Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu – Meskipun sudah lama diumumkan, namun ternyata masih banyak pengguna kartu Telkomsel yang masih belum meng-upgrade kartunya ke jaringan 4G LTE. Kebanyakan dari mereka yang menggunakan HP jadul, di mana internet masih belum terlalu dibutuhkan. Kartu tersebut hanya digunakan untuk kebutuhan nelpon dan SMS saja.

Sebagai bentuk percepatan pengalihan dari jaringan 3G ke 4G LTE, Telkomsel akan segera mematikan layanan jaringan 3G-nya secara bertahap di tahun 2024 ini. Untuk itu, dihimbau untuk seluruh pengguna kartu Telkomsel yang belum upgrade ke jaringan 4G untuk segera melakukannya. Tidak perlu ganti kartu atau nomor, jadi Anda tidak perlu khawatir kontak yang Anda miliki akan hilang. Mengenai cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G tanpa ganti kartu atau nomor bisa disimak di bawah ini.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu
Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu

Beberapa pengguna mengaku enggan melakukan upgrade kartu Telkomsel miliknya ke jaringan 4G dikarenakan tidak ingin ganti kartu atau ganti nomor. Padahal upgrade jaringan 3G ke 4G Telkomsel tersebut tidak perlu melakukan itu. Jadi, tidak perlu khawatir nomor kontak yang Anda miliki sejak lama akan diganti atau dihapus sehingga menyebabkan loss contact dengan teman atau saudara.

Adapun cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G tanpa ganti kartu selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Sebelum melakukan upgrade, pastikan Anda sudah memasang kartu Telkomsel yang ingin diupgrade ke HP. Pastikan juga kartu Telkomsel tersebut sudah terbaca oleh perangkat.
  2. Pada HP yang digunakan Anda buka menu Panggilan atau Telepon.
  3. Kemudian ketik kode dial *363# lalu tekan Panggil.
  4. Di layar akan ditampilkan notifikasi pop up, kemudian pilih opsi nomor 1 lalu Kirim.
  5. Nantinya akan ada SMS masuk yang berisi link untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G secara mandiri. Anda klik saja pada link tersebut.
  6. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor Telkomsel yang ingin diupgrade tersebut.
  7. Kemudian isi data diri secara lengkap dan benar, mulai dari nama, alamat, email dan lain sebagainya.
  8. Beri tanda centang pada opsi “Saya telah membaca dan menyetujui syarat tertentu”, kemudian pilih Selanjutnya.
  9. Ikuti saja langkah-langkahnya sesuai instruksi yang diberikan sampai proses upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G berhasil.
  10. Selesai.

Di beberapa kartu bisa jadi cara di atas tidak work, dikarena tidak muncul menu untuk mengupgrade jaringan di kartu Telkomsel.

[Alternatif] Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Tanpa Nomor

Jika cara di atas tidak bisa dilakukan, cara kedua ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif. Melakukan upgrade kartu Telkomsel dengan cara ini tidak perlu Anda harus datang ke kantor Grapari Telkomsel. Cukup melakukannya secara online melalui situs khusus, berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah yang pertama Anda buka browser di perangkat smartphone.
  2. Kemudian kunjungi halaman untuk upgrade kartu Telkomsel. https://my.telkomsel.com/sim-replacement
  3. Pada halaman yang ditampilkan Anda masukkan nomor Telkomsel yang ingin diupgrade, serta juga email yang aktif.
  4. Kode OTP akan dikirim ke nomor Telkomsel tersebut. Cek dan masukkan kode OTP untuk proses verifikasi.
  5. Selanjutnya Anda pilih alasan kenapa ingin ganti kartu Telkomsel, dalam hal ini upgrade jaringan di kartu dari jaringan 3G ke 4G.
  6. Tinggal mengikuti instruksi sesuai yang diberikan.
  7. Nantinya kartu Telkomsel baru dengan nomor yang sama akan dikirim ke alamat Anda melalui gerai Grapari terdekat.
  8. Selesai.

Itulah tadi cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G tanpa ganti kartu yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Share:

Tags:

Tinggalkan komentar