Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total – Salah satu problem HP Xiaomi adalah tiba-tiba mati total, sama sekali tidak bisa dinyalakan. Namun tak perlu khawatir lagi, karena saat ini ada Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total yang mudah untuk Anda praktikkan ketika terjadi yang demikian.

Tak hanya HP Xiaomi, rata-rata HP Android memang memiliki resiko terjadinya mati total. Penyebab yang sering terjadi adalah baterai HP Xiaomi yang terlanjur benar-benar kosong atau habis.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total
Cara Mengatasi HP Xiaomi Matot

Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total Tidak Bisa Dicharge

Biasanya kondisi HP menunjukkan lampu LED hidup namun tidak sanggup mengisi daya baterai. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, sebagai berikut:

1. Cek Pada Bagian Baterai

Ketika insiden HP Xiaomi mati total maka yang pertama harus dilakukan adalah mengecek bagian baterainya. Kini HP Xiaomi memiliki dua jenis baterai yaitu baterai removable dan non removable (sering dikenal sebagai baterai tanam).

Gunakan alat multitester untuk memastikan kondisi baterai apakah masih dalam kondisi baik atau tidak.

2. Cek Juga Stop Kontak Listrik

Selain mengecek baterai, sebaiknya cek juga stop kontak listrik. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan arus listrik yang ada memiliki aliran yang baik.

Gunakan alat pengecekan yang layak dan berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal di luar dugaan.

3. Charger Tidak Dalam Kondisi Rusak

Jika HP Xiaomi tidak bisa dicharge, cek juga charger yang digunakan barangkali mengalami kerusakan atau tidaka. Gunakan charger lain untuk mencoba mengisi daya.

Kemungkinan daya baterai tidak masuk bisa berasal dari kerusakan charger atau kabel datanya.

4. Melepas Komponen HP Xiaomi

Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total sebenarnya susah-susah gampang, namun ketika terjadi problem tersebut bisa mencoba melepaskan komponen HP. Mulai dari baterai, Micro SD, SIM Card dan beberapa komponen lainnya.

Kemudian tunggu kurang lebih selama 20 menit, pasang kembali dan lihatlah perubahan yang terjadi. Ketika menyala bisa juga melakukan flashing melalui recovery mode.

5. Menyambungkan HP Ke PC Menggunakan USB

Langkah lain untuk mengatasi HP Xiaomi mati total bisa dengan menggunakan cara sebagai berikut:

  • Lepaskan beberapa komponen HP seperti baterai, SIM Card dan MicroSD.
  • Selanjutnya tekan tombol power, volume up dan down secara bersamaan. Perhatikan hingga terdengar bunyi beep pada komputer.
  • Ketiga tombol tersebut bisa ditekan dan ditahan minimal 2-3 menit jika tidak terdengar bunyi apa-apa.
  • Jika berhasil, pasang kembali baterai dan lakukan flashing.

Masih ada cara lain untuk mengatasi problem di atas, Anda bisa mencobanya dengan memahami langkahnya terlebih dahulu.

6. Nonaktifkan Fitur “Automatic Brightness.

Terdapat kondisi SOD atau Sleep of Death Bug, kondisi dimana perangkat standby namun layar tetap hitam, hanya lampu indikator yang menyala. Cara untuk menonaktifkannya yaitu:

  • Masuk ke bagian setting.
  • Kemudian pilih Display dan selanjutnya Brightness.
  • Langsung matikan fitur Automatic Brightness atau klik tombol on-off.

Kondisi ini bisa terjadi pada HP Xiaomi atau Android pada umumnya secara tiba-tiba.

7. Update Firmware

Terakhir, Anda bisa melakukan update firmware ke versi yang lebih baru. Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total ini alasannya karena tidak sanggup dihidupkan kembali. Langkahnya yaitu cukup sederhana:

  • Pilih menu setting.
  • Kemudian lanjut ke About Phone.
  • Dan terakhir System Update.

Kondisinya tetap sama meskipun sudah dilakukan update, itu artinya Anda harus menghapus data dan cache. Lakukan flashing firmwarenya agar HP Xiaomi bisa kembali digunakan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hp Xiaomi Fastboot

Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Total dengan beberapa langkah di atas. Jangan memaksakan jika Anda kurang mengerti seluk beluk service HP Xiaomi.

Share:

Tags:

Tinggalkan komentar