Pemula Wajib Coba, Ini Dia 5  Aplikasi Scan QR Code Terbaik untuk Ponsel Android – Perkembangan teknologi yang semakin pesat  ternyata juga memberikan dampak positif di dalam dunia bisnis kuliner . Di mana saat ini hampir sebagian besar rumah makan dan restoran yang ada di Indonesia telah menggunakan konsep baru untuk memesan menu makanan yakni memakai QR code.

Tentunya kehadiran QR code ini sangatlah membantu para pelanggan sebab mereka tidak perlu lagi repot-repot  untuk mendatangi kasir guna memesan menu makanan. Dengan begitu kegiatan memesan makanan menjadi lebih cepat dan efisien.

Namun sayangnya tidak semua aplikasi kamera yang terdapat di ponsel Android itu bisa digunakan memindai QR code. Jadi buat pemilik HP Android   yang kamarannya belum mendukung fitur QR code perlu menginstal terlebih dahulu aplikasi scan barcode di perangkat. Lantas apa saja aplikasi scan QR code terbaik untuk Android itu?.

5 Aplikasi Scan QR Code Terbaik untuk Android

Aplikasi scan QR code terbaik
Aplikasi scan QR code terbaik

Bagi Anda  yang saat ini ingin membuka bisnis kuliner dan  sedang mencari aplikasi scan QR code terbaik untuk android, maka bisa membaca artikel di bawah ini. Pasalnya artikel kali ini akan membahas 5 rekomendasi aplikasi scan QR Code terbaik untuk Android yang bisa dijadikan referensi. Adapun 5 aplikasi scan QR code terbaik untuk ponsel Android seperti berikut ini.

1. SecScanQR

SecScanQR merupakan  aplikasi scan QR code terbaik untuk Android terbaik yang bisa dijadikan pilihan. Alasan mengapa Anda  perlu menggunakan aplikasi ini dikarenakan SecScanQR telah menawarkan banyak sekali keunggulan.  Salah satu keunggulannya yakni SecScanQR ini sangatlah aman digunakan. Hal itu bisa terjadi dikarenakan  aplikasi scan QR code lebih berfokus pada privasi.

Bukan hanya itu saja namun SecScanQR ini nantinya juga Anda  manfaatkan untuk membuat QR code dari kontak, lokasi maupun teks. Tapi sayangnya di balik keunggulannya itu terdapat kekurangan di mana  aplikasi scan QR code ini hanya bisa Anda  tersedia di Android melalui F Droid.

2. QR & Barcode Scanner Gamma Play

Rekomendasi berikutnya aplikasi scan QR code terbaik untuk Android yakni “ QR & Barcode Scanner Gamma Play”. Aplikasi yang bisa Anda  download di Play Store secara gratis ini nantinya dapat digunakan untuk memindai beberapa jenis code QR. Adapun beberapa jenis code QR yang bisa dipindai menggunakan aplikasi tersebut seperti Link, ISBN, wi-fi dan Teks.

Hebatnya lagi aplikasi QR & Barcode Scanner Gamma Play ini bisa menyimpan code yang terdapat pada sebuah produk secara otomatis. Dengan begitu nantinya Anda  akan lebih mudah dalam membandingkan harga  produk satu dengan lainnya ketika ingin membeli barang. Adapun cara menggunakan QR & Barcode Scanner Gamma Play seperti berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan untuk mendownload dan menginstal terlebih dahulu aplikasi QR & Barcode Scanner Gamma Play di ponsel Android.
  • Apabila proses pengunduhan telah selesai dilakukan, Anda bisa langsung memberikan izin akses pemasangan aplikasi .
  • Setelah itu bukalah aplikasi Barcode Scanner Gamma Play dan cobalah untuk memulai melakukan pemindaian code sebuah barang.
  • Agar hasilnya akurat, Anda perlu mendekatkan sensor kamera android tepat di barcode produk tersebut.
  • Kemudian nantinya pada layar ponsel Android akan muncul deretan angka dan berbagai opsi pilihan.
  • Selanjutnya silakan untuk memilih opsi “Web Search”.
  • Terakhir Anda akan dialihkan secara otomatis ke mesin pencarian dengan menunjukkan berbagai informasi terkait produk tersebut.

3. Scanlife Barcode & QR Reader

Sesuai dengan namanya, Scanlife Barcode & QR Reader merupakan  aplikasi yang memiliki fungsi untuk memindai barcode pada sebuah produk. Aplikasi yang bisa ada gunakan di mana saja itu terbukti bisa membuat kegiatan belanja menjadi lebih mudah. Hal itu dikarenakan aplikasi scan QR code terbaik untuk ponsel Android ini dapat melihat berbagai informasi mengenai harga barang dengan sangat cepat dan selalu up to date.

Tidak hanya itu saja namun aplikasi ini juga mampu memberikan informasi penawaran diskon serta harga khusus produk dari toko lokal maupun internasional. Adapun cara penggunaan aplikasi Scanlife Barcode & QR Reader itu seperti berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan untuk mendownload dan menginstal aplikasi Scanlife Barcode & QR Reader di Play Store secara gratis.
  • Kemudian silahkan untuk membuka aplikasi tersebut.
  • Setelah itu pastikan terlebih dahulu koneksi internet dalam kondisi stabil.
  • Jika koneksi internet sudah stabil, bisa langsung mengarahkan aplikasi tersebut tepat di barcode yang akan dipindai.
  • Terakhir para pengguna akan langsung diarahkan ke detail barcode dari produk tersebut.

4. Google Lends

Belum banyak orang yang mengetahui jika, aplikasi Google Lends itu dapat digunakan untuk memindai barcode sebuah produk. Untuk cara pengoperasiannya sendiri Anda  hanya perlu mengarahkan kamera ponsel tepat di barcode yang ingin dipindai.  Kemudian nantinya aplikasi scan QR code terbaik untuk Android ini akan melakukan pemindaian secara otomatis. Adapun informasi lengkap mengenai tata cara mengoperasikan aplikasi Google Lends untuk memindai barcode pada produk seperti berikut ini.

  • Langkah pertama silakan untuk menginstal terlebih dahulu aplikasi Google Lends di ponsel Android.
  • Kemudian bukalah aplikasi Google Lends tersebut.
  • Nantinya di halaman pertama Google Lends Anda akan menemukan berbagai pilihan seperti translate, search, homework, shopping, dining, text dan place.
  • Apabila ingin mendapatkan informasi yang bersifat general Anda bisa memilih opsi “search”.
  • Tahap berikutnya silakan untuk mendekatkan ponsel Android pada barcode sebuah produk.
  • Jika aplikasi itu sudah berhasil fokus pada barcode sebuah produk, Anda bisa langsung menekan ikon bertuliskan “ Tap the Shutter Button to Search”
  • Terakhir pada ponsel akan disajikan beberapa informasi terkait produk tersebut.

5. NeoReader QR & Barcode Scanner

Aplikasi scan QR code terbaik untuk Android ini hadir dengan membawa banyak sekali keunggulan seperti bisa digunakan untuk men-scan berbagai format mulai dari data matrix, Aztec, UPC hingga barcode. Bukan hanya itu saja namun  aplikasi NeoReader QR & Barcode Scanner ini juga masih memiliki banyak sekali keunggulan lainnya. Adapun beberapa keunggulan yang bisa Anda  dapatkan dari aplikasi tersebut seperti berikut ini.

  • NeoReader QR & Barcode Scanner bisa dimanfaatkan untuk membuat code QR sendiri.
  • Code QR yang sudah berhasil dibuat itu bisa langsung Anda bagikan ke SMS, Facebook, email hingga Twitter.
  • Penggunaan dari aplikasi NeoReader QR & Barcode Scanner terbilang sangatlah mudah yakni Anda hanya perlu mengeklik satu kali di halaman website khusus.
  • NeoReader QR & Barcode Scanner memiliki kemampuan bisa menyimpan riwayat secara terperinci yang bisa dimanfaatkan sebagai referensi di masa mendatang.
  • Aplikasi NeoReader QR & Barcode Scanner telah mendukung pemindaian dengan kamera depan serta belakang.
  • URL eksternal yang terdapat pada aplikasi tersebut bisa mengkonfirmasikan ke situs web sebelum Anda

Demikianlah ulasan singkat tentang 5 rekomendasi aplikasi scan QR code terbaik untuk ponsel Android yang bisa dijadikan referensi. Namun sebelum memutuskan untuk mendownload salah satu dari lima rekomendasi aplikasi di atas pastikan terlebih dahulu jika ruang penyimpan telah mencukupi.

 

Share: