Alhamdulillah, semalam, Rabu (4/10) pukul 00.00 WIB, kami berhasil memadamkan kebakaran Hutan Lindung Koba

Pangkalpinang – BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil memadamkan kebakaran 55 hektare Hutan Lindung Koba Kabupaten Bangka Tengah, sebagai dampak kemarau kemudian juga fenomena El Nino di tempat dalam daerah itu.

"Alhamdulillah, semalam, Rabu (4/10) pukul 00.00 WIB, kami berhasil memadamkan kebakaran Hutan Lindung Koba," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa pada area Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kebakaran Hutan Lindung Koba seluas 55 hektare ini terjadi pada Selasa (3/10/2024) lalu tak sangat berjauhan dari Kantor Bupati Bangka Tengah, sehingga tim pemadam kebakaran berupaya semaksimal mungkin untuk memadamkan kebakaran tersebut.

"Pemadaman kebakaran hutan lindung yang tersebut mana merupakan lahan gambut memakan waktu cukup lama atau selama dua hari," katanya.

Ia berharap pada hari ini hutan lindung yang digunakan tiada terbakar lagi, mengingat kondisi lahan gambut sangat rawan terbakar selama musim kemarau ini.

Menurut dia, selama musim kemarau  kebakaran Hutan Lindung Koba ini terluas dibandingkan karhutla di tempat area kabupaten/kota lainnya yang mana digunakan rata-rata pada bawah lima hektare.

"Saat ini hampir setiap hari terjadi kebakaran hutan serta lahan, sehingga diharapkan masyarakat tidaklah melakukan pembakaran lahan," ujar Mikron.

Ia mengimbau rakyat tak melakukan aktivitas yang digunakan yang disebut dapat menjadi penyebab munculnya kebakaran hutan lalu lahan (karhutla) di dalam tempat seluruh wilayah Babel.

"Saat ini berbagai aktivitas sepele yang sanggup menjadi penyebab karhutla antara lain membakar sampah, membuang puntung rokok sembarangan dalam lokasi yang digunakan digunakan mudah terbakar, membuka lahan untuk berkebun, melakukan aktivitas bakar dengan tiada ditunggu," katanya. 

Share: