Jakarta – Presiden Joko Widodo mengatakan pergantian Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, yang akan memasuki pensiun pada akhir 2024, masih dalam proses.

"Masih dalam proses, masih dalam proses," kata Jokowi di area dalam usai menghadiri upacara peringatan HUT ke-78 TNI di dalam area Lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Kamis.

Sementara itu, terkait opsi perpanjangan masa jabatan panglima TNI pun Jokowi enggan menjelaskan secara rinci.

"Masih dalam proses," katanya lagi.

Sebelumnya, muncul wacana perpanjangan masa jabatan panglima TNI menyusul adanya gugatan yang mana dilayangkan Kepala Badan Pembinaan Hukum TNI Laksda Kresno Buntoro beserta banyak purnawirawan ke Mahkamah Konstitusi (MK) perihal batas usia pensiun anggota TNI.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid berpendapat opsi perpanjangan masa jabatan panglima TNI itu memang dimunculkan secara terbuka. Namun, Meutya mempersilakan Pemerintah untuk mengkaji usulan tersebut.

Yudo Margono sebelumnya mengatakan keputusan perpanjangan masa jabatan panglima TNI merupakan hak prerogatif presiden.

Selain Yudo, perwira tinggi TNI yang digunakan itu juga akan memasuki masa pensiun pada bulan November 2024 ialah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Sehingga, muncul pula wacana perpanjangan masa jabatan bagi kasad.

Sesuai Pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, usia pensiun bagi perwira TNI adalah 58 tahun. Yudo Margono memasuki usia 58 tahun pada 26 November 2024.

Share: