Hai, teman-teman, kali ini kami akan bahas tentang cara daftar akun e Materai, cara verifikasi, dan cara belinya. Bagi kalian yang ingin menggunakan e Materai, pastikan kalian mengikuti langkah-langkah berikut, ya!

Pertama-tama, untuk verifikasi akun e Meterai, kalian bisa mengakses email yang sudah kalian daftarkan sebelumnya. Nah, verifikasi ini penting banget, karena dengan verifikasi ini, akun kalian akan aktif dan siap digunakan. Jadi, jangan sampai ketinggalan langkah ini, ya!

Oh iya, di rekrutmen tahun 2024 nanti, e Meterai ini akan digunakan sebagai salah satu persyaratan sebelum kalian mengumpulkan dokumen-dokumen penting. Jadi, e Meterai ini akan memberikan kekuatan pada dokumen-dokumen kalian jika ada pelanggaran terhadapnya. Keren kan?

Untuk informasi selengkapnya tentang cara verifikasi akun e Meterai dan lain-lainnya, kalian bisa baca artikel Berita Bisnis yang ada di bawah ya!

Apa itu e Materai?

Apa itu e Materai?e Materai adalah versi elektronik dari materai fisik yang biasa kita kenal. Materai sendiri adalah tanda bukti pembayaran yang digunakan untuk transaksi resmi di Indonesia. Biasanya, materai digunakan dalam dokumen-dokumen seperti akta notaris, surat perjanjian, atau dokumen-dokumen lain yang memerlukan keabsahan hukum. Dengan adanya e Meterai, proses penggunaan materai menjadi lebih praktis dan efisien.

Baca Juga: Contoh Bisnis Retail yang Menarik untuk Dijadikan Ide Usaha

Manfaat e Materai

Manfaat e Materai

1. Praktis

Dengan e Meterai, kita tidak perlu lagi repot mencari dan membeli materai fisik setiap kali ada transaksi resmi. Cukup dengan menggunakan aplikasi atau platform yang disediakan, kita dapat dengan mudah membeli dan menggunakan e Meterai.

2. Hemat Biaya

Menggunakan e Meterai juga dapat menghemat biaya, karena kita tidak perlu lagi membeli materai fisik yang harganya bisa cukup mahal. Hanya dengan membayar sejumlah uang elektronik, kita sudah bisa mendapatkan e Meterai dengan nilai yang sama.

3. Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan e Materai, kita juga turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Kita tidak lagi membutuhkan kertas dan tinta untuk mencetak materai fisik, sehingga mengurangi penggunaan sumber daya alam dan mengurangi limbah kertas.

Cara Daftar Akun e Materai

Cara Daftar Akun e MateraiSelanjutnya, kita akan bahas tentang cara daftar akun e Meterai. Sebelum kalian verifikasi akun e Meterai, kalian perlu mendaftarkan akunnya terlebih dahulu, ya. Nah, ini dia cara daftarnya yang bisa kalian lakukan secara online melalui browser:

1. Kunjungi Situs sscasn.bkn.go.id

Pertama-tama, kunjungi laman sscasn.bkn.go.id/login melalui browser Google Chrome. Biar prosesnya lebih lancar, ya!

2. Daftar Akun

Setelah itu, masukkan akun yang sudah kalian daftarkan dengan memasukkan NIK dan Password kalian.

3. Isi Formulir

Isi semua kolom informasi data diri yang dibutuhkan dengan benar dan lengkap, ya! Kalau sudah, klik ‘Selanjutnya’.

4. Tentukan Tujuan Lamaran

Selanjutnya, pilih jenis seleksi yang ingin kalian lamar, lalu klik ‘Selanjutnya’ lagi. Nah, setelah itu, tentukan instansi, pendidikan, lokasi, dan jabatan yang ingin kalian lamar. Jangan lupa, ya, pilih ‘Selanjutnya’.

5. Lengkapi Riwayat Pekerjaan dan Dokumen

Lengkapi juga riwayat pekerjaan kalian, lalu klik ‘Selanjutnya’ lagi. Tahap selanjutnya, kalian perlu unggah dokumen-dokumen penting. Pastikan dokumen-dokumen ini sudah dilengkapi e meterai, ya!

6. Lengkapi Semua Informasi

Nah, untuk mendaftarkan akun e Materai, klik ‘Registrasi e Materai’ dan isi informasi yang dibutuhkan seperti email, password, dan lain-lain. Setelah itu, klik ‘Submit’.

Cara Verifikasi Akun e Materai

Cara Verifikasi Akun e MateraiSetelah kalian mendaftarkan akunnya, langkah selanjutnya adalah verifikasi akun e Meterai. Nah, ini dia cara verifikasinya:

1. Buka Kotak Masuk Email

Buka kotak masuk pada email yang sudah kalian daftarkan sebelumnya. Lalu, pilih ‘Aktivasi Akun’.

2. Masukkan email dan Password

Setelah klik link “Aktivasi Akun” di email, secara otomatis kalian akan diarahkan ke laman meterai-elektronik.com. Silahkan masukkan email dan password yang sudah kalian daftarkan.

3. Klik Tombol Login

Tulis ulang captcha yang ditampilkan, lalu klik ‘Login’ dan Akun e Materai kalian sudah diaktifkan.

4. Lakukan Pembelian

Selanjutnya, Kalian bisa beli e Materai dengan klik ‘Pembelian’ dan lakukan pembayaran dengan metode yang disediakan.

Cara Beli e Materai

Cara Beli e Materai Oh iya, kalian juga bisa beli e Materai secara online, lho! Berikut ini adalah cara membeli e Materai di situs resmi e Materai:Oh iya, kalian juga bisa beli e Materai secara online, lho! Berikut ini adalah cara membeli e Meterai di situs resmi e Meterai:

1. Kunjungi situs resmi e Materai

Kunjungi laman https://e Meterai.co.id melalui browser Google Chrome untuk pengalaman terbaik.

2. Pilih Beli e Materai

Pada halaman utama, pilih ‘Beli e Materai’. Lalu masukkan email dan kata sandi yang sudah kalian daftarkan.

3. Klik Tombol Login

Silahkan masukkan kembali kode captcha yang ditampilkan. Setelah itu, klik ‘Login’.

4. Pilih Pembelian

Silahkan Pilih ‘Pembelian’ untuk membeli e Materai. lalu Tentukan jumlah e Meterai yang ingin kalian beli, lalu pilih ‘Bayar’.

5. Lakukan Pembayaran

Terakhir, tentukan metode pembayaran yang ingin kalian gunakan, lalu pilih ‘Bayar’. Setelah pembayaran berhasil dilakukan, e Materai akan otomatis kalian dapatkan.

6. Pasang e Materai ke Dokumen

Jangan lupa untuk memasang e Meterai ke dokumen-dokumen yang kalian unggah melalui menu ‘Pembubuhan’ yang ada di halaman utama, ya!

Baca Juga: Dunia Bisnis: Menggali Era Digital Dengan Tantangan

Kelebihan dan Kekurangan e Materai

Kelebihan dan Kekurangan e MateraiBerikut ini adalah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari e Meterai yang perlu kalian ketahui:

Kelebihan e Materai

1. Praktis dan Efisien

Salah satu kelebihan utama e Meterai adalah kepraktisan dan efisiensinya. Dengan menggunakan e Materai, kita tidak perlu lagi repot-repot mencari dan membeli materai fisik di tempat-tempat tertentu. Cukup dengan akses internet dan aplikasi yang sesuai, kita bisa membeli dan menggunakan e Meterai dengan mudah dan cepat.

2. Hemat Waktu dan Biaya

Selain praktis, penggunaan e Meterai juga dapat menghemat waktu dan biaya. Kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari tempat yang menjual materai fisik. Selain itu, dengan e Meterai, kita juga tidak perlu membayar biaya tambahan untuk membeli materai fisik, karena e Meterai biasanya dijual dengan harga yang sama atau lebih murah.

3. Ramah Lingkungan

e Materai juga memiliki keunggulan dalam hal keberlanjutan dan ramah lingkungan. Dengan menggunakan e Meterai, kita dapat mengurangi penggunaan kertas yang berarti mengurangi penebangan pohon. Hal ini tentunya berdampak positif bagi lingkungan dan alam sekitar kita.

Kekurangan e Materai

1. Keterbatasan Akses Internet

Salah satu kekurangan e Meterai adalah ketergantungan pada akses internet. Bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil atau memiliki akses internet yang tidak stabil, penggunaan e Meterai bisa menjadi sulit. Selain itu, jika terjadi gangguan teknis pada sistem e Materai, penggunaan dan validitasnya dapat terganggu.

2. Potensi Penyalahgunaan

Seperti halnya teknologi digital lainnya, e Materai juga memiliki potensi penyalahgunaan. Misalnya, ada kemungkinan seseorang dapat membuat atau menggunakan e Materai palsu untuk kepentingan pribadi atau penipuan. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengamanan yang kuat untuk memastikan keabsahan dan keaslian e Meterai.

3. Kurangnya Kesadaran dan Penerimaan

Meskipun e Meterai telah ada dan digunakan secara luas, masih ada sebagian masyarakat yang kurang sadar dan menerima penggunaan e Meterai. Beberapa orang mungkin masih lebih memilih materai fisik karena kebiasaan atau ketidakfahaman terhadap teknologi digital. Hal ini bisa menjadi hambatan dalam penggunaan e Meterai secara lebih luas.

Meskipun e Meterai menawarkan kepraktisan, efisiensi, dan keberlanjutan, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Keterbatasan akses internet, potensi penyalahgunaan, dan kurangnya kesadaran masyarakat menjadi beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan e Meterai. Namun, dengan terus berkembangnya teknologi dan peningkatan kesadaran, e Meterai memiliki potensi besar untuk menjadi solusi yang lebih praktis dan efisien di masa depan.

Baca Juga: Wawancara Kerja, 10 Tips Agar Bisa Diterima

Akhir Kata

Dalam era digital seperti sekarang, e Meterai menjadi solusi praktis dan efisien untuk transaksi resmi. Dengan menggunakan e Meterai, kita bisa menghemat waktu, biaya, dan juga turut serta dalam menjaga lingkungan. Meskipun masih ada kendala yang perlu diatasi, e Meterai memiliki potensi besar untuk menjadi standar dalam transaksi resmi di masa depan.

Demikian itulah untuk informasi mengenai cara daftar akun e Meterai, cara verifikasi, dan cara beli ematerai-nya. Semoga penjelasan ini bisa membantu kalian, ya! Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah dengan seksama agar semuanya berjalan lancar. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya!

Share: