Cara Investasi Crypto untuk Pemula – Tren investasi dengan aset cryptocurrency memang semakin menarik minat masyarakat. Jika Anda salah satunya, mencari cara investasi crypto untuk pemula bisa membantu. Dengan demikian, persiapan untuk terjun ke dunia mata uang digital ini bisa lebih matang.

Di Indonesia, regulasi mengenai investasi crypto sudah diatur oleh Bappebti, yaitu Badan Pengawas Perdagangan Berjangka. Bagi Anda yang ingin mendulang profit dengan , ulasan di bawah ini akan membantu untuk memulainya.

Rekomendasi Koin Kripto untuk Pemula

cara investasi crypto untuk pemula
Cara investasi crypto untuk pemula

1. Ethereum

Ethereum atau ETH disebut-sebut sebagai pesaing berat Bitcoin saat ini. Ethereum merupakan salah satu mata uang digital dengan jaringan peer to peer.

Aset kripto yang satu ini menggunakan teknologi yang sudah terdesentralisasi. Tidak hanya itu, para developer koin digital ini juga mengembangkan sebuah aplikasi dengan jaringan tersebut.

2. Bitcoin

Berbicara mengenai cryptocurrency, kebanyakan orang mungkin akan langsung teringat Bitcoin. Mengingat aset kripto yang satu ini memang sempat menggegerkan karena harganya melonjak fantastis.

Saat ini, Bitcoin menjadi aset kripto yang paling banyak diperdagangkan di pasar cryptocurrency. Bahkan, harganya hingga hari ini masih sangat tinggi dengan demand atau permintaan yang meningkat.

3. Dogecoin

Koin kripto yang satu ini awalnya memang hanya berkembang di komunitas meme. Seiring berjalannya waktu, perkembangannya patut diperhitungkan. Terlebih ketika Elon Musk membuat cuitan mengenai Dogecoin sehingga membuat aset kripto ini semakin diminati publik.

4. Ripple

Ripple saat ini semakin diincar oleh investor cryptocurrency. Koin digital yang juga disebut XRP ini memiliki nilai cukup besar dalam market cap. Dengan demikian, Ripple bisa menjadi perantara berbagai mata uang yang dikirimkan pada jaringan aset kripto ini.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Investor Crypto Pemula

Sebelum mempelajari cara investasi crypto untuk pemula, Anda perlu mengetahui bahwa tidak sedikit trader pemula yang salah langkah dalam mengambil keputusan. Sebaiknya tidak terlalu percaya diri ketika melakukan spekulasi harga.

Biasanya, hal tersebut akan membuat Anda mengabaikan manajemen risiko. Ketika memantau harga pasar pun sebaiknya tidak dilakukan sepanjang waktu. Alangkah lebih baik waktu tersebut digunakan untuk menganalisa secara fundamental maupun teknikal.

Namun, Anda juga harus menghindari overanalyzing yang nantinya justru membuat ragu membuka posisi ketika trading kripto.

Cara Investasi Cryptocurrency untuk Pemula

1. Memilih Media Exchange

Memilih media exchange yang tepat penting dilakukan untuk memastikan transaksi aman dan lancar. Pada dasarnya, exchange inilah yang nantinya mempertemukan antara trader dan broker dalam cryptocurrency.

Contoh exchange di Indonesia yang sudah terdaftar Bappebti adalah Indodax, Tokocrypo, Upbit, Zipmex, dan beberapa platform lainnya.

2. Mempelajari Analisis Fundamental dan Teknikal

Adapun yang dimaksud analisis fundamental adalah evaluasi yang dilakukan berdasarkan variabel ekonomi, keuangan, dan aspek lainnya yang mempengaruhi nilai aset kripto.

Dengan memahaminya, suatu aset atau sekuritas bisa diketahui nilai sebenarnya. Sedangkan analisa teknikal bisa dilakukan dengan memahami grafik candlestick beserta pola-polanya.

3. Mencari Tahu Fee Layanan dan Spread

Perlu diketahui bahwa dalam melakukan transaksi cryptocurrency akan ada biaya layanan yang harus dibayarkan. Terutama ketika Anda hendak melakukan penarikan dan pembelian. Tidak hanya itu, spread yang timbul dari selisih harga jual dan beli pun harus diperhatikan.

4. Memilih Jenis Koin Kripto yang Tepat

Jika Anda sudah membulatkan tekad untuk berinvestasi di kripto, sebaiknya cari tahu jenis koin yang tepat untuk pemula. Mengingat memang ada berbagai macam koin kripto dan masing-masing memiliki harga yang berbeda.

Disarankan untuk memilih koin kripto dengan kapitalisasi pasar yang cukup besar. Hal ini karena fluktuasi harga di pasar tidak terlalu tinggi. Anda pun berkesempatan untuk mendapatkan profit secara konsisten.

Cara investasi cypto untuk pemula memang harus dipelajari dengan benar agar tidak kaget ketika menggelutinya. Terlebih, pasar mata uang digital memang sifatnya fluktuatif. Anda harus mempersiapkan mental untuk terjun di dunia investasi kripto.

Share:

Tags: