Tekan lagi Startup Settings pada bagian bawah pilihan Advanced Options dan tekan Restart.
  • Silakan klik F5 di keyboard kemudian pilih opsi Safe Mode With Networking.

Sementara jika kamu memakai Mac, silakan ikuti panduan cara mengatasi DNS Server Not Responding untuk matikan perangkat Mac ke Safe Mode berikut :

  • Silakan buka Apple Menu dan tekan Shut Down. Lalu tunggu selama 10 detik sesudah perangkat Mac milikmu mati.
  • Kemudian nyalakan lagi Mac, lalu tekan serta tahan Shift sampai terlihat layar masuk.

Jika koneksi internet kamu saat masuk Safe mode ternyata dalam kondisi baik, maka bisa jadi ada program pihak ketiga memicu terjadinya error pada DNS Server. Jika mau mengatasinya, cari program bermasalah tersebut lalu hapus dari perangkatmu!

Akhir Kata

Bagaimana, cara mengatasi DNS Server Not Responding bisa kamu praktekkan dengan mudah? Kamu hanya perlu menemukan sumber permasalahan dan pilih cara paling tepat untuk mengatasi masalah error pada DNS Server. Semoga membantu!

Share: