Cara Mengatasi Keyboard HP Xiaomi Lemot – Misalnya kamu sedang mengetik pesan untuk pasangan atau teman kamu, tiba-tiba keyboard jadi lemot, menyebalkan bukan? Nah agar hal tersebut tidak terjadi maka gunakan Cara Mengatasi Keyboard HP Xiaomi Lemot di bawah ini.

Selain keyboard biasa, banyak juga yang menggunakan aplikasi Google Keyboard sebab dianggap lebih bagus. Namun tetap saja kadang G-board juga mengalami error hingga menyebabkan lemot.

Cara Mengatasi Keyboard HP Xiaomi Lemot
Cara Mengatasi Keyboard HP Xiaomi Lemot

Berikut Ini Cara Mengatasi Keyboard HP Xiaomi Lemot Dengan Sederhana

Selalu pastikan keyboard bisa digunakan dengan lancar, tidak lemot saat mengetik. Cara-cara yang akan Penulis sajikan relatif mudah dipraktikkan, tidak percaya? Buktikan sendiri cara-caranya di bawah ini.

1. Menghapus Cache Aplikasi

Di satu sisi cache ini bisa membantu kamu ketika menggunakan browser. Tetapi di sisi lain juga bisa mempengaruhi performa HP Xiaomi kamu, salah satunya memenuhi memori internal.

Tak hanya itu cache yang menumpuk juga bisa mempengaruhi performa keyboard saat mengetik. Menghapus file cache akan mengembalikan kondisi memori ke semula, jadi lebih ringan.

Cara yang lebih mudahnya bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan memori cache pada aplikasi yang terinstall. Silahkan download dan install di Playstore seperti aplikasi CCleaner atau AVG Cleaner.

2. Dengan Mematikan Fitur Koreksi Otomatis

Koreksi otomatis keyboard hidup? Nah bagi pengguna yang tidak ingin keyboard-nya lemot sebaiknya dimatikan saja fitur koreksi otomatisnya.

Kinerja keyboard Android menjadi lebih berat ketika fitur tersebut hidup karena setiap kata yang kamu ketikkan terus dikoreksi. Langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke keyboard & masukan.
  • Kemudian pilih keyboard virtual.
  • Selanjutnya pilih juga aplikasi keyboard yang digunakan.
  • Matikan strip saran agar koreksi otomatis tidak muncul lagi.

Cara Mengatasi Keyboard HP Xiaomi Lemot dengan mematikan fitur koreksi otomatis sangatlah mudah untuk dilakukan.

3. Periksa Aplikasi Terinstall

Apa saja aplikasi pihak ketiga yang sudah kamu install? Sebaiknya periksa satu per satu untuk menemukan aplikasi yang dianggap mencurigakan. Artinya aplikasi tersebut tetap berjalan meskipun kamu tidak membukanya.

Aplikasi semacam ini akan menambah beban berat terhadap kinerja HP Xiaomi menjadi semakin lemot, termasuk performa keyboardnya.

Uninstall aplikasi yang memakan daya baterai karena berjalan di belakang layar. Kemudian aplikasi yang sudah tidak digunakan juga sebaiknya diuninstall agar Cara Mengatasi Keyboard HP Xiaomi Lemot berjalan optimal.

4. Gunakan Aplikasi Keyboard Bawaan Saja

Biasanya banyak pengguna HP Xiaomi yang sengaja download aplikasi keyboard di Play Store. Tujuannya agar lebih keren dan menggantikan keyboard bawaan dari HP itu sendiri.

Meskipun menawarkan berbagai kelebihan seperti pengaturan tema dan fitur lainnya, aplikasi pihak ketiga ini kadang memiliki bug. Sehingga aplikasi keyboard menjadi error dan lemot ketika digunakan dengan intensitas yang lebih sering.

Baca Juga: Mengatasi Keyboard HP Oppo Lemot

Keyboard bawaan sudah barang tentu diopimalisasi oleh produsen HP Xiaomi sehingga jauh lebih ringan ketika digunakan.

5. Melakukan Reset Data ke Pengaturan Pabrik

Bisa terbilang cara ini yang paling ampuh agar keyboard kembali berjalan lancar. Sayangnya semua data yang kamu miliki akan terhapus atau hilang, apalagi jika tidak melakukan backup data.

Kelebihannya HP Xiaomi kembali ke pengaturan pabrik alias menjadi baru kembali sebelum dilengkapi oleh berbagai aplikasi.

  • Buka menu pengaturan atau ikon gerigi.
  • Kemudian ketuk factory reset pada bagian bawah menu personal data.
  • Tekan reset phone nanti langsung muncul peringatan bahwa data akan terhapus dari penyimpanan.
  • Ketika HP Xiaomi kamu selesai melakukan proses reset, jangan lupa untuk restart terlebih dahulu.
  • Cek kembali keyboard HP kamu, apakah Cara Mengatasi Keyboard HP Xiaomi Lemot ini sudah berhasil?

Demikian untuk artikel mengenai Cara Mengatasi Keyboard HP Xiaomi Lemot. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Share:

Tags:

Tinggalkan komentar