Entitas perniagaan konglomerat Prajogo Pangestu ini akan menggunakan dana hasil IPO seluruhnya untuk penyetoran modal kepada Star Energy

Jakarta – Perusahaan bidang energi baru serta terbarukan (EBT) PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) mulai melakukan penawaran umum perdana saham atau IPO pada 3-5 Oktober 2024, dengan mematok biaya jual Rp780 per saham.

Perseroan menawarkan sebanyak 4,01 miliar lembar saham baru atau setara 3 persen dari modal ditempatkan juga disetor penuh setelah IPO, sehingga berpeluang akan meraih dana segar senilai Rp3,13 triliun, sebagaimana keterbukaan informasi di area tempat Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa.

Dengan demikian, BREN akan mencatatkan 133,83 miliar saham setelah masuk BEI, sehingga kapitalisasi pasar (market cap) berpotensi mencapai Rp104,39 triliun lalu menjadi salah satu perusahaan dengan market cap tinggi dalam tempat BEI.

Entitas kegiatan bisnis konglomerat Prajogo Pangestu ini akan menggunakan dana hasil IPO seluruhnya untuk penyetoran modal kepada Star Energy Group Holdings Pte, Ltd (STAR) melalui pengambilan bagian atas saham baru yang dimaksud akan diterbitkan oleh STAR.

Seluruh dana yang mana dimaksud sudah pernah masuk akan digunakan oleh STAR untuk membayar sebagian utang sarana B kepada Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank), serta memenuhi kewajiban pembayaran kepada Star Energy Oil and Gas Pte, Ltd (SEOG) lalu juga perseroan.

Selanjutnya, tanggal penjatahan rencananya akan dilangsungkan pada 5 Oktober 2024 kemudian masa distribusi saham secara elektronik pada 6 Oktober 2024, serta direncanakan secara resmi melantai pada BEI pada 9 Oktober 2024 mendatang.

Adapun, bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek yaitu PT BNI Sekuritas serta juga bertindak sebagai Penjamin Emisi Efek yaitu PT OCBC Sekuritas Indonesia.

Pemegang saham BREN sebelum IPO terdiri atas PT Barito Pacific Tbk (BRPT) sebesar 66,67 persen, Green Era Energy Pte Ltd 24,33 persen, Jupiter Tiger Holdings 4,5 persen, juga Prime Hill Fund 4,5 persen.

Barito Pacific merupakan perusahaan yang mana dikendalikan oleh Prajogo Pangestu.

Share:

Tinggalkan komentar