Cara mengatasi hp dicas tidak bertambah ada cukup banyak macamnya. Penting bagi setiap pengguna smartphone memahami hal ini, karena sudah menjadi masalah umum. Terlebih lagi bagi mereka yang usia ponselnya sudah cukup lama. Baterai mengalami error ketika dicharge, seperti tidak bertambah. 

Kualitas baterai hp akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Anda bisa mengecek kualitas baterai lewat Pengaturan, kemudian Baterai dan pilih opsi Kesehatan baterai. Disana akan muncul persentase kesehatan baterai, apakah 100%, 80% dan seterusnya.

Jumlah aplikasi yang diinstall, notifikasi, file cache dan pemakaian sehari-hari sangat mempengaruhi kesehatan baterai. Ini bisa juga mempengaruhi saat di charge.

Tanpa basa-basi, begini cara mengatasi hp dicas tidak bertambah sebagai berikut.

Cara Mengatasi Hp Dicas Tidak Bertambah yang Benar

Hp dicas tidak bertambah tentu menjadi masalah yang menjengkelkan bagi setiap orang. Sebab, daya adalah kebutuhan utama agar smartphone tetap hidup.

Jika sampai pengisiannya bermasalah, maka tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Anda perlu mencari solusi terbaik seperti berikut ini:

1. Memeriksa Steker Listrik

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah memeriksa steker listrik. Pastikan sudah tersambung dengan benar ke aliran listrik.

Dalam beberapa kasus, bisa saja aliran listriknya terhapus sehingga baterai tidak bertambah ketika dicas. Kelihatan memang sepele, namun ternyata ini sangat berpengaruh.

2. Memeriksa Lubang Charger

Lubang charger memegang peran yang sangat penting untuk kelancaran pengisian baterai. Lubang charger biasanya mengalami error karena kemasukan air. Air yang masuk kedalamnya membuat salah satu komponen tidak bisa berfungsi dengan normal.

Selain air, lubang charger rusak bisa juga disebabkan oleh serat atau pin yang bengkok dan patah. Solusinya adalah membersihkan lubang charger tersebut sampai benar-benar bersih.

Lubang charger yang terbebas dari kotoran membuat pengisian baterai berjalan dengan lancar. Untuk membersihkan lubang charger, Anda bisa memakai beberapa alat seperti kompresor udara, sikat kecil, kapas telinga dan selotip.

3. Selalu Gunakan Charger Original

Cara mengatasi hp dicas tidak bertambah berikutnya adalah selalu menggunakan charger original dan bukan KW. Mungkin Anda berpikir bahwa hal seperti ini tidak menimbulkan efek negatif apa-apa. Padahal, charger KW bisa menurunkan kualitas baterai ponsel Anda.

Sementara itu, charge original didesain khusus agar sesuai sistem pengecasan baterai hp. Output yang dimilikinya sudah sesuai spesifikasi ponsel. Sehingga, kesehatan baterai selalu terjaga.

Jika charger original bawaan hp Anda hilang, maka bisa membeli di marketplace atau konter terdekat. Tidak masalah apabila harus mengeluarkan biaya mahal, asalkan aman digunakan.

4. Pastikan Kabel dan Kepala Charger dalam Kondisi Baik

Kedua komponen ini tidak boleh ada yang rusak salah satu, namun semua harus berfungsi dengan baik. Jika salah satunya error, maka yang terjadi adalah baterai tidak bisa bertambah atau justru berkurang.

Anda bisa mengganti kepala charger terlebih dahulu, namun menggunakan kabel charger yang sama. Jika tidak berubah, maka bisa mengganti kabel charger tersebut.

Apabila masih belum bertambah ketika dipakai ngecas hp, maka Anda harus mengganti keduanya.

5. Coba Memakai Charge Lain

Jangan buru-buru membawa hp ke tukang service ketika dicas tidak bisa penuh, sebaiknya Anda mencoba charger lain terlebih dahulu. Siapa tahu yang bermasalah bukan hardware pada lubang pengisian daya, melainkan chargernya.

Jika charger lain masih menunjukkan hasil yang sama, barulah kemudian Anda bisa membawa ke tukang service untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kondisi ini menandakan bahwa ada kerusakan pada komponen hardware yang perlu penanganan lebih lanjut.

6. Restart Hp

Pengisian daya yang bermasalah bisa jadi disebabkan oleh sistem hp error. Nah, salah sagu cara paling mudah untuk menyegarkan kembali sistem di hp adalah restart. Ini akan membantu mengatasi masalah-masalah kecil yang belum terlalu serius, bisa jadi hp dicas tidak bertambah.

Untuk me-restart hp atau memulai ulang, Anda hanya perlu menekan dan menahan tombol power. Kemudian klik Reboot, maka hp otomatis memulai ulang dan menyegarkan sistemnya.

Sistem yang sudah kembali segar bisa menyelesaikan berbagai kemungkinan bug. Salah satunya adalah kesulitan pada saat pengisian baterai dan tidak bisa bertambah.

6. Segera Charger Baterai Jika Sudah 20%

Hp dicas tidak bertambah bisa saja disebabkan oleh kesehatan baterai yang memang sudah jelek. Salah satu kebiasaan yang harus dihilangkan adalah mengecas baterai ketika sudah dibawah 20%.

Ingatlah untuk selalu mencharge baterai ketika sudah 21%, pokoknya jangan sampai dibawah 20%. Dengan kebiasaan seperti ini, kesehatan baterai Anda tetap terjaga baik.

Apabila Anda terbiasa mencharge baterai kurang dari 20%, maka kondisinya akan memburuk seiring berjalannya waktu.

7. Tidak Perlu Mengisi Daya Sampai 100%

Anda pasti ingin kondisi baterai selalu prima seperti pertama kali beli bukan? Selain awet, baterai juga mudah dicharge. Mungkin banyak diantara Anda yang belum tahu bahwa mencharge baterai hp sampai 100% tidak perlu dilakukan setiap hari. Anda boleh melakukannya 1 bulan sekali.

Pengisian baterai yang direkomendasikan sehari-hari adalah cukup sampai batas 80%-90%. Model pengisian baterai seperti ini justru baik untuk performa baterai Anda dalam jangka panjang.

Satu lagi kebiasaan yang sebaiknya dihindari adalah jangan mencharge baterai sambil tidur. Sebab, ketika Anda ketiduran colokan tidak terputus sampai terbangun keesokan harinya.

Pengisian baterai sampai penuh tidak selalu baik untuk kesehatan dan performa baterai jangka panjang. Mulai sekarang Anda hanya perlu mengisi baterai sampai 85% saja, itu sudah cukup.

8. Mengisi Baterai dalam Kondisi Mati

Jika semua tips diatas masih belum mengubah baterai Anda, coba deh mengisinya dalam kondisi mati. Nonaktifkan daya di ponsel Anda atau mengaktifkan mode pesawat.

Ini membuat pengisian baterai lebih efektif dan efisien. Sebab, tidak ada beban kerja apapun selama proses pengisian berlangsung.

9. Update OS

OS Android bisa mempengaruhi performa dan fungsi hp secara keseluruhan. Jika Anda masih menggunakan versi lama, maka ada kemungkinan bahwa error tersebut mengakibatkan proses pengisian daya menjadi tidak lancar.

Ketika hp dicas tidak bertambah, coba deh untuk mengupdate OS ke versi terbaru. Versi lebih baru ini biasanya akan memperbaiki bug sistem pada versi sebelumnya.

Untuk update OS ke versi terbaru, Anda bisa menyesuaikan menurut versi ponsel masing-masing.

10. Mengganti Baterai

Cara mengatasi hp dicas tidak bertambah berikutnya adalah mengganti baterai. Sebab, bisa saja masalah tersebut disebabkan oleh baterai yang kualitasnya sudah buruk. Sehingga, bagaimanapun Anda menggonta-ganti charge hasilnya tetap sama.

Jika setelah mempraktekkan sepuluh cara mengatasi hp dicas tidak bertambah diatas masih belum membuahkan hasil, Anda perlu membawa ke tukang service.

Bawalah ponsel ke tukang service untuk mengetahui secara pasti apa permasalahannya dan bagaimana solusi terbaik yang harus dilakukan.

Entah itu harus mengganti IC cas, mengganti baterai atau solusi lainnya. Mereka lebih paham mengenai langkah yang sebaiknya dilakukan. Semoga bisa menjadi referensi bermanfaat bagi Anda.

Share: