Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Tidak Bisa Di Cas – HP Xiaomi sebenarnya cukup bandel karena dilengkapi dengan komponen yang handal. Namun tetap saja kadang tidak bisa dicas, tiba-tiba tidak terisi baterainya. Untuk itu Anda perlu mengetahui Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Tidak Bisa Di Cas.

Ada banyak penyebab yang membuat HP Xiaomi tidak bisa dicharge. Misalnya charger yang tidak ori, kabel USB juga yang tidak ori bisa membuat HP Xiaomi tidak bisa dicas.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Tidak Bisa Di Cas
Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Tidak Bisa Di Cas

Port USB yang bermasalah juga bisa menjadi penyebabnya, ditambah lagi bisa karena memang baterainya sudah mengalami kerusakan.

Beberapa Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Tidak Bisa Di Cas

Untuk itu ada beberapa cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan, bahkan cukup mudah dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Dengan Melepaskan Baterai

Beberapa problem dalam perangkat atau komponen pada HP Xiaomi bisa membuat baterai tidak bisa di cas. Baik disengaja atau tidak misalnya karena terbanting, jatuh atau kena tekanan.

Solusi sederhananya yakni dengan melepaskan baterai, MicroSD (jika memakainya) dan SIM Card. Lepaskan selama kurang lebih 20-30 menit, meskipun pada umumnya baterai Xiaomi menggunakan jenis baterai tanam.

Tujuan melepaskan baterai adalah agar arus listrik dari baterai ke HP sementara diputuskan terlebih dahulu. Pasangkan kembali setelah 30 menit itu, silahkan coba untuk dicas.

2. Dengan Membersihkan Port USB

Kendala pada Port USB atau lubang untuk cas bisa menyebabkan HP Xiaomi tidak bisa dicas. Apalagi jika kondisinya kotor dan tembaga kuning emasnya tidak pernah dibersihkan dari debu.

Untuk itu bersihkan terlebih dahulu agar tidak menghambat peredaran daya listrik dari baterai ke HP. Gunakan cotton bud, kuas atau benda lain yang bisa menjangkau lubang Port USB tersebut.

3. Melakukan Update System Android

Tak bisa dipungkiri lagi, bug pada sistem android seringkali menyebabkan HP Xiaomi tidak bisa dicas.

Untuk itu diperlukan update sistem android secara berkala, ini merupakan salah satu Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Tidak Bisa Di Cas. Tidak semua HP bisa melakukan Update secara otomatis karena bisa menguras kuota data.

Maka berikut ini langkah melakukan update sistem Android secara manual,

  • Masuklah ke menu settings atau pengaturan, ditunjukkan dengan ikon gerigi (jika belum mengetahuinya).
  • Pilih About Phone.
  • Klik System Updates, dan HP Xiaomi akan segera melakukan update.

Masih ada cara lain untuk mengatasi HP Xiaomi yang tidak bisa dicas, bagaimana cara lainnya?

4. Dengan Melakukan Reset Pabrik

Ketika cara-cara di atas tidak ampuh, cara terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan Reset Pabrik. Mungkin saja ada kesalahan dari Android itu sendiri, apalagi jika Anda melakukan custom ROM pada HP Xiaomi.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Tidak Bisa Di Cas terakhir ini terbilang ampuh mengatasi problem yang sedang Anda hadapi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu setting atau setelan terlebih dahulu.
  • Kemudian pilih buat cadangan dan setel ulang, atau Anda akan menemukan “backup and reset).
  • Selanjutnya pilih Kembali ke pengaturan publik atau Factory data reset.

Karena resikonya kehilangan seluruh data yang ada dalam memori HP Xiaomi, maka sangat penting untuk melakukan backup semua data terlebih dahulu.

Itulah bagaimana Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Tidak Bisa Di Cas, cobalah langkah-langkah di atas dengan berhati-hati. Jika masih tidak bisa diatasi, kemungkinan besarnya adalah memang baterainya sudah rusak.

Share:

Tags:

Tinggalkan komentar