Presiden Joko Widodo () ingin Indonesia tak semata-mata menjadi konsumen tetapi harus menjadi produsen. Pasalnya, ia tak mau Indonesia dijajah di area dalam era modern dengan masifnya barang  di tempat area e-commerce.

“Jangan mau kita terkena juga kolonialisme dalam era modern ini. Kita enggak sadar tahu-tahu kita sudah dijajah secara ekonomi,” ujar Jokowi dalam tempat depan Peserta Program Pendidikan Lemhannas Tahun 2024, di area dalam Istana Negara pada Rabu (4/10).

Iya berharap Indonesia sanggup menguasai pasar ekspor, setidaknya pada Asia Tenggara (Asean).

“Jangan sampai kita terlena dalam hitungan bulan, enggak mau saya terkena penjajahan dalam tempat era modern,” ujarnya.

Ia mengingatkan nilai terjangkau barang impor dapat menimbulkan ketergantungan. Artinya, itu mampu mengancam kedaulatan.

“Mungkin awal-awal harganya masih Rp5.000. Begitu sudah masuk, beli ini sudah ketagihan baru dinaikkan Rp500 jt, mau apa? Sudah enggak bisa saja jadi apa-apa kita lantaran sudah ketergantungan pada area situ. Oleh sebab itu, kita harus lindungi betul kedaulatan digital kita, harus dilindungi betul,” ujarnya.

Karenanya, sambung Jokowi, pemerintah berupaya mengejar untuk menyusun regulasi yang digunakan sesuai. Pemerintah juga berupaya menjaga aset digital termasuk data lalu informasi.

“Regulasinya ini yang tersebut mana harus mengejar. Bukan kita yang tersebut dimaksud mengurusi urusan kesulitan regulasi mbulet-nya ke mana-mana, ruwetnya ke mana-mana, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun cuma belum jadi. (Tapi) teknologinya sudah lari cepet sekali, problem ada di area tempat situ,” terangnya.

Baru-baru ini marak peniaga Tanah Abang yang mana hal itu menjerit dagangannya sepi oleh sebab itu digempur social commerce TikTok Shop Cs.

Sebagai respons itu, pemerintah mengeluarkan regulasi terkait social commerce melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2024tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, lalu Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Share:

Tags:

Tinggalkan komentar