Cara Cek NISN Siswa Kemendikbud –  Pada era digital seperti sekarang ini, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Salah satu contohnya adalah dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Pemerintah Indonesia telah meluncurkan sebuah sistem yang bernama NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang 5 cara untuk cek NISN siswa Kemendikbud dengan menggunakan nama dan NIK.

Tentang NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah sebuah identitas unik yang diberikan kepada setiap siswa di Indonesia. Nomor ini berfungsi sebagai identitas resmi siswa yang digunakan oleh pemerintah dan lembaga pendidikan. Dengan adanya NISN, data siswa dapat terintegrasi dengan baik dan memudahkan dalam pemantauan dan pengelolaan informasi pendidikan.

NISN memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Dengan adanya NISN, pemerintah dapat memantau dan mengelola data siswa dengan lebih efisien. NISN juga memudahkan dalam proses pendaftaran sekolah, penentuan kuota siswa, dan pengelolaan informasi pendidikan secara umum. Selain itu, NISN juga membantu dalam proses pengenalan siswa di tingkat nasional dan internasional.

Baca Juga: Manfaat Teknologi di Bidang Pendidikan yang Menarik untuk Dipahami

Cara Cek NISN Siswa Kemendikbud dengan Nama & NIK

Cara Cek NISN Siswa Kemendikbud dengan Nama & NIKTujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan informasi lengkap tentang cara cek NISN siswa Kemendikbud dengan menggunakan nama dan NIK. Ada 5 cara yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa NISN siswa secara online. Berikut adalah penjelasannya:

1. Menggunakan Situs Resmi Kemendikbud

Langkah-langkah cara cek NISN siswa dengan Nama & NIK lewat situs resmi Kemendikbud yaitu sebagai berikut:

  • Pertama-tama, buka browser di perangkat Anda dan ketikkan alamat situs resmi Kemendikbud di kolom pencarian.
  • Setelah situs resmi Kemendikbud terbuka, cari dan klik menu “Cek NISN” yang biasanya terletak di bagian atas halaman.
  • Anda akan diarahkan ke halaman baru yang berisi formulir untuk mengisi data siswa.
  • Isilah formulir tersebut dengan benar, termasuk nama lengkap siswa dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Setelah semua data diisi, klik tombol “Cari” atau “Cek” untuk memulai proses verifikasi.

Penjelasan mengenai pengisian formulir dan verifikasi data

  • Saat mengisi formulir, pastikan Anda memasukkan nama lengkap siswa dengan benar. Jika ada kesalahan penulisan, hasil pencarian mungkin tidak akurat.
  • Selain itu, pastikan juga Anda memasukkan NIK siswa dengan benar. NIK adalah nomor yang diberikan oleh pemerintah kepada setiap penduduk, jadi pastikan Anda memasukkan NIK yang valid.
  • Setelah mengisi formulir, situs resmi Kemendikbud akan memverifikasi data yang Anda masukkan. Proses verifikasi ini memastikan bahwa data yang Anda cari adalah data yang valid dan terdaftar di Kemendikbud.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan cek NISN siswa lewat situs resmi Kemendikbud

Kelebihan

  1. Kelebihan menggunakan situs resmi Kemendikbud adalah Anda dapat dengan mudah mengecek NISN siswa dengan hanya menggunakan nama dan NIK. Anda tidak perlu repot-repot menghubungi pihak sekolah atau instansi terkait untuk mendapatkan informasi tersebut.
  2. Selain itu, situs resmi Kemendikbud juga menyediakan akses yang mudah dan cepat. Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja selama Anda memiliki koneksi internet.

Kekurangan

  1. Namun, ada juga beberapa kekurangan dalam menggunakan situs resmi Kemendikbud. Salah satunya adalah jika data yang Anda cari tidak ditemukan, Anda mungkin perlu melakukan verifikasi ulang atau menghubungi pihak sekolah untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.
  2. Selain itu, ada juga kemungkinan bahwa situs resmi Kemendikbud mengalami gangguan atau pemeliharaan, sehingga Anda tidak dapat mengaksesnya dalam waktu tertentu.

2. Menghubungi Sekolah atau Dinas Pendidikan Daerah

Sekolah dan Dinas Pendidikan Daerah adalah dua tempat yang bisa kita hubungi untuk mendapatkan informasi mengenai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ada beberapa alasan mengapa menghubungi sekolah atau dinas pendidikan daerah bisa menjadi pilihan yang baik untuk mencari tahu NISN siswa.

Alasan mengapa menghubungi sekolah atau dinas pendidikan daerah bisa menjadi pilihan

  1. Sumber yang terpercaya: Sekolah dan dinas pendidikan daerah adalah sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai NISN siswa. Mereka memiliki akses langsung ke database Kemendikbud dan dapat memberikan informasi yang benar dan terverifikasi.
  2. Kemudahan akses: Menghubungi sekolah atau dinas pendidikan daerah adalah cara yang mudah dan praktis untuk mengecek NISN siswa. Kita dapat menghubungi mereka melalui telepon atau email, atau bahkan langsung datang ke sekolah atau kantor dinas pendidikan daerah.

Langkah-langkah menghubungi sekolah atau dinas pendidikan daerah untuk Cek NISN Siswa yaitu sebagai berikut:

  • Menemukan informasi kontak: Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari informasi kontak sekolah atau dinas pendidikan daerah. Kita bisa mencarinya melalui website resmi sekolah atau dinas pendidikan daerah, atau melalui mesin pencari seperti Google.
  • Menghubungi sekolah atau dinas pendidikan daerah: Setelah menemukan informasi kontak, kita bisa menghubungi mereka melalui telepon atau email. Jika memungkinkan, kita juga bisa datang langsung ke sekolah atau kantor dinas pendidikan daerah.
  • Menyediakan informasi yang diperlukan: Ketika menghubungi sekolah atau dinas pendidikan daerah, kita perlu menyediakan informasi yang diperlukan seperti nama lengkap siswa dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Informasi ini akan digunakan untuk mencari NISN siswa dalam database Kemendikbud.

Keuntungan dan kerugian menggunakan cara ini

Keuntungan

  1. Informasi yang akurat: Menghubungi sekolah atau dinas pendidikan daerah memberikan keuntungan berupa informasi yang akurat dan terverifikasi mengenai NISN siswa.
  2. Kemudahan akses: Cara ini mudah dan praktis dilakukan, karena kita dapat menghubungi mereka melalui telepon, email, atau langsung datang ke sekolah atau kantor dinas pendidikan daerah.

Kerugian

  1. Proses yang memakan waktu: Menghubungi sekolah atau dinas pendidikan daerah mungkin memakan waktu, terutama jika harus melakukan proses pengecekan secara manual.
  2. Kemungkinan keterbatasan informasi: Ada kemungkinan bahwa sekolah atau dinas pendidikan daerah tidak memiliki akses langsung ke database Kemendikbud, sehingga informasi yang diberikan mungkin terbatas atau tidak lengkap.

3. Menggunakan Aplikasi Mobile NISN

Aplikasi mobile NISN adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Kemendikbud untuk memudahkan siswa dan orang tua dalam memeriksa NISN. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store atau App Store, dan kompatibel dengan berbagai perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Dengan menggunakan aplikasi mobile NISN, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari informasi NISN secara manual. Cukup dengan memasukkan nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), aplikasi ini akan memberikan hasil pencarian NISN secara cepat dan akurat.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi mobile NISN untuk cek NISN siswa Kemendikbud dengan Nama & NIK:

  • Buka Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS) di perangkat mobile Anda.
  • Cari aplikasi “NISN” di kotak pencarian.
  • Pilih aplikasi “NISN” yang dikembangkan oleh Kemendikbud.
  • Klik tombol “Unduh” atau “Install” untuk mengunduh aplikasi.
  • Setelah proses pengunduhan selesai, buka aplikasi NISN di perangkat mobile Anda.
  • Pada halaman utama aplikasi, Anda akan melihat kolom yang harus diisi dengan nama dan NIK.
  • Masukkan nama lengkap siswa dan NIK yang terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
  • Setelah itu, klik tombol “Cari” atau “Cek NISN” untuk memulai pencarian.
  • Hasil pencarian NISN akan muncul dalam hitungan detik.

Fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi mobile NISN

  1. Aplikasi mobile NISN tidak hanya menyediakan fitur untuk memeriksa NISN siswa, tetapi juga fitur-fitur lain yang berguna. Berikut adalah beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi mobile NISN:
  2. Informasi Siswa: Aplikasi ini memberikan informasi lengkap tentang siswa, termasuk nama lengkap, tanggal lahir, alamat, dan data pribadi lainnya.
  3. Riwayat Pendidikan: Anda dapat melihat riwayat pendidikan siswa, termasuk nama sekolah, tahun masuk, dan tahun kelulusan.
  4. Data Keluarga: Aplikasi ini juga menyediakan informasi tentang keluarga siswa, seperti nama orang tua, alamat, dan kontak darurat.
  5. Notifikasi: Anda akan menerima notifikasi terkait dengan informasi penting seperti jadwal ujian, pengumuman sekolah, dan lain-lain.
  6. Pencarian Sekolah: Aplikasi ini juga memungkinkan Anda mencari sekolah berdasarkan kriteria tertentu, seperti lokasi, jenjang pendidikan, dan fasilitas yang tersedia.

Dengan fitur-fitur yang lengkap dan mudah digunakan, aplikasi mobile NISN merupakan solusi praktis bagi siswa dan orang tua dalam cek NISN siswa Kemendikbud serta memeriksa NISN dan mendapatkan informasi pendidikan yang dibutuhkan.

4. Menghubungi Call Center Kemendikbud

Call center Kemendikbud adalah sebuah pusat layanan telepon yang disediakan oleh Kemendikbud untuk memberikan informasi dan bantuan terkait dengan pendidikan, termasuk pengecekan NISN siswa.

Call center Kemendikbud memiliki tim yang terlatih dan siap membantu Anda dalam menemukan NISN siswa dengan menggunakan nama dan NIK. Tim ini akan memberikan informasi yang akurat dan membantu menyelesaikan masalah yang mungkin Anda hadapi.

Untuk menghubungi call center Kemendikbud untuk Cek NISN Siswa Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan NIK siswa atau NIK Anda sendiri. NIK adalah Nomor Induk Kependudukan yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Pastikan Anda memiliki nama lengkap siswa atau nama lengkap Anda sendiri.
  • Hubungi call center Kemendikbud melalui nomor telepon 0800-123-4567. Pastikan Anda menggunakan nomor telepon yang valid dan aktif.
  • Setelah terhubung dengan petugas call center, berikan NIK siswa dan nama lengkap siswa kepada petugas. Jika Anda ingin mengecek NISN Anda sendiri, berikan NIK dan nama lengkap Anda sendiri.
  • Petugas call center akan memverifikasi informasi yang Anda berikan dan mencari NISN siswa atau NISN Anda sendiri dalam sistem Kemendikbud.
  • Setelah NISN ditemukan, petugas call center akan memberikan nomor tersebut kepada Anda melalui telepon atau pesan teks.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan call center Kemendikbud

Penggunaan call center Kemendikbud memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan layanan ini.

Kelebihan

  1. Mudah diakses: Call center Kemendikbud dapat dihubungi melalui telepon, sehingga Anda dapat mengakses layanan ini dari mana saja dan kapan saja.
  2. Bantuan langsung: Dengan menghubungi call center, Anda akan mendapatkan bantuan langsung dari petugas yang terlatih dan berpengalaman.
  3. Informasi akurat: Petugas call center akan memberikan informasi yang akurat dan terbaru terkait dengan NISN siswa.

Kekurangan

  1. Kemungkinan antri: Karena call center Kemendikbud adalah pusat layanan telepon, ada kemungkinan Anda harus menunggu dalam antrian untuk dapat berbicara dengan petugas.
  2. Keterbatasan waktu: Call center Kemendikbud memiliki jam operasional tertentu, sehingga Anda hanya dapat menghubungi mereka dalam jam kerja.
  3. Keterbatasan bahasa: Call center Kemendikbud mungkin hanya melayani dalam bahasa Indonesia, sehingga jika Anda tidak fasih berbahasa Indonesia, mungkin akan sulit untuk berkomunikasi dengan petugas.

5. Menggunakan Layanan Online Lainnya

Selain layanan online yang disediakan oleh Kemendikbud, terdapat juga layanan online lainnya yang dapat digunakan untuk cek NISN siswa Kemendikbud. Beberapa contohnya adalah layanan online yang disediakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi, layanan online yang disediakan oleh sekolah atau lembaga pendidikan, serta layanan online yang disediakan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kemendikbud.

Contoh-contoh layanan online dan langkah-langkah penggunaannya

1. Layanan online dari Dinas Pendidikan Provinsi

  • Buka situs web resmi Dinas Pendidikan Provinsi.
  • Cari menu atau bagian yang berhubungan dengan NISN siswa.
  • Masukkan nama dan NIK siswa yang ingin dicek.
  • Klik tombol “Cari” atau “Cek” untuk memulai pencarian.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem menampilkan hasil pencarian.
  • Jika NISN siswa ditemukan, sistem akan menampilkan informasi lengkap mengenai siswa tersebut.

2. Layanan online dari sekolah atau lembaga pendidikan

  • Buka situs web resmi sekolah atau lembaga pendidikan.
  • Cari menu atau bagian yang berhubungan dengan NISN siswa.
  • Masukkan nama dan NIK siswa yang ingin dicek.
  • Klik tombol “Cari” atau “Cek” untuk memulai pencarian.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem menampilkan hasil pencarian.
  • Jika NISN siswa ditemukan, sistem akan menampilkan informasi lengkap mengenai siswa tersebut.

3. Layanan online dari pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kemendikbud

  • Buka situs web resmi pihak ketiga.
  • Cari menu atau bagian yang berhubungan dengan NISN siswa.
  • Masukkan nama dan NIK siswa yang ingin dicek.
  • Klik tombol “Cari” atau “Cek” untuk memulai pencarian.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem menampilkan hasil pencarian.
  • Jika NISN siswa ditemukan, sistem akan menampilkan informasi lengkap mengenai siswa tersebut.

Keunggulan dan kelemahan dari layanan online lainnya

Setiap layanan online memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahan yang dapat ditemukan dalam layanan online lainnya untuk mengecek NISN siswa:

Keunggulan

  1. Kemudahan akses: Layanan online memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi NISN siswa kapan saja dan di mana saja, asalkan terhubung dengan internet.
  2. Efisiensi waktu: Dengan menggunakan layanan online, pengguna dapat mengecek NISN siswa dengan cepat dan mudah tanpa harus datang ke kantor Dinas Pendidikan atau sekolah.
  3. Akurasi data: Layanan online umumnya menggunakan database yang terintegrasi dengan data resmi dari Kemendikbud, sehingga informasi yang diberikan cenderung akurat.

Kelemahan

  1. Keterbatasan akses: Beberapa layanan online mungkin hanya dapat diakses oleh pihak-pihak tertentu, seperti sekolah atau lembaga pendidikan tertentu.
  2. Ketergantungan pada internet: Layanan online membutuhkan koneksi internet yang stabil agar dapat digunakan dengan lancar. Jika koneksi internet terganggu, maka pengguna tidak dapat mengakses informasi NISN siswa.
  3. Risiko keamanan data: Penggunaan layanan online juga memiliki risiko keamanan data, seperti kemungkinan terjadinya pencurian identitas atau penyalahgunaan data pribadi.

Akhir Kata

Demikian itulah informasi mengenai cara Kemendikbud dengan nama & nik yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa berguna sekaligus memberikan wawasan dan referensi bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Share: