Manfaat teknologi di bidang pendidikan tentu sudah bisa Anda lihat dengan jelas. Sebab adanya teknologi membuat sistem pendidikan lebih maju lagi. Sehingga tidak heran jika banyak instansi pendidikan yang memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar.

Apa Itu Teknologi?

Manfaat teknologi di bidang pendidikan
                     Manfaat teknologi di bidang pendidikan

Sebelum mengetahui manfaat teknologi di bidang pendidikan, Anda harus mengetahui pengertian teknologi terlebih dahulu. Teknologi merupakan seluruh sarana untuk menyediakan barang-barang yang dibutuhkan bagi kelangsungan atau kenyamanan hidup manusia.

Melalui teknologi, aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Bahkan selama sesuatu bisa dilaksanakan dalam waktu yang singkat. Hal Inilah yang menyebabkan teknologi semakin merajalela, serta semakin mendunia. Namun, penggunaan teknologi harus dilakukan dengan bijak agar tidak menyesatkan.

Penggunaan teknologi secara bijak justru akan memberikan banyak manfaat. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan teknologi sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Sebab penggunaan teknologi yang berlebihan akan menimbulkan rasa malas.

Manfaat Teknologi di Bidang Teknologi yang Paling Umum

Lembaga pendidikan menjadi salah satu bidang yang mendapatkan banyak manfaat dari teknologi. Sebab sudah banyak teknologi yang diciptakan untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Berikut beberapa manfaat teknologi di bidang pendidikan, yakni:

1. Meningkat Dukungan Belajar Mengajar

Jika biasanya kegiatan belajar mengajar menggunakan media buku, maka sekarang kegiatan belajar mengajar bisa memanfaatkan teknologi seperti komputer, smartphone maupun teknologi lainnya. Hal ini tentu membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, terdapat beberapa aplikasi mobile yang bisa dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. Bahkan sekarang banyak tentor online di aplikasi yang bisa siswa dapatkan secara gratis. Perkembangan teknologi ini tentu membuat proses pembelajaran bisa dilakukan dari jarak jauh.

2. Materi Pembelajaran Lebih Menarik

Apabila materi pembelajaran terkesan monoton, maka semangat belajar siswa akan menurun. Namun, permasalahan ini bisa diatasi dengan mudah menggunakan teknologi. Sebab sudah terdapat power point yang bisa digunakan oleh guru untuk membuat materi sebaik mungkin.

Dengan materi yang menarik, maka siswa akan lebih semangat belajar. Namun, untuk mewujudkan hal ini diperlukan kreativitas dari guru. Oleh karena itu, guru harus mampu memahami penggunaan dan penerapan teknologi dengan baik. Hal ini bertujuan agar penggunaan teknologi lebih optimal.

3. Kegiatan Belajar Mengajar Tidak Monoton

Apabila guru hanya mencari materi dari buku, maka siswa akan mudah malas dan tidak bisa mendengarkan materi yang disampaikan. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika guru mencari materi dari berbagai media online. Selain itu, guru juga harus menyampaikan materi dengan kreatif.

Saat ini guru juga bisa mencari materi yang berupa video atau audio, dengan demikian maka minat siswa untuk belajar akan semakin meningkat. Terlebih jika materi tersebut sesuai dengan usia siswa. Untuk mendapatkan manfaat ini, maka guru harus mampu memahami penggunaan teknologi dengan baik.

4. Aktivitas Belajar Lebih Fleksibel

Manfaat teknologi di bidang pendidikan yang selanjutnya yaitu aktivitas belajar lebih fleksibel. Mungkin manfaat ini bisa Nada lihat saat pandemi covid-19, dimana proses pembelajaran terpaksa harus dilakukan dengan online. Meskipun dilakukan secara online, namun proses pembelajaran lebih fleksibel.

Proses pembelajaran secara online juga bisa dilakukan dengan durasi yang cukup lama dan tidak terbatas. Menariknya lagi, media untuk menunjang proses pembelajaran cukup beragam. Sehingga bisa dipilih sesuai dengan keinginan masing-masing lembaga.

5. Materi Lebih Luas dan Tidak Terbatas

Apabila masih melakukan pembelajaran secara manual, makan pengetahuan siswa hanya berasal dari buku saja. Hal ini tentu tidak akan terjadi, jika siswa belajar menggunakan teknologi. Sebab materi yang terdapat di internet cukup beragam dan tidak terbatas, sehingga pengetahuan siswa lebih luas.

Materi yang tidak terbatas tentu membuat siswa lebih cerdas. Bahkan guru tidak perlu menjelaskan setiap materi secara detail Sebab sudah banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan siswa untuk menambahkan wawasan nya. Bahkan siswa bisa belajar dari manapun dan kapanpun.

6. Kualitas Pendidikan Semakin Meningkat

Meningkatkan kualitas pendidikan menjadi salah satu manfaat teknologi di bidang pendidikan yang cukup populer.Sebab teknologi ini dikenal memiliki banyak fungsi serta memudahkan semua aktivitas manusia. Penggunaannya yang tidak terbatas membuat SDM menjadi lebih maju.

Bahkan saat ini sudah banyak siswa yang mampu mempelajari teknologi dengan baik dan benar. Sehingga tidak heran jika SDM menjadi lebih bagus. Apabila kondisi ini terus berlangsung dalam jangka panjang, maka kualitas pendidikan di Indonesia semakin meningkat.

Tips Menggunakan Teknologi dengan Bijak

Agar mendapatkan manfaat teknologi di bidang pendidikan, Anda harus menggunakan teknologi dengan bijak. Sebab penggunaan teknologi yang tidak bijak dapat menyebabkan adanya dampak negatif. Berikut beberapa tips menggunakan teknologi yang bijak, yakni:

1. Pahami Kelebihan dan Kekurangan Teknologi

Sebelum menggunakan teknologi, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan teknologi. Dengan demikian Anda bisa memaksimalkan manfaatnya serta meminimalisir kekurangannya. Sehingga Anda harus mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari teknologi yang akan digunakan.

2. Menjaga Privasi dan Keamanan

Di era digital Masalah pencurian data semakin merajalela. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menjaga privasi dan keamanan. Selain itu gunakan kata sandi yang kuat, jika Anda menggunakan aplikasi atau situs tertentu. Selain itu, usahakan bahwa teknologi tersebut tidak membajak data pribadi.

3. Batasi Penggunaan Teknologi

Agar tidak mendapat dampak negatif dari teknologi, Anda harus membatasi penggunaannya. Sebab terlalu lama menggunakan teknologi akan menyebabkan rasa malas. Oleh karena itu, hindarilah menggunakan teknologi untuk aktivitas yang tidak penting.

4. Menghindari Konten Negatif

Saat menggunakan teknologi, otomatis banyak konten yang tersebar dengan luas di sosial media. Oleh karena itu, Anda harus menghindari konten Negatif. Terlebih jika Anda akan menggunakan teknologi untuk membuat materi pembelajaran. Usahakan untuk melihat konten positif yang bermanfaat.

5. Berperan Aktif dalam Mengatasi Permasalahan Teknologi

Untuk mendapatkan manfaat teknologi di bidang pendidikan, Anda juga harus berperan aktif dalam mengatasi permasalahan teknologi. Permasalahan yang dimaksud adalah pencurian data dan lain sebagainya. Untuk menghindari permasalahan ini, Anda harus membatasi interaksi di sosial media.

6. Mengajarkan Etika Menggunakan Teknologi Kepada Siswa

Agar siswa tidak terkena dampak negatif teknologi, Anda harus menyebarkan etika tentang penggunaan teknologi yang bijak. Etika yang dimaksud adalah privasi data, etika berkomunikasi dan lain sebagainya. Selain itu, usahakan untuk menggunakan teknologi untuk pembelajaran secara bijak.

7. Menghargai Interaksi dengan Orang Lain

Meskipun manfaat teknologi di bidang pendidikan cukup banyak, namun dampak negatifnya banyak. Oleh karena itu, Anda harus menggunakannya dengan bijak agar terhindar dari dampak negatifnya. Selain itu usahakan untuk mengatasi interaksi orang lain di sosial media.

Berbagai tips penggunaan teknologi di atas bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila sudah menerapkannya dengan bijak, maka Anda bisa mendapatkan manfaat teknologi di bidang pendidikan. Oleh karena itu, usahakan untuk menerapkan tips di atas secara perlahan dalam kehidupan.

Share: