Metode pembayaran COD (Cash On Delivery) menjadi pembicaraan sejak awal kehadirannya, juga segera disukai masyarakat untuk berbelanja online.

Beberapa waktu lalu, ada masa di area dalam mana e-commerce lalu kanal-kanal belanja online lain menggunakan metode COD untuk menarik pengunjung, mengunggulkan fleksibilitas juga kemudahan sistem, yakni membayar dengan uang tunai di tempat area tempat setelah paket diterima.

Selain itu, COD juga terbukti mampu miliki jangkauan lebih lanjut banyak luas, tepatnya terhadap konsumen yang berada di area dalam daerah pelosok, atau yang mana sangat sangat jauh dari akses perbankan.

Pada 2024, metode pembayaran COD pun masih menjadi favorit. Hal itu pun sesuai dengan survei Snapcart bertajuk ‘Tren Perilaku Belanja Online Jelang Ramadan 2024’ yang mana menyatakan bahwa menyediakan metode pembayaran COD merupakan satu dari empat faktor pertimbangan bagi 37 persen responden saat memilih media e-commerce untuk berbelanja online.

Metode COD itu berada persis dalam tempat bawah faktor gratis ongkir yang dimaksud dipilih oleh 71 responden. Riset yang digunakan mana sejenis menyebutkan, Shopee menjadi wadah belanja online dengan metode pembayaran COD terbaik (60 persen), unggul dari Tokopedia (17 persen), TikTok Shop (12 persen) juga juga Lazada (9 persen).

Meski menjadi metode favorit, tak sedikit pengguna sistem COD yang digunakan hal itu menginginkan metode yang digunakan melibatkan proses pengecekan terlebih dahulu.

Saat ini, metode COD yang mana diterapkan adalah pembeli melakukan pembayaran terlebih dahulu. Jika barang tak sesuai, pengembalian harus diimplementasikan melalui aplikasi, bukan ke kurir.

Karena itu, kerap terjadi dampak yang mana dimaksud menyebabkan semua pihak jadi tak nyaman, baik pembeli, penjual, maupun kurir. Melihat kenyataan ini, di area tempat mana metode COD sering dipilih oleh pembeli pada area kota-kota kecil, Shopee pun meluncurkan inovasi COD Cek Dulu sebagai jawaban atas ketidaknyamanan menggunakan metode tersebut.

Melalui inovasi COD Cek Dulu, pengguna dapat mengecek kesesuaian barang dengan deskripsi atau foto item sebelum melakukan pembayaran kepada kurir.

Jika pembeli mendapatkan hasil tak sesuai dengan deskripsi maupun foto, atau pesanan datang dalam kondisi rusak, paket dapat langsung dikembalikan ke kurir tanpa perlu membayar.

Inovasi ini pun menuai reaksi dari netizen yang dimaksud mana menyambut metode COD Cek Dulu dengan antusiasme tinggi.

Shopee(Foto: dok. istimewa)

Shopee(Foto: dok. istimewa)

Shopee(Foto: dok. istimewa)

Shopee(Foto: dok. istimewa)

Berikut adalah langkah mudah berbelanja dalam Shopee menggunakan metode pembayaran COD Cek Dulu:

Pastikan toko yang tersebut dimaksud dikunjungi juga produk-produk yang tersebut diincar sudah miliki metode COD yang digunakan aktif. Ingat, barang berlaku cuma untuk barang tertentu.Pilih produk, klik ikon ‘Keranjang’ atau klik ‘Beli Sekarang’ pada laman produk.Pilih COD – Cek Dulu pada metode pembayaran, lalu pilih pengiriman menggunakan SPX Express Same Day, SPX Express Standard, juga SPX Express Hemat pada laman ‘Checkout’.

Ketika kurir sampai dalam area alamat tujuan, pembeli diperbolehkan membuka paket terlebih dahulu untuk mengecek kesesuaian pesanan sebelum membayar.Dalam proses ini, kurir akan membantu merekam pengecekan, tanpa menyorot wajah pembeli.

Saat membuka paket, pembeli harus ingat untuk tidaklah merusak resi lalu membuka bungkus barang yang tersebut mana bukan dapat ditutup kembali.Untuk bungkus barang yang mampu dibuka, barang boleh dipegang, tetapi tidaklah boleh dicoba.Syarat serta ketentuan metode COD Cek Dulu sanggup dicek di sini

Jika barang sesuai, selesaikan pembayaran secara tunai kepada kurir.Apabila isi paket tak sesuai, paket dapat langsung dikembalikan pada kurir tanpa perlu membayar apapun.

Share:

Tinggalkan komentar