Kamu ingin menjadi konten creator hanya dengan modal Hp saja? Memang bisa? Bisa banget, karena sekarang kamu bisa melakukan edit video menggunakan KineMaster di Hp. Namun, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara mengedit video di kinemaster?

Bagi kamu yang memiliki keinginan tersebut, maka artikel kali ini sangat cocok bagi kamu, karena ulasan kali ini kita akan memberikan kamu penjelasan tentang cara mengedit video di kinemaster, yang bisa membuat kamu menjadi konten creator dadakan, tetapi dengan kualitas yang tak kalah professionalnya. Namun sebelum itu, mari berkenalan terlebih dahulu dengan Kine Master melalui pembahasan di bawah ini.

Fitur-fitur di KineMaster

KineMaster adalah sebuah aplikasi edit video yang dapat digunakan di smartphone Android atau iPhone. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat membuat video menjadi lebih keren dan estetik, seperti chroma key, transisi, efek, teks, musik, dan lain-lain. KineMaster juga mudah digunakan oleh pemula maupun profesional, karena memiliki antarmuka yang user-friendly dan intuitif.

Dari penjelasan di atas, Kinemaster juga bisa dikatakan sebagai sebuah aplikasi editing video yang populer di kalangan pengguna smartphone. Aplikasi ini memiliki banyak fitur canggih yang bisa membuat video kamu lebih menarik dan profesional. Berikut adalah beberapa fitur utama dari Kinemaster:

1. Project Assistant

Fitur ini membantu kamu mengedit video dengan langkah-langkah yang mudah dan sistematis. Kamu hanya perlu memilih video yang akan diedit, tema, filter, audio, dan lainnya. Project Assistant akan mengatur semuanya untuk kamu dan memberikan hasil akhir yang sesuai dengan pilihan kamu.

2. Dukungan Media

Fitur ini memungkinkan kamu mengakses semua media yang tersimpan di smartphone atau memori eksternal kamu. Kamu bisa memasukkan video, foto, audio, atau teks ke dalam timeline Kinemaster dengan mudah. Kinemaster juga mendukung hampir semua format media yang umum digunakan.

3. Editing Tools

Fitur ini memberikan kamu berbagai alat editing yang lengkap dan mudah digunakan. Kamu bisa melakukan cut, copy, crop, trim, rotate, adjust color, apply filter, add transition, dan lainnya pada video kamu. Kamu juga bisa menambahkan layer seperti gambar, teks, atau video lainnya untuk membuat video lebih kreatif dan dinamis.

4. Audio

Fitur ini memungkinkan kamu menambahkan musik latar atau suara lainnya ke dalam video kamu. Kamu bisa memilih dari koleksi audio yang disediakan oleh Kinemaster atau menggunakan audio yang tersimpan di smartphone kamu. Kamu juga bisa merekam suara langsung dari mikrofon atau kamera kamu.

5. Text

Fitur ini memungkinkan kamu menambahkan teks ke dalam video kamu. Kamu bisa memilih dari berbagai font, warna, ukuran, dan gaya teks yang tersedia. Kamu juga bisa mengatur posisi, durasi, dan animasi teks sesuai dengan keinginan kamu.

6. Tema

Fitur ini memberikan kamu pilihan tema yang beragam dan menarik untuk video kamu. Tema adalah kombinasi dari filter, transisi, musik, dan efek lainnya yang bisa membuat tampilan video lebih estetik dan profesional. Kamu bisa memilih tema yang sesuai dengan genre atau suasana video kamu.

7. Mod Features

Fitur ini adalah fitur tambahan yang ada di versi modifikasi Kinemaster. Fitur ini memberikan kamu beberapa keuntungan seperti bebas watermark, kecepatan hingga 16 kali lipat, fitur chroma key untuk mengganti latar belakang video, dan efek transisi yang lebih beragam.

8. Original Features

Fitur ini adalah fitur asli yang ada di versi resmi Kinemaster. Fitur ini memberikan kamu beberapa kelebihan seperti dukungan resolusi hingga 4K, fitur keyframe untuk membuat animasi, fitur reverse untuk memutar balik video, dan fitur blending mode untuk menggabungkan layer.

Cara Mengedit Video di KineMaster

Untuk mengedit video di KineMaster, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Membuat Proyek Video Baru

Cara mengedit video di kinemaster yang pertama adalah membuat proyek video baru dengan memilih ikon menu Create yang ada di bagian tengah layar. Kemudian, pilih resolusi video yang diinginkan, mulai dari 16:9, 9:16, atau 1:1.

2. Memasukkan Video ke Dalam Proyek

Cara mengedit video di kinemaster  yang kedua adalah memasukkan video yang akan diedit ke dalam proyek dengan menekan menu Media dan memilih video dari galeri. Video yang dipilih akan muncul di timeline di bagian bawah layar.

3. Memotong Frame yang Tidak Diinginkan

Cara mengedit video di kinemaster yang ketiga adalah memotong frame yang tidak diinginkan dari video dengan menekan video di timeline dan menggeser garis kuning di awal atau akhir video. Jika ingin memotong bagian tengah video, tekan ikon gunting dan pilih Split at playhead. Kemudian, hapus bagian yang tidak diinginkan dengan menekannya dan memilih ikon tong sampah.

4. Mengatur Kecepatan Video

Cara mengedit video di kinemaster yang keempat adalah mengatur kecepatan video dengan menekan video di timeline dan memilih ikon kecepatan. Di sini, kita bisa mempercepat atau memperlambat video sesuai keinginan dengan menggeser slider atau memilih preset yang tersedia.

5. Menambahkan Teks

Cara mengedit video di kinemaster yang kelima adalah menambahkan teks ke dalam video dengan menekan menu Layer dan memilih Text. Kemudian, ketik teks yang diinginkan dan atur ukuran, warna, font, posisi, dan animasi teks sesuai selera.

6. Menambahkan Lagu

Cara mengedit video di kinemaster  yang keenam adalah menambahkan lagu ke dalam video dengan menekan menu Audio dan memilih lagu dari galeri atau dari koleksi KineMaster. Lagu yang dipilih akan muncul di timeline di bawah video dan kita bisa mengatur volume, panjang, dan fade in/out lagu sesuai kebutuhan.

7. Menambahkan Efek

Cara mengedit video di kinemaster  yang ketujuh adalah menambahkan efek ke dalam video dengan menekan menu Effect dan memilih efek yang diinginkan dari berbagai kategori yang tersedia. Efek yang dipilih akan muncul di timeline di atas video dan kita bisa mengatur intensitas, durasi, dan posisi efek sesuai selera.

8. Menyimpan dan Membagikan Video

Cara mengedit video di kinemaster yang terakhir adalah menyimpan dan membagikan video yang telah diedit dengan menekan ikon kotak dengan panah ke atas di pojok kanan atas layar. Di sini, kita bisa memilih resolusi, frame rate, dan bitrate video sesuai kualitas yang diinginkan. Kemudian, tekan Export untuk menyimpan video ke galeri atau Share untuk membagikannya ke media sosial atau aplikasi lainnya.

Kesimpulan

KineMaster adalah aplikasi edit video profesional yang dapat digunakan di smartphone Android atau iPhone. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik yang dapat membuat video menjadi lebih keren dan estetik. Cara mengedit video di KineMaster cukup mudah dan cepat, hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas.

Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat, khusus bagi kamu yang menggeluti dunia konten creator dan juga editing video. Dapatlan aplikasi KineMaster secara gratis hanya di Play Store dan App Store. Selamat mencoba!

 

Share: