Cara Menambah RAM HP InfinixApakah Anda sering mengalami masalah dengan kinerja ponsel pintar Infinix Anda? Apakah Anda merasa bahwa ponsel Anda terlalu lambat ketika menjalankan aplikasi atau berpindah antarmuka? Jika ya, maka salah satu solusi yang mungkin bisa Anda coba adalah menambah RAM pada ponsel Anda.

Ketika menggunakan ponsel pintar, salah satu hal yang sering kali menjadi perhatian adalah kinerja dan kapasitas RAM. Semakin besar kapasitas RAM pada ponsel, maka semakin lancar pula performa ponsel tersebut.

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu komponen penting dalam sebuah ponsel pintar. Fungsinya adalah untuk menyimpan data sementara yang dibutuhkan oleh sistem operasi dan aplikasi yang sedang berjalan. Semakin besar kapasitas RAM pada ponsel Anda, semakin banyak data yang dapat disimpan dan diakses dengan cepat oleh sistem.

Nah, bagi pengguna HP Infinix, ada cara untuk menambah RAM HP Infinix tanpa harus melakukan root pada perangkat Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkahnya secara lengkap dan mudah dipahami.

Alasan Menambah RAM Hp Infinix?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menambah RAM HP HP Infinix Anda:

1. Kinerja Sumber Daya

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna ponsel pintar adalah kinerja yang lambat saat menjalankan aplikasi. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh ponsel, termasuk kapasitas RAM. Dengan menambah RAM, Anda dapat meningkatkan kinerja ponsel Anda dan mengurangi kemungkinan terjadinya lag atau jeda saat menggunakan aplikasi.

2. Multitasking

Kemampuan untuk melakukan multitasking adalah salah satu fitur yang sangat diinginkan oleh pengguna ponsel pintar. Namun, jika ponsel Anda memiliki kapasitas RAM yang terbatas, Anda mungkin akan mengalami kesulitan saat ingin beralih antara aplikasi yang sedang berjalan. Dengan menambah RAM, Anda dapat dengan mudah melakukan multitasking tanpa mengalami penundaan atau masalah lainnya.

3. Penundaan

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna ponsel pintar adalah adanya penundaan saat membuka aplikasi atau berpindah antarmuka. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kapasitas RAM yang tidak mampu menangani permintaan data secara efisien. Dengan menambah RAM, Anda dapat mengurangi penundaan ini dan membuat pengalaman menggunakan ponsel Anda menjadi lebih lancar dan nyaman.

4. Menjalankan beberapa aplikasi

Jika Anda sering menggunakan ponsel Anda untuk menjalankan beberapa aplikasi atau game sekaligus, maka kapasitas RAM yang terbatas dapat menjadi kendala. Beberapa aplikasi atau game membutuhkan RAM yang besar untuk berjalan dengan lancar. Dengan menambah RAM, Anda dapat dengan mudah menjalankan beberapa aplikasi atau game sekaligus tanpa mengalami masalah kinerja.

Cara Menambah RAM HP Infinix Tanpa Root Dengan MemFusion

Cara Menambah RAM HP Infinix Tanpa Root

Salah satu metode yang bisa kamu gunakan untuk menambah ram tanpa root yaitu dengan MemFusion. Berikut ini langkah-langkah cara menambah ram hp Infinix tanpa root menggunakan fitur MemFusion:

1. Buka Pengaturan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka pengaturan pada ponsel Anda. Anda dapat melakukannya dengan menggeser layar ke bawah dan mengetuk ikon roda gigi yang merupakan ikon pengaturan. Setelah itu, Anda akan melihat beberapa opsi pengaturan yang tersedia.

2. Pilih Opsi Storage

Pada tahap kedua, Anda perlu memilih opsi storage. Opsi ini akan memberikan Anda akses ke berbagai pengaturan penyimpanan pada ponsel Anda. Ketika Anda mengetuk opsi storage, Anda akan melihat berapa banyak ruang yang tersisa pada ponsel Anda dan berapa banyak yang digunakan oleh aplikasi dan file lainnya.

3. Pilih menu MemFusion

Setelah itu, pada tahap ketiga, Anda perlu memilih menu MemFusion. Menu ini adalah tempat di mana Anda dapat mengaktifkan fitur MemFusion yang akan meningkatkan kinerja RAM pada ponsel Anda. Ketika Anda mengetuk menu MemFusion, Anda akan melihat beberapa opsi pengaturan yang tersedia.

4. Aktifkan toggle MemFusion

Tahap selanjutnya adalah mengaktifkan toggle MemFusion. Toggle ini akan mengaktifkan fitur MemFusion dan memungkinkan Anda untuk mengatur virtual RAM pada ponsel Anda. Ketika Anda mengaktifkan toggle MemFusion, Anda akan melihat beberapa pengaturan tambahan yang dapat Anda atur.

5. Set virtual RAM

Selanjutnya, Anda perlu mengatur virtual RAM pada ponsel Anda. Virtual RAM adalah ruang yang dapat digunakan oleh sistem operasi dan aplikasi untuk menyimpan data sementara. Dengan meningkatkan ukuran virtual RAM, Anda akan memberikan lebih banyak ruang bagi ponsel Anda untuk menjalankan aplikasi dengan lancar.

6. Restart Ponsel

Terakhir, setelah Anda mengatur virtual RAM, Anda perlu me-restart ponsel Anda. Restart ini akan memastikan bahwa semua pengaturan yang telah Anda lakukan diterapkan dengan benar dan ponsel Anda siap digunakan.

Itulah cara menambah RAM HP Infinix tanpa perlu melakukan root menggunakan aplikasi FusiMem. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat meningkatkan kinerja ponsel Infinix kamu dengan mudah. Namun, perlu diingat bahwa penambahan RAM virtual tidak sama dengan penambahan RAM fisik. Meskipun demikian, penambahan RAM virtual masih dapat memberikan perbaikan yang signifikan pada kinerja ponsel kamu.

Sebagai tambahan, pastikan untuk memonitor penggunaan RAM kamu secara teratur. Terkadang, aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menggunakan banyak RAM dan mempengaruhi kinerja ponsel secara keseluruhan. Dengan memantau penggunaan RAM, kamu dapat mengidentifikasi aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Cara Menambah RAM HP Infinix Dengan Extended RAM

Cara menambah RAM HP Infinix dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Extended RAM yang tersedia di perangkat Infinix. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengalokasikan sebagian ruang penyimpanan internal sebagai RAM tambahan. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan kinerja ponsel Anda tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan atau mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambah RAM HP Infinix yang bisa Anda lakukan:

1. Buka pengaturan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menambah RAM HP Infinix adalah membuka menu pengaturan pada HP Infinix Anda. Caranya sangat mudah, cukup ketuk ikon pengaturan yang biasanya berbentuk gear atau roda gigi pada layar utama ponsel Anda.

2. Pilih About Phone

Setelah masuk ke menu pengaturan, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “About Phone”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

3. Cari opsi RAM

Setelah Anda masuk ke menu “About Phone”, carilah opsi yang bertuliskan “RAM”. Biasanya, Anda akan menemukan opsi ini di bagian atas atau bawah menu “About Phone”. Ketuk opsi tersebut untuk melanjutkan.

4. Tambah RAM

Setelah Anda masuk ke menu “RAM”, Anda akan melihat opsi untuk menambah RAM pada HP Infinix Anda. Ada beberapa pilihan yang tersedia, mulai dari penambahan 2 GB, 3 GB, hingga 5 GB. Pilihlah opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan ketuk opsi tersebut untuk mengaktifkannya.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah cara menambah RAM HP Infinix atas, perangkat Infinix Anda akan secara otomatis mengalokasikan sebagian ruang penyimpanan internal sebagai RAM tambahan. Hal ini akan meningkatkan kapasitas RAM pada perangkat Anda, sehingga kinerja ponsel Anda akan menjadi lebih lancar dan responsif.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun menambah RAM HP Infinix dapat meningkatkan kinerja ponsel Anda, hal ini tidak akan membuat ponsel Anda memiliki performa yang sama dengan ponsel dengan RAM fisik yang lebih besar. Fitur Extended RAM hanya memanfaatkan sebagian ruang penyimpanan internal sebagai RAM tambahan, dan tidak benar-benar menambahkan modul RAM fisik ke perangkat Anda.

Selain itu, penggunaan fitur Extended RAM juga dapat mempengaruhi ruang penyimpanan internal yang tersedia pada perangkat Anda. Jadi, pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup sebelum mengaktifkan fitur ini.

Alternatif untuk Menambah RAM pada Hp Infinix

Ada beberapa alternatif yang dapat Anda coba untuk menambah RAM Hp Infinix Anda, yaitu sebagai berikut:

1. Gunakan aplikasi pengelola RAM

Salah satu cara termudah untuk menambah kinerja RAM Hp Infinix adalah dengan menggunakan aplikasi pengelola RAM. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store yang dapat membantu Anda mengoptimalkan penggunaan RAM pada ponsel Anda. Beberapa contoh aplikasi pengelola RAM yang populer adalah Clean Master, DU Speed Booster, dan CCleaner.

Aplikasi pengelola RAM ini bekerja dengan membersihkan dan menghapus data serta cache yang tidak dibutuhkan oleh aplikasi atau sistem. Dengan membersihkan data dan cache yang tidak perlu, Anda akan memiliki lebih banyak ruang pada RAM untuk menjalankan aplikasi atau game yang Anda inginkan.

2. Membersihkan data dan cache yang tidak dibutuhkan

Selain menggunakan aplikasi pengelola RAM, Anda juga dapat membersihkan data dan cache secara manual untuk meningkatkan kinerja RAM pada Hp Infinix. Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan pada ponsel Anda.
  • Pilih Aplikasi atau Aplikasi & Notifikasi (tergantung pada versi Android yang digunakan).
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan.
  • Pilih opsi Hapus Data atau Hapus Cache.

Dengan membersihkan data dan cache secara teratur, Anda akan mengoptimalkan penggunaan RAM pada ponsel Anda. Pastikan untuk hanya menghapus data dan cache aplikasi yang tidak Anda gunakan secara aktif agar tidak kehilangan data penting.

3. Menonaktifkan aplikasi yang tidak dipakai

Selain membersihkan data dan cache, menonaktifkan aplikasi yang tidak Anda gunakan juga dapat membantu meningkatkan kinerja RAM pada Hp Infinix. Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menggunakan sebagian besar sumber daya sistem, termasuk RAM.

Untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak dipakai, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan pada ponsel Anda.
  • Pilih Aplikasi atau Aplikasi & Notifikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan.
  • Pilih opsi Nonaktifkan atau Hentikan.

Dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak Anda gunakan, Anda akan memiliki lebih banyak RAM yang tersedia untuk menjalankan aplikasi atau game yang Anda inginkan. Pastikan untuk tidak menonaktifkan aplikasi sistem atau aplikasi yang penting untuk ponsel Anda agar tidak mengalami masalah yang lebih serius.

Aplikasi Membersihkan RAM di HP Infinix

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda membersihkan di an sekaligus menambah RAM HP Infinix dan meningkatkan kinerja perangkat Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa aplikasi terbaik untuk membersihkan dan menambah RAM HP Infinix Anda.

1. Clean Master

Clean Master adalah salah satu aplikasi pembersih RAM yang paling populer dan banyak digunakan. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur seperti membersihkan file cache, menghapus file sampah, membersihkan RAM, dan mengoptimalkan kinerja perangkat Anda. Dengan Clean Master, Anda dapat dengan mudah membebaskan ruang penyimpanan dan meningkatkan kecepatan HP Infinix Anda. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang dapat melindungi privasi Anda dengan membersihkan riwayat pencarian dan jejak internet.

2. CCleaner

CCleaner adalah aplikasi pembersih RAM yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur termasuk membersihkan file cache, menghapus file sampah, mempercepat sistem, dan membersihkan RAM. CCleaner juga dilengkapi dengan fitur pemantauan sistem yang memungkinkan Anda melacak penggunaan RAM dan mematikan aplikasi yang tidak perlu. Dengan CCleaner, Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan kinerja HP Infinix Anda dan membuatnya berjalan lebih lancar.

3. Avast Cleanup

Avast Cleanup adalah aplikasi pembersih RAM yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan keamanan terkemuka, Avast. Selain melindungi perangkat Anda dari serangan malware dan virus, Avast Cleanup juga menawarkan fitur pembersihan RAM yang efektif. Aplikasi ini dapat membersihkan file cache, menghapus file sampah, mempercepat sistem, dan meningkatkan kinerja perangkat Anda. Selain itu, Avast Cleanup juga dilengkapi dengan fitur pengoptimalan baterai yang dapat membantu Anda menghemat daya baterai HP Infinix Anda.

4. Norton Clean

Norton Clean adalah aplikasi pembersih RAM yang dikembangkan oleh perusahaan keamanan terkemuka, Norton. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu Anda membersihkan RAM dan meningkatkan kinerja HP Infinix Anda. Norton Clean dapat membersihkan file cache, menghapus file sampah, mempercepat sistem, dan membebaskan ruang penyimpanan. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pemantauan sistem yang memungkinkan Anda melacak penggunaan RAM dan mematikan aplikasi yang tidak perlu. Dengan Norton Clean, Anda dapat dengan mudah menjaga HP Infinix Anda tetap optimal dan responsif.

Dalam memilih aplikasi pembersih RAM untuk HP Infinix Anda, penting untuk mempertimbangkan faktor keamanan. Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan periksa ulasan pengguna sebelum menginstalnya. Selain itu, penting juga untuk tidak terlalu bergantung pada aplikasi pembersih RAM. Sebaiknya, lakukan juga pembersihan manual secara berkala dengan menghapus file yang tidak perlu dan mematikan aplikasi yang tidak digunakan.

Akhir Kata

Dalam artikel ini, kami telah memberikan beberapa opsi yang dapat Anda coba untuk menambah RAM pada Hp Infinix. Namun, perlu diingat bahwa setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu metode tersebut, pastikan untuk melakukan riset lebih lanjut dan mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda.

Pada akhirnya, dapat menjadi langkah yang efektif untuk meningkatkan performa perangkat Anda. Dengan mengikuti metode yang kami bahas dalam artikel ini, Anda dapat merasakan peningkatan dalam kecepatan dan responsifitas perangkat Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Coba salah satu metode tersebut sekarang dan rasakan perbedaannya!

Share: