Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Lemot Dengan Setting DNS – Apakah kamu sering mengalami masalah jaringan yang lemot saat menggunakan provider Smartfren? Jika iya, jangan khawatir karena kamu tidak sendirian. Banyak pengguna Smartfren yang menghadapi masalah yang sama. Namun, ada solusi sederhana yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah jaringan yang lemot ini, yaitu dengan melakukan setting DNS.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi jaringan Smartfren yang lemot dengan setting DNS, mari kita bahas terlebih dahulu. DNS adalah singkatan dari Domain Name Server, yang berfungsi untuk menerjemahkan alamat IP menjadi nama domain yang lebih mudah diingat. Dalam hal ini, kita akan menggunakan DNS alternatif yang dapat membantu mempercepat koneksi internet Smartfren.

Baca Juga: Daftar APN XL Tercepat

Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Lemot Dengan Setting DNS

Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Lemot Dengan Setting DNS

Berikut ini panduan langkah-langkah cara setting DNS Smartfren agar tidak lemot:

1. Buka Pengaturan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka pengaturan jaringan di perangkatmu. Pada smartphone Android, kamu dapat membukanya melalui menu “Pengaturan” dan kemudian pilih “Jaringan dan Internet”. Setelah itu, pilih “Wi-Fi & Internet” dan cari opsi “Wi-Fi”. Jika kamu menggunakan koneksi data seluler, kamu juga dapat mencari opsi “Seluler” atau “Jaringan Seluler”.

2. Pilih Opsi DNS

Setelah membuka pengaturan jaringan, kamu perlu mencari opsi “DNS” atau “Nama Server”. Pada beberapa perangkat, opsi ini mungkin tersembunyi di dalam menu “Lainnya” atau “Lain-lain”. Jika kamu tidak dapat menemukan opsi tersebut, kamu dapat menggunakan fitur pencarian di pengaturan untuk mencarinya.

3. Pilih opsi DNS Manual

Setelah menemukan opsi “DNS” atau “Nama Server”, kamu dapat mengklik atau menyentuhnya untuk mengubah pengaturan DNS. Pilih opsi “Manual” atau “Custom” dan masukkan DNS alternatif yang ingin kamu gunakan. Ada beberapa DNS alternatif yang dapat kamu coba, seperti Google DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) atau Cloudflare DNS 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com (1.1.1.1 dan 1.0.0.1).

4. Simpan DNS

Setelah memasukkan DNS alternatif, simpan pengaturanmu dan tunggu beberapa saat agar perubahan dapat diterapkan. Setelah itu, coba untuk mengakses internet menggunakan jaringan Smartfren dan lihat apakah koneksi internetmu menjadi lebih cepat.

Tips Mengoptimalkan Koneksi Internet Smartfren

Selain melakukan setting DNS, ada beberapa tips tambahan yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan koneksi internet Smartfren.

  1. Pertama, pastikan kamu berada di area dengan sinyal yang kuat. Jika sinyal Smartfren di daerahmu lemah, kamu mungkin akan menghadapi masalah jaringan yang lemot. Cobalah untuk mencari tempat yang memiliki sinyal yang lebih baik atau menggunakan perangkat penguat sinyal jika perlu.
  2. Selanjutnya, pastikan tidak ada aplikasi atau layanan yang menggunakan koneksi internet secara berlebihan. Beberapa aplikasi atau layanan yang berjalan di latar belakang dapat menghabiskan bandwidth dan memperlambat koneksi internetmu. Coba tutup atau hentikan aplikasi yang tidak kamu gunakan untuk mengoptimalkan koneksi internetmu.
  3. Selain itu, kamu juga dapat mencoba untuk menghapus cache dan data aplikasi yang tidak perlu. Cache dan data yang terakumulasi dari penggunaan aplikasi dapat mempengaruhi kinerja jaringanmu. Hapus cache dan data aplikasi secara berkala untuk menjaga kinerja jaringanmu tetap optimal.
  4. Terakhir, kamu dapat mencoba untuk menghubungi layanan pelanggan Smartfren jika masalah jaringan yang lemot ini masih berlanjut. Mereka dapat memberikan bantuan lebih lanjut dan memeriksa apakah ada masalah teknis dengan jaringanmu.

Dalam artikel Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Lemot Dengan Setting DNS, kita telah membahas cara mengatasi jaringan Smartfren yang lemot dengan melakukan setting DNS. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat mempercepat koneksi internetmu dan menghindari masalah jaringan yang lemot. Selamat mencoba!

Share:

Tags: