Contoh bisnis retail tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Sebab bisnis ini memiliki peran yang penting dalam kehidupan manusia. Terlebih saat ini banyak teknologi canggih yang bisa Anda manfaatkan untuk mendirikan atau bahkan mengembangkan bisnis retail.

Mengenal Lebih Dekat dengan Bisnis Ritel

contoh bisnis retail secara umum
                      Ilustrasi contoh bisnis retail

 

Belum menjalankan atau mendirikan usaha retail, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang bisnis ini. Hal ini bertujuan agar usaha yang dijalankan berjalan dengan lancar, serta memberikan banyak keuntungan. Terlebih saat ini persaingan dalam dunia usaha cukup ketat.

Bisnis retail sendiri merupakan sebuah layanan yang menjual produk atau jasa. Dengan kata lain, retail merupakan sebuah upaya memasarkan barang atau jasa secara ecer. Sehingga keberadaan bisnis ini cukup penting dalam kehidupan masyarakat, terutama ibu rumah tangga.

Contoh bisnis retail bisa Anda temui dengan mudah, sebab sudah banyak pengusaha yang mendirikan bisnis retail. Meskipun demikian, namun bisnis retail tetap memberikan banyak keuntungan baik untuk pembeli maupun penjual. Hal inilah yang menyebabkan bisnis retail cukup populer di telinga masyarakat.

Fungsi Retail Secara Umum

Bisnis ini juga memiliki beberapa fungsi yang wajib Anda ketahui. Sebab fungsi inilah yang menyebabkan bisnis retail memiliki peran yang cukup besar dalam kehidupan manusia. Berikut beberapa fungsi retail yang wajib Anda ketahui, yakni:

1. Mempermudah Konsumen untuk Mendapatkan Barang yang Diinginkan

Kehadiran bisnis retail tentu mempermudah konsumen tingkat akhir dalam memperoleh produk yang diinginkan. Tanpa adanya bisnis retail, maka konsumen akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya. Sebab konsumen harus membeli barang ke produsen secara langsung dan jumlahnya harus banyak.

2. Mendatangkan Banyak Keuntungan untuk Produsen dan Grosir

Selain memberikan keuntungan untuk konsumen tingkat akhir, retail juga dapat menguntungkan untuk produsen dan grosir. Sebab retail akan mengambil produk dari grosir, kemudian grosir akan menyediakan barang dari produsen. Sehingga keberadaan bisnis ini sangat menguntungkan bagi semua pihak.

3. Mempunyai Peran yang Penting dalam Mempromosikan Produk

Retailer yang telah mengambil barang dari grosir maupun produsen, tentu akan mempromosikan produk tersebut secara langsung kepada masyarakat. Sebab bisnis ini selalu berdekatan dengan masyarakat. Sehingga keberadaan retail sangat bermanfaat bagi grosir ataupun produsen.

4. Dapat Menawarkan Berbagai Macam Barang dengan Harga yang Bervariatif

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, otomatis retailer akan mengambil barang dari berbagai produsen. Karena mengambil barang dari bahkan produsen, membuat barang yang tersedia lebih bervariasi. Bahkan harga yang ditawarkan juga lebih variatif.

Contoh Bisnis Retail yang Paling Umum

Setelah mengetahui pengertian bisnis ritel, Anda bisa langsung menjadikannya sebagai ide usaha. Terlebih bisnis ini sangat menguntungkan, jika Anda mampu mencari peluang dengan baik. Berikut beberapa contoh bisnis rietal yang bisa Anda jadikan sebagai ide usaha, yakni:

1. Toko Kelontong atau Warung

Bisnis retail yang satu ini tentu sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Sebab toko kelontong menyediakan berbagai macam kebutuhan, mulai dari beras, mie, sabun dan aneka kebutuhan lainnya. Selain itu, Anda bisa membeli produk dalam bentuk satuan atau sachet.

Harga produk yang tersedia di toko kelontong terbilang cukup murah, sehingga terjangkau untuk semua orang. Saat pandemi covid-19, banyak orang memanfaatkannya untuk mendirikan toko kelontong di rumah. Sebab banyak toko yang terpaksa tutup saat pandemi covid-19.

2. Hypermart

Contoh bisnis retail yang selanjutnya yaitu Hypermart. Bisnis ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat perkotaan. Sebab sudah banyak Hypermart yang didirikan di pusat kota. Di dalam tempat ini biasanya menjual berbagai kebutuhan sehari-hari.

Umumnya Hypermart merupakan sebuah bangunan, dimana didalamnya terdapat beraneka ragam toko. Sehingga Anda bisa membeli kebutuhan sehari-hari di Hypermart. Harga produk di Hypermart juga cukup terjangkau, bahkan kualitas produknya lebih unggul jika dibandingkan dengan toko kelontong.

3. Showroom

Selain menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok, usaha retail juga menyediakan kendaraan. Bahkan kendaraan di showroom cukup beragam, mulai dari roda 2 hingga roda 4. Harga yang ditawarkan di tempat ini juga variatif, sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan.

Contoh bisnis retail yang satu ini menyediakan pembelian kendaraan dengan pembayaran cash ataupun kredit. Hal inilah yang membuat showroom lebih populer di kalangan masyarakat. Terlebih showroom juga memudahkan masyarakat dalam mewujudkan kendaraan impian.

4. Pet Shop

Bagi pecinta binatang baik kucing maupun binatang lainnya, tentu sudah tidak asing dengan bisnis retail ini. Sebab pet shop menyediakan berbagai macam kebutuhan binatang, mulai dari makanan hingga obat-obatan. Sehingga tidak heran jika keberadaannya sering dibutuhkan oleh penggemar binatang.

Produk yang tersedia di pet shop bisa Anda beli secara eceran. Sehingga tidak heran jika pet shop sering menjadi favorit pecinta binatang. Selain itu, Anda juga bisa membeli produk dalam jumlah banyak. Sebab per shop selalu totalitas dalam melayani pembeli.

5. Robinson Mall

Contoh bisnis retail yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, sebab keberadaannya cukup digemari oleh anak muda. Hampir sama dengan bisnis retail lainnya, Robinson Mall juga menyediakan berbagai outlet. Dimana setiap outlet menjual produk yang berbeda-beda.

Saat mengunjungi Robinson Mall, Anda bisa membeli berbagai macam barang kebutuhan. Sebab Robinson Mall memiliki beberapa outlet, sehingga waktu belanja lebih singkat. Harga produk yang dijual di Robinson Mall cukup beragam, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan.

6. Butik

Selain menyediakan berbagai kebutuhan pokok, usaha retail juga menyediakan kebutuhan pakaian. Contoh bisnis retail yang satu ini menyediakan berbagai macam jenis pakaian. Bahkan Anda bisa membuat pakaian hanya dengan memperlihatkan gambar yang diinginkan kepada desainer.

Umumnya masyarakat mengunjungi butik jika akan membuat pakaian untuk acara tertentu, baik pernikahan atau acara lainnya. Harga yang ditawarkan setiap jasa biasanya berbeda-beda. Hal ini biasanya disesuaikan dengan bahan pakaian beserta kualitas pakaian.

7. Toko Emas

Contoh bisnis retail yang selanjutnya adalah toko emas. Emas sendiri dapat dijadikan sebagai barang investasi dalam jangka panjang. Terlebih saat ini sudah banyak toko emas yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Sehingga untuk mendapatkannya Anda tidak perlu datang ke kota.

Emas sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan. Selain itu, harga dari emas cukup bervariasi. Hal ini biasanya disesuaikan dengan berat emas. Semakin berat emas yang Anda beli, maka semakin mahal harganya.

8. Toko Buku

Contoh bisnis retail tidak hanya berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari saja, namun juga berkaitan dengan kebutuhan pendidikan. Salah satu bisnis retail yang populer di kalangan pelajar yaitu toko buku. Di toko buku, biasanya terdapat berbagai judul buku yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Di toko ini, Anda bisa membeli buku dalam bentuk satuan maupun dalam jumlah banyak. Hal ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Menariknya di toko buku sering terdapat potongan harga, sehingga hal ini lebih menguntungkan para pelajar.

Berbagai macam contoh bisnis retail di atas dapat Anda jadikan sebagai ide usaha. Namun, jika ingin mendirikan usaha pastikan bahwa Anda memahami strategi marketing dengan baik. Sebab persaingan dalam dunia usaha cukup ketat, sehingga Anda harus pandai mencari peluang.

Share: