Cara Mengirim Uang Lewat Western UnionKirim uang lewat Western Union telah menjadi salah satu metode yang populer dan mudah untuk mengirim uang ke Indonesia atau ke luar negeri. Dengan layanan ini, Anda dapat dengan cepat dan aman mengirim uang kepada orang-orang terkasih Anda di tempat-tempat yang jauh.

Mengirim uang ke orang lain di tempat yang jauh bukanlah tugas yang mudah. Namun, dengan Western Union, Anda dapat dengan mudah mengirim uang ke siapa pun di seluruh dunia.

Apa itu Western Union?

Apa itu Western Union?Western Union adalah salah satu layanan transfer uang internasional terbesar di dunia. Dengan Western Union, Anda dapat mengirim uang ke hampir ke semua negara di seluruh dunia dengan mudah dan cepat. Tidak heran jika Western Union menjadi pilihan favorit bagi banyak orang yang ingin mengirim uang ke keluarga, teman, atau bahkan untuk keperluan bisnis.

Western Union merupakan perusahaan yang telah beroperasi selama lebih dari 160 tahun. Misi utama mereka adalah untuk memberikan solusi transfer uang yang aman dan cepat bagi masyarakat global. Western Union memiliki jaringan luas yang mencakup lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima uang di hampir setiap sudut dunia.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Dari Luar Negeri Ke Indonesia

Keunggulan Western Union

Western Union adalah sebuah layanan kirim uang yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jasa pengiriman uang lokal. Meskipun fungsinya hampir mirip dengan bank lokal, Western Union memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik bagi banyak orang. Adapun beberapa keunggulan Western Union yaitu sebagai berikut.

1. Prosesnya sangat cepat

Salah satu keunggulan utama Western Union adalah prosesnya yang sangat cepat. Ketika Anda mengirim uang lewat Western Union, uang tersebut dapat diterima oleh penerima hanya dalam hitungan menit. Hal ini sangat menguntungkan jika Anda membutuhkan pengiriman uang yang cepat, misalnya dalam situasi darurat atau ketika Anda ingin membantu keluarga atau teman yang membutuhkan uang dengan segera.

2. Aman dan juga tepercaya

Keunggulan lain dari Western Union adalah keamanan dan kepercayaannya. Western Union telah lama menjadi pemain utama dalam industri pengiriman uang dan telah membangun reputasi yang solid dalam hal keamanan dan kepercayaan. Dengan menggunakan Western Union, Anda dapat yakin bahwa uang yang Anda kirim akan sampai ke tangan penerima dengan aman dan terjamin.

3. Tidak ada batasan nominal uang yang ingin dikirim

Selain itu, Western Union juga tidak memiliki batasan nominal uang yang ingin Anda kirim. Anda dapat mengirim jumlah uang apa pun melalui Western Union, baik itu berjumlah kecil atau besar. Hal ini sangat menguntungkan jika Anda perlu mengirim uang dalam jumlah yang besar, misalnya untuk membayar biaya pendidikan atau membeli properti di luar negeri.

4. Tidak perlu memakai nomor rekening

Keunggulan lain dari Western Union adalah Anda tidak perlu memiliki nomor rekening untuk mengirim uang lewat Western Union. Anda hanya perlu mengunjungi salah satu kantor Western Union yang tersebar di seluruh dunia dan mengisi formulir pengiriman uang. Ini sangat bermanfaat jika Anda atau penerima tidak memiliki rekening bank atau jika Anda ingin mengirim uang ke negara yang tidak memiliki jaringan perbankan yang baik.

5. Kantor tersebar di seluruh dunia

Western Union juga memiliki kantor yang tersebar di seluruh dunia. Hal ini membuatnya sangat mudah diakses oleh banyak orang di berbagai negara. Anda dapat dengan mudah menemukan kantor Western Union di kota-kota besar di seluruh dunia, sehingga memudahkan Anda untuk mengirim uang ke orang-orang tercinta di luar negeri.

6. Biaya dibebankan hanya pada pengirim saja

Selain itu, biaya pengiriman uang melalui Western Union hanya dibebankan pada pengirim saja. Artinya, penerima tidak perlu membayar biaya tambahan untuk menerima uang yang dikirimkan. Hal ini menjadikan Western Union sebagai pilihan yang lebih ekonomis dibandingkan dengan jasa pengiriman uang lainnya yang mungkin membebankan biaya pada kedua belah pihak.

Fitur Western Union

Fitur Western Union

Selain keunggulan yang sudah disebutkan di atas, Western Union juga memiliki fitur menarik yang ditawarkan untuk para penggunanya. Adapun fitur-fitur unggulan pada Western Union yaitu sebagai berikut.

1. Will Call

Fitur ini memungkinkan pengirim mengirim uang kepada individu sebagai penerima, bukan kepada badan usaha. Hal ini sangat berguna ketika Anda ingin mengirim uang kepada teman atau keluarga yang membutuhkannya dengan cepat. Penerima dapat mengambil uang tersebut di lokasi Western Union terdekat dengan menggunakan kode unik yang diberikan oleh pengirim.

2. Quick Play

Fitur ini memungkinkan pengiriman uang dilakukan kepada badan usaha. Jadi, jika Anda perlu membayar tagihan atau mengirim pembayaran kepada perusahaan, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan transaksi dengan mudah. Western Union bekerja sama dengan berbagai perusahaan untuk memastikan pembayaran Anda sampai tepat waktu.

3. Pengiriman berita

Western Union tidak hanya memungkinkan pengguna untuk mengirim uang, tetapi juga berita. Anda dapat mengirim pesan kepada penerima bersama dengan uang yang dikirimkan. Ini dapat menjadi cara yang baik untuk mengirim dukungan atau pesan penting kepada orang yang Anda kirimkan uang.

4. Quesioner test

Western Union juga menawarkan fitur unik yang disebut kuesioner test. Fitur ini memungkinkan pengirim untuk mengirim uang kepada penerima hanya setelah penerima menjawab beberapa pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya. Fitur ini memberikan tingkat keamanan tambahan dan memastikan bahwa uang hanya dikirim kepada orang yang tepat.

5. Pengiriman uang ke rumah

Jika penerima tidak dapat mengambil uang di lokasi Western Union, Anda masih dapat mengirimkannya dengan menggunakan fitur pengiriman uang ke rumah. Western Union akan mengirimkan uang tersebut langsung ke alamat yang Anda berikan. Ini sangat berguna jika penerima berada di daerah yang sulit dijangkau atau jika mereka tidak memiliki akses ke lokasi Western Union terdekat.

6. Notifikasi melalui telepon

Western Union memahami bahwa informasi yang cepat dan akurat sangat penting dalam proses pengiriman uang. Oleh karena itu, mereka menyediakan fitur notifikasi melalui telepon. Anda akan menerima pemberitahuan melalui pesan teks atau panggilan telepon ketika uang Anda telah diterima oleh penerima. Ini memberi Anda kepastian bahwa uang telah sampai dengan aman.

Baca Juga: Apa itu Tabungan Giro? Jenis, Karakteristik, dan Keuntungannya

Kantor Perwakilan Western Union

Kantor Perwakilan Western Union

Layanan Western Union dapat kamu temui di berbagai kantor di Indonesia, yaitu sebagai berikut.

  1. Kantor Pos
  2. Tiki
  3. Bank BRI
  4. Bank Mandiri
  5. Bank Syariah Indonesia
  6. Bank Niaga
  7. Dan lain-lain

Cara Mengirim Uang Lewat Western UnionCara Mengirim Uang Lewat Western Union, Kirim uang lewat Western Union ke rekening bank,Cara mengambil uang Western Union di bank BRI,Contoh formulir pengiriman uang Western Union,Cara mengambil uang Western Union di bank BCA,Cara mengirim uang lewat Western Union dari luar negeri,Cara transfer Western Union ke BCA,Cara menerima uang dari Western Union,Cara mengambil uang di Western Union online,Cara mengirim uang lewat Western Union online,Biaya kirim uang lewat Western Union ke luar negeri,Bukti pengiriman Western Union,Bukti Transfer Western Union Online.

Berikut ini panduan langkah demi langkah cara mengirim uang lewat Western Union ke luar negeri maupun ke Indonesia:

1. Datangi kantor Western Union atau kantor perwakilannya

Langkah pertama untuk cara mengirim uang lewat Western Union adalah datangi kantor Western Union atau kantor perwakilannya. Anda dapat dengan mudah menemukan kantor Western Union di berbagai tempat di Indonesia, seperti bank, kantor pos, atau gerai yang bekerja sama. Pastikan untuk membawa dokumen identitas seperti kartu identitas atau paspor, karena Anda akan membutuhkannya dalam proses pengiriman uang.

2. Isi formulir pengiriman uang

Contoh formulir pengiriman uang Western Union
Contoh formulir pengiriman uang Western Union

Setelah tiba di kantor Western Union, langkah mengirim uang lewat Western Union selanjutnya adalah mengisi formulir pengiriman uang. Formulir ini berisi informasi penerima uang, termasuk nama lengkap, alamat, dan nomor telepon. Pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan teliti, karena kesalahan dalam pengisian formulir dapat menghambat proses pengiriman uang.

3. Tunjukkan kartu identitas

Setelah mengisi formulir, tunjukkan kartu identitas Anda kepada petugas Western Union. Kartu identitas ini akan digunakan untuk memverifikasi identitas Anda dan memastikan bahwa Anda adalah orang yang sah untuk mengirim uang.

4. Serahkan uang yang akan dikirim

Langkah cara mengirim uang Western Union selanjutnya adalah menyerahkan uang yang akan dikirim kepada petugas Western Union. Pastikan untuk memberikan jumlah uang yang tepat dan sesuai dengan yang Anda isi di formulir pengiriman uang. Western Union menerima pembayaran dalam bentuk tunai, transfer bank, atau kartu kredit. Pilih metode pembayaran yang paling nyaman bagi Anda.

5. Dapatkan resi dan MTCN

Setelah Anda menyerahkan uang, Anda akan menerima resi dan MTCN (Money Transfer Control Number) dari petugas Western Union. Resi ini adalah bukti bahwa Anda telah melakukan pengiriman uang dan berisi informasi penting seperti jumlah uang yang dikirim, biaya pengiriman, dan data penerima. Pastikan untuk menyimpan resi ini dengan baik karena Anda mungkin membutuhkannya untuk melacak pengiriman uang.

MTCN adalah nomor unik yang diberikan oleh Western Union sebagai tanda bukti pengiriman uang. MTCN ini harus disampaikan kepada penerima uang‍ agar mereka dapat mengklaim uang yang dikirim. Pastikan untuk memberikan MTCN kepada penerima dengan aman dan hanya kepada pihak yang sah.

6. Lacak pengiriman uang

Setelah Anda selesai dengan proses pengiriman uang, Anda dapat melacak pengiriman uang Anda menggunakan MTCN. Western Union menyediakan layanan pelacakan online yang memungkinkan Anda untuk mengetahui status pengiriman uang Anda. Cukup masukkan MTCN ke dalam sistem pelacakan Western Union dan Anda akan mendapatkan informasi terkini tentang pengiriman uang Anda.

Baca Juga: Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM BRI Beserta Biayanya

Biaya Western Union untuk Pengiriman Uang

Biaya Western Union untuk Pengiriman Uang, Kirim uang lewat Western Union ke rekening bank,Cara mengambil uang Western Union di bank BRI,Contoh formulir pengiriman uang Western Union,Cara mengambil uang Western Union di bank BCA,Cara mengirim uang lewat Western Union dari luar negeri,Cara transfer Western Union ke BCA,Cara menerima uang dari Western Union,Cara mengambil uang di Western Union online,Cara mengirim uang lewat Western Union online,Biaya kirim uang lewat Western Union ke luar negeri,Bukti pengiriman Western Union,Bukti Transfer Western Union Online

Berikut ini tabel biaya transfer atau mengirim uang lewat Western Union. Tabel ini adalah data biaya pada tahun 2024 dan relatif belum mengalami perubahan dari tahun lalu.

Biaya Kirim Uang Lewat Western Union ke Luar Negeri

Berikut ini adalah daftar biaya mengirim uang lewat Western Union dari Indonesia ke luar negeri.

Keterangan (Rp) Biaya (Rp)
1-475.000 20.000
475.001 – 950.000 25.000
950.001-1.900.000 30.000
1.900.001-2.850.000 35.000
2.850.001-3.800.000 40.000
3.800.001-4.750.000 45.000
4.750.001-11.250.000 50.000
11.250.001-20.000.000 100.000

Biaya Kirim Uang Lewat Western Union ke Indonesia

Berikut ini adalah daftar biaya mengirim uang lewat Western Union dari luar negeri ke Indonesia.

Keterangan (Rp) Biaya (Rp)
<750.000 112.500
750.001-1.500.000 165.000
1.500.001-2.250.000 217.000
2.250.001-3.000.000 225.000
3.000.001-3.750.000 300.000
3.750.001-4.700.000 345.000
4.700.001-5.625.000 352.000
5.625.001-7.500.000 400.000
7.500.001-11.250.000 500.000
11.250.001-13.125.000 600.000
13.125.001-15.000.000 700.000
15.000.001-18.750.000 800.000
18.750.001-22.500.000 1.000.000
22.500.001-26.250.000 1.150.000
26.250.001-30.000.000 1.300.000
30.000.001-33.750.000 1.450.000
33.750.001-37.500.000 1.600.000
37.500.001-41.250.000 1.750.000
41.250.001-45.000.000 1.900.000
45.000.001-48.750.000 2.050.000
48.750.001-52.500.000 2.200.000
52.500.001-56.250.000 2.350.000
56.250.001-60.000.000 2.500.000

Tarif dan Biaya Kirim Uang Western Union (Quick Pay)

Berikut ini adalah daftar biaya mengirim uang lewat Western Union (Quick Pay):

Keterangan (Rp) Biaya (Rp)
Kurang dari 26.700.000 133.500
26.700.000-44.500.000 222.500
Pemberitahuan lewat telepon Tergantung negara tujuan (lihat di sistem)
Berita sampai 10 kata 15.00
Kelipatan per kata 1.500
Tes pertanyaan Bebas
Physical Delivery Tergantung negara tujuan (lihat di sistem)

Akhir Kata

Mengirim uang lewat Western Union adalah cara yang cepat dan aman untuk mentransfer dana ke seluruh dunia. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kita bahas, Anda dapat mengirim uang dengan mudah dan menghindari masalah yang mungkin timbul.

Namun, penting untuk selalu berhati-hati saat menggunakan layanan ini dan memastikan Anda hanya berurusan dengan agen Western Union yang sah. Selain itu, perhatikan juga biaya transfer yang dikenakan agar Anda tidak terkejut dengan jumlah yang harus Anda bayar.

Terakhir, ingatlah bahwa Western Union adalah salah satu dari banyak pilihan yang tersedia untuk mengirim uang. Sebelum memutuskan menggunakan layanan ini, pastikan untuk mempertimbangkan alternatif lain yang mungkin lebih murah atau lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga artikel cara mengirim uang lewat Western Union dari luar negeri atau ke Indonesia ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda dalam mengirim uang lewat Western Union. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam setiap transaksi Anda!

Share: