Cara Mengatasi Keyboard Error Pada HP Xiaomi – Biasanya error pada keyboard dikarenakan ada bug pada system atau penyebab lainnya yang lebih berpengaruh. Cara mengatasi keyboard error pada HP Xiaomi pada dasarnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di Rumah.

Jika HP zaman dlu menggunakan keypad, kini lebih banyak yang menggunakan mode layar sentuh keyboard. Memang lebih memudahkan untuk melakukan kegiatan seperti SMS, chatting, menulis catatan hingga browsing.

5 Cara Mengatasi Keyboard Error Pada HP Xiaomi
Cara Mengatasi Keyboard Error Pada HP Xiaomi

Meskipun begitu, tetap saja aplikasi keyboard seringkali mengalami error.

5 Cara Mengatasi Keyboard Error Pada HP Xiaomi

Ada Beberapa Cara Mengatasi Keyboard Error Pada HP Xiaomi. Salah satu penyebab error mungkin dari penumpukan file sampah, service system dan aplikasi yang tidak berjalan lancar atau kena bug.

1. Dengan Melakukan Restart HP Xiaomi

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, mungkin saja service sistem dan aplikasi keyboard tidak berjalan. Maka Anda bisa melakukan cara sederhana dengan melakukan restart atau reboot HP Xiaomi Anda.

Setelah restart dijalankan, coba buka kolom penulisan pesan atau teks. Ketika keyboard masih error atau tidak muncul, sebaiknya update aplikasi keyboard ke versi terbaru.

2. Dengan Melakukan Update Aplikasi Keyboard

Mungkin keyboard mengalami error karena adanya bug pada aplikasi, untuk itu lakukan update agar bug segera hilang.

Tidak hanya itu, update apllikasi juga tujuannya untuk meningkatkan performa, stabilitas dan fitur. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Buka Google Play Store di HP Xiaomi Anda dengan mudah. Kemudian Pilih Aplikasi & Game untuk mencari aplikasi keyboard.
  • Temukan dan pilih aplikasi keyboard yang Anda gunakan.
  • Ketuk Update, kemudian tunggu hingga proses update berjalan lancar dan selesai.

Bagaimana? Mudah bukan?

3. Dengan Menghapus Data Aplikasi

Cara Mengatasi Keyboard Error Pada HP Xiaomi dengan update aplikasi ternyata tidak berhasil, maka bisa coba dengan menghapus data aplikasi keyboard. Namun semua preferensi, setelan keyboard, basis data dan cache akan terhapus.

Untuk melakukannya perhatikan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu Setting atau pengaturan pada HP Xiaomi Anda.
  • Kemudian Pilih Kelola Aplikasi, nanti temukan dan pilih aplikasi keyboard yang digunakan.
  • Selanjutnya Pilih Hapus Data, lakukan konfirmasi dengan Hapus Semua Data.

Proses menghapus data aplikasi selesai, Anda bisa menginstall kembali aplikasi keyboard yang lebih baik.

4. Menggunakan Aplikasi Keyboard Lain

Ketika semua cara di atas masih saja tidak membuahkan hasil, Anda tidak perlu putus asa. Sebaiknya gunakan aplikasi keyboard lain dengan mengunduhnya di Playstore.

Cari aplikasi yang benar-benar bagus, Anda bisa melihatnya melalui rating atau reviewa dari orang-orang yang telah mengunduhnya. Alternatif yang bisa digunakan untuk Cara Mengatasi Keyboard Error Pada HP Xiaomi adalah Microsoft SwiftKey.

Aplikasi ini menampilkan kesan yang fungsional sebagaimana Gboard, sederhana dan mudah digunakan.

5. Dengan Hard Reset HP Xiaomi

Cara yang terakhir ini dilakukan apabila mengalami masalah keyboard error dimana kondisi HP dalam keadaan terkunci dengan PIN atau kata sandi. Kondisi tersebut tentu membuat Anda tidak bisa membuka kunci dan HP Xiaomi.

Nah untuk mencoba mengembalikan HP ke setelan pabrik, Anda bisa melakukan Hard Reset melalui Recovery Mode.

  • Tekan Tombol Power dan Volume Up secara bersamaan hingga muncul Logo MI. Otomatis akan ada opsi menu Recovery Mode Xiaomi.
  • Pilih Wipe Data/Factory Reset. Selanjutnya pilih Wipe All Data. Konfirmasi juga dengan memilih YES.
  • Tunggu proses Hard Reset hingga selesai dan berhasil.

Perlu diingat untuk membackup terlebih dahulu semua data yang ada kemudian pastikan baterai dalam keaadan cukup, minimal 50% saja.

Mencoba Cara Mengatasi Keyboard Error Pada HP Xiaomi memang mudah, namun selalu ada resiko yang harus Anda tanggung sendiri.

Share:

Tinggalkan komentar