News.web.id, Cara Daftar Prakerja – Penyelenggaraan program Kartu Prakerja di tahun ini akan diselenggarakan dan dibuka kembali dalam mendukung kesempatan untuk lebih baik ke para angkatan kerja. Calon peserta prakerja yang berkeinginan mendaftarkan diri dapat langsung mendaftar lewat situs resmi untuk membuat akun kartu Prakerja.

Proses seleksi Kartu Prakerja pada gelombang 23 ini sudah dapat diikuti oleh angkatan calon kerja di seluruh kota Indonesia. Sepanjang tahun 2024 yang lalu, kurang lebih sebanyak Rp11,7 triliun anggaran telah diberikan kepada 5.932.867 penerima kartu prakerja dengan peserta yang menyelesaikan pelatihan sebanyak 5.689.417.

Baca Juga: Cara Bayar Pajak Motor Online Tanpa Harus Antri

Anda juga dapat memperoleh insentif dengan cara daftar paket lalu mengikuti pelatihan untuk ikut serta dalam program pengembangan diri. Setelah Anda menyelesaikan program pelatihan tersebut, akan terdapat sejumlah insentif yang akan diterima. Jika Anda sudah mempunyai rencana untuk memulai suatu usaha mikro di rumah sendiri atau sekedar ingin menambah kemampuan skill untuk bisa mencari pekerjaan, inilah waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri Anda.

Persyaratan Calon Peserta Kartu Prakerja 2024

Persyaratan Calon Peserta Kartu PrakerjaAgar Anda bisa lolos program seleksi Calon Kartu Prakerja, tentu Anda harus mempersiapkan diri dan juga sudah siap akan syarat dan ketentuan yang diminta. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara daftar Prakerja dan persyaratan untuk peserta calon Kartu Prakerja yang harus diperhatikan.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 18 tahun ke atas
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal (SMP, SMA, Perguruan tinggi, dll.)

Persyaratan Lainnya:

  • Calon peserta sedang mencari kerja
  • Pekerja / buruh yang di-PHK
  • Pekerja / buruh yang dirumahkan
  • Pelaku usaha kecil dan mikro
  • Pekerja yang bukan penerima upah.
  • Tidak menerima bantuan lain selama pandemi Covid-19

Bukan merupakan:

  • Penjabat negara
  • Anggota DPRD
  • ASN
  • Anggota Polri
  • Prajurit TNI
  • Perangkat desa
  • Direksi, komisaris, dewan pengawas BUMN / BUMD

Tips Cara Agar Lolos Kartu Prakerja 2024

Tips Cara Agar Lolos Kartu PrakerjaBerdasarkan persyaratan yang sudah kami jelaskan di atas lewat situs prakerja sebelumnya, Anda harus benar-benar termasuk dalam kategori penerima Kartu Prakerja. Agar lebih jelasnya dalam mempersiapkan semua persyaratan untuk join sebagai peserta, berikut ini tips cara daftar Prakerja yang bisa kalian lakukan.

1. Periksa semua persyaratan dengan detail

Dengan terdapat persyaratan yang terlampir di halaman website resmi Prakerja, Maka calon peserta harus memastikan terlebih dahulu kelayakan diri. Jika ada salah satu persyaratan yang tidak sesuai di diri Anda, tentu pengajuan kepesertaan Anda akan ditolak.

2. Persiapkan diri untuk mengisi dokumen

Anda juga membutuhkan waktu untuk mengisi seluruh dokumen persyaratan yang ada. Dokumen yang diperlukan seperti NIK, KK, dan alamat email aktif, Anda juga harus menyiapkan waktu untuk melakukan pengisian data tersebut. Oleh sebab itu, Anda perlu untuk menyiapkan berbagai dokumen pribadi tersebut terlebih dahulu sebelum akhirnya mengikuti cara daftar Prakerja ini.

Bukan hanya saat melalukan pengisian data pendaftaran saja, proses seleksi juga dapat memerlukan waktu yang sangat lama. Sebab itu, selalu untuk mengantisipasi waktu yang diluangkan untuk mengurus persyaratan Kartu Prakerja supaya Anda tidak tergesa-gesa dan ceroboh saat melakukan pengisian dokumen di website.

3. Pastikan koneksi internet stabil dan website Prakerja bisa diakses

Program Kartu Prakerja semuanya dilakukan secara online dan digital. Oleh sebab itu, seluruh tahapannya mulai dari pendaftaran, seleksi, hingga pelatihan akan dilakukan secara daring. Hal yang penting saat melakukan pendaftaran di situs / website Prakerja.

Sebelum mangisi informasi, pastikan Anda bisa mengakses website Prakerja dengan lancar. Biasanya, situs seperti ini akan ramai diakses sehingga pengisian data akan menjadi lambat dan bahkan berpotensi gagal. Anda dapat memilih waktu yang tidak terlalu ramai pengunjung seperti menghindari pengisian di hari libur atau jam istirahat.

Nah, setelah sudah berhasil membuat akun dan login akun, Anda juga harus memastikan juga koneksi internet yang Anda pakai stabil. Anda dapat mencoba dengan membuka website lain. Jika alamat website lain bisa akses dengan lancar, artinya website Prakerja sedang ramai dan Anda bisa coba di lain waktu.

4. Isi data diri secara benar

Saat melakukan pengisian informasi data diri, Anda perlu melakukan pengisian dengan teliti dan memastikan itu benar. Jangan sampai salah mengisi satu atau kurang lengkap mengisi data wajib yang diperlukan. Begitu juga dengan keaslian pengisian data Anda, jika terdapat jumlah digit nomor yang salah atau kurang dalam pengisian, pengajuan yang Anda lakukan bisa gagal.

Mungkin Anda membutuhkan waktu setidaknya satu jam untuk mengisi data-data tersebut. Oleh sebab itulah, Anda perlu memastikan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pengisian data sampai selesai. Jika sudah selesai meng-input semua, data tersebut akan di cek kembali agar bisa diproses sesuai ketentuan yang ada.

5. Gunakan email dan nomor HP aktif

Tips cara daftar Prakerja terakhir yang tidak kalah penting yaitu memastikan kontak yang Anda isi sudah benar. Hal tersebut termasuk email dan nomor telepon yang aktif. Sebab semua pembaruan dari proses pendaftaran, seleksi, hingga penerimaan dana akan disampaikan lewat kontak yang Anda lampirkan. Jadi, pastikan nomor telepon selalu dapat dihubungi. Anda juga dapat membuat alamat email dengan format yang sesuai nama Anda.

Akhir Kata

Dari bahasan diatas bisa disimpulkan bahwa dalam proses mendaftarkan diri menjadi peserta kartu prakerja bisa mudah diterima jika Anda memenuhi semua syarat yang dilampirkan diatas, selain itu Anda juga mest mengikuti tips dan trik cara daftar Prakerja yang sudah kami sampaikan diatas, selamat mencoba dan semoga lolos.

Demikianlah pembahasan artikel dari news.web.id mengenai tips dan trik Cara Daftar Prakerja Terbaru agar lolos bagi para calon peserta baru. Sederhananya, Anda harus betul-betul mempersiapkan diri dengan tenang untuk mendaftarkan diri. Tahap-tahapan lainnya dalam proses pengajuan dan pendaftaran Kartu Prakerja juga mungkin akan memakan waktu lama. Oke karena itu, para calon peserta baru sebaiknya menyiapkan waktu dan persyaratan dengan sebaik-baiknya, ya!

Share:

Tinggalkan komentar