Dari banyaknya tool di Photoshop, ada yang namanya Brush Tool. Fungsi dari Brush Tool itu sendiri adalah untuk mempermudah pengguna Photoshop, ketika sedang membuat ilustrasi seperti efek air, efek petir, dan efek-efek lainnya. Tetapi apakah semua pengguna photoshop sudah tahu bagaimana cara menambahkan brush di photoshop?

Photoshop secara default sudah mempunyai brush-brush baku, dan kita tinggal menggunakannya. Tapi namanya juga manusia, pasti akan merasakan suatu kebosanan. Bagaimana jika kita bosan dengan brush yang sudah disediakan oleh photoshop?

Jawabannya adalah bisa. Kita bisa memberi tambahan koleksi brush di Photoshop. Brush yang kita tambahkan bisa dari brush yang kita buat sendiri secara manual, dan juga brush yang kita dapatkan dari mengunduh di internet.

Cara Menambahkan Brush di Photoshop! Pemula Langsung Bisa!

cara menambahkan brush di photoshop
cara menambahkan brush di photoshop

Dengan adanya Brush Tool, tentunya akan mempermudah pengguna ketika akan membuat efek suatu desain di Photoshop. Pengguna akan terbantu, karena bisa mempercepat proses desain dibanding membuat efek desain secara manual.

Dan pada artikel ini, penulis akan membahas cara menambahkan brush di photoshop, dari brush yang kita unduhan di internet. Caranya sangat mudah, bahkan pemulapun dipastikan akan langsung bisa membuatnya. Apalagi, saat ini sudah banyak situs yang menyediakan ratusan, bahkan ribuan brush yang bisa kita gunakan secara gratis.

Salah satu website yang menyedikan brush Photoshop secara gratis adalah brusheezy.com. Kita sanggup mengunduh sepuasnya, dengan beragam macam brush yang sesuai dengan keperluan di sana. Bukan hanya brush, web site ini juga nenyediakan beragam macam pilihan Pattern, Texture, Actions, Styles Photoshop.
Untuk mengunduh brush di web Brusheezy caranya juga sangat mudah. Sebagai contoh, penulis akan mengunduh brush Watercolor Splatters. Kamu hanya tinggal klik tombol download itu, dan nanti arsip brush akan tersimpan ke komputer.

Selanjutnya, silakan ekstrak arsip unduhan menggunakan aplikasi Winrar atau yang lainnya. Dan yang kita perlukan dari arsip unduhan di web site Brusheezy adalah arsip ekstensi Abr.

Cara Menambahkan Brush di Photoshop

Karena kita menggunduh dari website Brusheezy, maka file yang kita download tadi yang akan kita tambahkan di photoshop. Dan sepertinya website Brusheezy ini khusus untuk pengguna Photoshop saja.
Pasalnya sejumlah fitur-fitur yang disediakan di website ini, hanya menyediakan pilihan arsip format Psd. Artinya, jika kita mendapatkan format PSD, pasti saja arsip itu bisa kita ubah atau edit kembali di Photoshop sesuai keinginan.

Sebelum penulis lanjut, sebaiknya Kamu pahami dulu jenis arsip dari masing-masing Brush, Pattern, Texture, Actions, Styles, Shapes, & Gradient, yang kita dapatkan dari website Brusheezy. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Brush = Jenis Arsip ABR
Patterns = Jenis Arsip PAT
Texture = Jenis Arsip Jpeg/Adobe Photoshop Image
Actions = Jenis Arsip ATN
Styles = Jenis Arsip ASL
Shapes = Jenis Arsip CSH
Gradients = Jenis Arsip GRD

Masing-Masing jenis arsip di atas, punya tempat atau folder spesifik di Photoshop. Untuk menempatkan arsip jenis itu, silahkan Kamu buka Windows Explorer, sesudah itu Local Disk (C:) klik Program Files ≫ Adobe ≫ Adobe Photoshop Cs6 ≫ Presets. Contoh terhadap artikel ini penulis kenakan Photoshop Cs6.
Nanti, pada folder Presets, Kamu akan melihat beberapa folder, dimana masing-masing folder akan memberi tambahan jenis arsip, seperti Brush. Nah untuk Brush Tool sendiri, silakan Kamu tempatkan ABR Arsip pada folder Brushes.

Cara Memakai Brush Di Photoshop

Sesudah berhasil mendapat arsip brush yang ekstensi ABR, dan juga kita sudah tempatkan di Photoshop, maka langkah selanjutannya adalah mencoba brush. Cara Menambahkan Brush di Photoshop lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Cara Menambahkan Brush di Photoshop yang pertama, bukalah Adobe Photoshop yang terinstall pada Komputer/Laptop Kamu (pada artikel ini, penulis menggunakan Photoshop versi Cs6). Untuk mengaktifkan brush, klik Brush Tool pada Tool Box.
  • Cara Menambahkan Brush di Photoshop yang kedua, ialah pada Property Bar, pilih Brush Preset Picker untuk membuka/melihat pilihan brush.
  • Sesudah itu, maka akan terlihat suatu brush baru sesuai dengan yang kamu unduh tadi, kemudian klik untuk mengaktifkannya.
  • Klik tombol Append untuk menyetujui atas penambahan brush baru, serta supaya berada dan aktif dengan deretan brush lainnya.
  • Sekarang brush sudah sukses ditambahkan, dan sudah siap untuk kita gunakan.
  • Cara Menambahkan Brush di Photoshop yang terkakhir, Klik saja pada pilihan brush yang tampil, mulailah menggambar pada gambar atau objek lainnya, dengan melakukan setting warna Foregorund dulu sebagai penentuan warna brush. Sedangkan untuk memperkecil brush, gunakan tanda [ pada keyboard, dan memperbesar brush gunakan tanda ] pada keyboard.

Dan itulah Cara Menambahkan Brush di Photoshop, beserta cara menggunakannya. Selanjutnya, penulis akan memberikan bocoran tentang situs penyedia brush gratis:

Situs Penyedia Brush Photoshop Gratis

1. WOW Brushes

Situs sederhana dengan berbagai Brush berkualitas tinggi untuk diunduh. Ada juga tautan ke situs web lain yang menawarkan sumber daya Photoshop yang bermanfaat. Brush Photoshop gratis bagus untuk menambahkan dekorasi desain dan membuat tekstur di Photoshop.

Cukup unduh sikat yang Kamu suka dan muatkan ke Photoshop dan Kamu siap digunakan. WOWBrushes memiliki koleksi besar lebih dari 400 Brush Photoshop gratis yang dapat Kamu gunakan untuk proyek pribadi atau komersial.

Banyak Brush Photoshop seperti hiasan, Brush abstrak dan Brush dapat diunduh dan digunakan untuk desain grafis Kamu. Untuk menemukan Brush Photoshop yang Kamu butuhkan, gunakan pencarian sederhana untuk mengurutkan Brush ps Kamu sesuai dengan yang paling banyak diunduh dan terbaru terlebih dahulu.

2. BrushLovers

Situs sumber daya yang komprehensif dengan sistem penilaian yang mudah dan efektif untuk Photoshop. Pengunjung juga dapat melihat Brush terbaru, paling populer atau berperingkat tinggi jika mereka tidak memiliki desain tertentu dalam pikiran.

Apakah Kamu seorang desainer grafis profesional yang mencari cara baru untuk memukau klien Kamu, atau Kamu suka bereksperimen dengan semua yang ditawarkan Photoshop, BrushLovers telah memberi Kamu semua grafis yang Kamu butuhkan untuk bekerja atau bermain.

Koleksi beragam aset grafis BrushLovers selalu berkembang, menjadikan BrushLovers tempat yang ideal untuk menemukan apa yang Kamu butuhkan, apa pun gaya dan ruang lingkup pekerjaan Kamu.

Fitur pencarian lanjutan kita membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk menemukan kuas Photoshop yang sempurna, gaya atau gradien atau tekstur untuk proyek Kamu, atau Kamu dapat menelusuri berdasarkan kategori. Sebagian besar file kita gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial.

3. Photoshop Roadmap

Kumpulan besar kumpulan Brush Photoshop unik yang disusun dan ditata dalam pos terpisah. Mari selami hari ini ke lautan brush yang unik dan indah. Terdapat ratusan ribu set brush photoshop gratis yang tersedia di direktori internet.

Namun, di Photoshop Roadmap para desainer mengumpulkan brush terbaik dengan sangat teliti. Belum lagi bahwa menemukan set yang paling unik atau aneh adalah suatu keharusan.

Dan percayalah, dalam hal ini, ukuran itu penting. Jadi, inilah kontribusi Photoshop Roadmap untuk semua brush Photoshop yang membuat gerombolan desainer dan artis merasa perlu untuk mencobanya, silahkan download brudh gratis sekitar Awesome Photoshop Brushes Resolusi Tinggi di Roadmap.

4. Brushking

Brush cantik dan berpenampilan profesional dikategorikan menurut tema sehingga mudah untuk menemukan apa yang Kamu inginkan secara spesifik. Website ini dibuat oleh seorang pecinta desain, dan menjalankan beberapa situs web di komunitas desain. mereka menyediakan tutorial Photoshop, inspirasi situs web dan inspirasi seni digital.

Brush King menyediakan berbagi Brushes Photoshop gratis, dan berkualitas tinggi untuk Kamu download. Situs ini telah ditampilkan di banyak majalah dan buku dan merupakan salah satu penyedia brush yang paling populer. Jadi penulis harap Kamu akan menemukan apa yang Kamu cari di sini.

5. Q Brushes

Dengan sistem penilaian pengguna pada setiap set Brush, Q Brushes menampilkan klasifikasi jenis Brush yang rapi dan bahkan tag cloud untuk semua konten. Situs web ini dapat menjadi toko serba ada Kamu untuk mengumpulkan Brush berkualitas untuk kebutuhan desain Kamu.
Terdapat lebih dari 2752 brush Photoshop gratis yang bisa Kamu download, ini dikumpulkan dari seluruh internet dengan brush dari berbagai kategori. Situs ini sering diperbarui dengan kuas ps baru, jadi pastikan Kamu untuk selalu mengikutinya untuk mendapatkan brush berkualitas dan unik untuk membantu pekerjaan desain Kamu.

Selesai sudah pembahasan tentang cara menambahkan brush pada photoshop, dan juga beberapa situs penyedia brush gratis di photoshop. Selamat mencoba, dan semoga informasinya bermanfaat!

Share: