Mau jadi podcaster terkenal? Kamu bisa mencoba platform Spotify. Cara mengupload pocast di Spotify juga sangat mudah dilakukan.

Podcast belum lama ini memang banyak digemari, aktivita sini tak beda jauh seperti halnya siaran radio. Hanya saja untuk Podcast biasanya memakai platform Spotify dan tidak memanfaatkan frekuensi radio.

Spotify sendiri termasuk aplikadi podcast populer yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Sebab platform yang satu ini khusus dibuat untuk mendengarkan atau membagikan audio.

Aktivitas podcast bukan hanya diminati sebagai pendengar, tetapi juga sebagai penyiar. Jika kamu tertarik jadi podcaster, sebaiknya simak cara mengupload podcast di Spotify ini!

Baca juga : Cara Mengatasi Indihome Lemot

Ketentuan Upload File Podcast di Spotify

Jika mau mengunggah file podcast di platform Spotify, sebaiknya pastikan dulu file audio telah sesuai aturan yang ditetapkan.

Kamu harus mengikuti beberapa persyaratan di bawah ini dengan tujuan agar podcast kamu dapat disetujui :

  • Pastikan kualitas audio podcast yang diunggah dalam bentuk ISO/IEC 11172-2MPEG-1 Part 3 denga format MPT dan mempunyai biltrate sekitar 96-320 kbps.
  • Ukuran artwork podcast harus persegi, memiliki perbandingan 1:1 berformat JPEG atau PNG.
  • Mempunyai file tiap episode dengan maksimal sebesar 200 MB. Untuk kualitas sebesar 320 kbps berdurasi 83 menit, sedangkan jika kualitas yang dimiliki 128 kbps harus 200 menit.
  • Judul podcast maksimal harus 20 karakter.
  • Untuk RSS podcast wajib terdapat gambar, nama serta setidaknya ada 1 episode.

Cara Mengupload Podcast di Spotify

Cara Mengupload Podcast di Spotify
Cara Mengupload Podcast di Spotify

Untuk mengunggah podcast ke Spotify, ada beberapa tahapan yang wajib kamu praktekkan. Begini cara mengupload podcast ke Spotify :

1. Membuat Akun Spotify

Sudah baca semua ketentuan buat podcast di SPotify? Jika ya, kini kamu harus mulai membuat podcast. Tentu saja, pertama wajib buat akun Spotify terlebih dahulu.

Selanjutnya buka web Spotify for Podcasters kemudian login ke akun-nya. Cukup klik saja login untuk masuk ke akun Spotify.

Nantinya Spotify langsung menampilkan pilihan buat login menggunakan Facebook atau akun Google. Caranya tingal inputkan saja akun email, nomor hp atau username. Kemudian lanjutkan ke step berikutnya.

2. Terima Persetujuan Kebijakan

Jika sudah login, kamu akan dibawa pada halaman terms & conditions. Setelah mengklik opsi Get Started, silakan baca kemudian setujui pilihan terms and conditions pada aplikasi Spotify.

Lalu ketuk kotak yang ada di sebelah I Have Read and Agree to….. 

Dari situ, ketuk continue

3. Inputkan Tautan RSS Feed

Cara mengupload podcast di Spotify berikutnya, kamu tinggal inputkan saja RSS link buat podcast yang mau ditampilkan pada Spotify. Cara pengetikkannya bisa dilakukan dengan cara manual pada kotak yang ada.

Kamu bisa memperoleh link tersebut dari layanan podcast hosting yang dipakai. Perlu tahu juga, jika podcast RSS feed ini merupakan link URL yang Spotify gunakan buat memberikan informasi yang terbaru.

Sebab tanpa memakai RSS feed, biasanya update episode yang terbaru pada podcast kamu perlu dilkukan dengan cara manual.

Selanjutnya tekan next dan masuk ke step berikutnya.

4. Lanjutkan Verifikasi

Setelah itu, lakukan verifikasi yang diminta Spotify untuk memastikan jika kamu benar pemilik dari podcast tersebut.

Buat memastikannya, mereka bakal mengirimkan kode verifikais yang dapat kamu temukan di kotak masuk akun emailmu.

5. Isi Detail Informasi Pada Podcast

Jika Spotify sudah sukses memverifikasi, selanjutnya tinggal lengkapi dan isi informasi mengenai podcast-mu.

Biasanya Spotify memerlukan informasi mengenai negara pembuatan podcast, provider hosting, bahasa yang dipakai dan juga kategori utama.

Setelah itu, kamu bakal diminta buat menginputkan 3 subkategori maksimalnya. Ingat, jangan ada informasi apapun yang keliru.

Selanjutnya tekan submit. Setelah mengikuti cara mengupload podcast di Spotify, kamu hanya perlu tunggu beberapa lama saja agar Spotify mengulas podcast milikmu serta menampilkannya ke calon pendengar.

Cara Mengupload Podcast di Spotify Lewat Anchor

Selain cara mengupload podcast di Spotify melalui langkah-langkah di atas, kamu juga bisa membuat podcast di Spotify melalui anchor berikut ini :

1. Pastikan Rekaman Audio Sudah Siap

Jika mau merekam audio lewat podcast sebetulnya kamu bisa melakukannya lewat hp saja. Silakan rekam, lalu edit memakai aplikasi lain.

Pastikan kualitas audio dalam format MP3 yang memiliki bitrate tinggi, maksimal untuk satu episode berukuran sebesar 2 GB, dan jika dalam bentuk video maka harus berformat MP4.

2. Membuat Akun yang Baru Pada Anchor

Setelah menyelesaikan langkah di atas, kamu harus buat akun dulu di Anchor. Silakan akses anchor.fm dan tekan get started. Isi akun email, nama lengkap, tanggal lahir dan password lalu sign up. 

Di tampilan awal, ada beberapa step yang perlu diselesaikan dalam upload podcast yang pertama kamu.

3. Unggah Audio Podcast ke dalam Anchor

Silakan buat episode pertama kamu, caranya tekan lets do it. Selanjutnya bakal terbuka create new episode. 

Lalu temukan dan upload audio podcast yang telah kamu buat. Dari sini, kamu tinggal edit audionya kembali atau bisa dengan menambahan latar musik lewat koleksi anchor.

Selain itu, kamu bakal disajikan beberapa pilihan menu yang tersedia. Silakan gunakan sesuai kebutuhan editing.

Anchor juga punya fitur bernama voice message berfungsi meningkatkan keterlibatan para audiens atau pendengar. Seperti halnya komentar pendengar, tapi dalam bentuk audio. Jika sudah tekan save episode. 

4. Tambahkan Cover dan Judul Episode

Pada halaman selanjutnya dalam cara mengupload podcast di Spotify yaitu tambahkan deskripsi, judul episode dan juga tanggal buat terbit.

Gulir layar ke bawah dengan tujuan untuk memakai cover episode secara khusus.

Jika kamu belum mempersiapkannya, tinggal edit saja detailnya. Caranya yaitu tinggal masuk ke episode lalu pilih judul dan ketuk tombol pensil. Selain itu, di samping kanan atas tekan update episode. 

5. Edit Nama Podcast

Silakan tekan next, dan akan terbuka menu pengaturan untuk nama podcast. Silakan tulis deskripsi, pilih kategori atau tulis nama.

Untuk buat podcast yang namanya menarik kamu harus sesuaikan dengan konten, harus singkat dan gampang ditemukan pada pencarian.

Selanjutnya upload cover art. Untuk cover art di sini buat merepresentasikan podcast dengan cara umum. Tapi ukurannya wajib 1 banding 1 dan kamu bisa membuatnya lewat aplikasi editing seperti Canva maupun aplikasi yang lainnya.

6. Publikasikan Podcast ke Spotify

Jika semuanya telah siap, tekan publish dan continue. Mengingat Anchor ini termasuk milik dari Spotify, dengan otomatis seluruh konten unggahan bakal ada di Spotify.

Hanya saja prosesnya cukup lama.Kamu harus melewati proses peninjauan terlebih dahulu sebelum dapat mengaksesnya lewat Spotify.

Silakan cek ketersediaannya melalui menu setting dan tekan Podcast Availability.

Kemudian salin link url buat mengecek apakah podcast kamu ada di Spotify.

Yang perlu kamu tahu yaitu Anchor merupakan tools marketing podcast yang bisa dibilang powerful buat bisnis. Melalui platform yang satu ini, cara mengupload Podcast di Spotify sebetulnya makin cepat dan mudah.

 

Share: