Penyebab hp lemot dan cara mengatasinya penting diketahui oleh setiap orang agar tidak mengalami lag ketika menggunakan ponsel miliknya. Tentu menjengkelkan ketika hp yang sedang digunakan tiba-tiba lemot. Aktivitas sehari-hari menjadi tidak lancar dan membuat emosi. 

Hp lemot adalah masalah umum yang bisa terjadi di semua merek hp. Baik itu hp Oppo, Xiaomi, Poco, Vivo, Realme dan bahkan iPhone. Penggunaan sehari-hari berpengaruh terhadap performa ponsel untuk jangka panjang.

Mulai dari hp murah ataupun hp mahal sekalipun, semua berpotensi mengalami masalah lelet. Oleh karena itu, penting memahami apa saja penyebab hp lemot dan cara mengatasinya.

Penyebab Hp Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Hp Lemot

Ketika dihadapkan pada suatu masalah, kita perlu mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Sehingga, bisa menemukan jalan terbaik sebagai solusinya. Termasuk ketika hp Anda lemot dan tidak bisa lagi responsif.

Penyebab Hp Lemot yang Umum Terjadi

Hp lemot terjadi karena beberapa penyebab yang mungkin belum disadari oleh banyak orang. Khususnya bagi mereka para pemula, pasti kurang pah apabila penggunaan sehari-hari yang salah bisa menurunkan ponselnya.

1. Kapasitas RAM Terbatas

Kapasitas RAM yang terbatas bisa membuat hp menjadi lemot karena RAM (Random Access Memory) berperan penting dalam kinerja ponsel.

RAM adalah tempat di mana ponsel menyimpan data dan aplikasi yang sedang berjalan secara sementara.

Ketika RAM penuh, ponsel harus berusaha lebih keras untuk mengelola aplikasi dan data yang sedang digunakan. Pada akhirnya, ini bisa memperlambat kinerja.

2. Ruang Penyimpanan Terbatas

Penyimpanan yang terbatas pada ponsel bisa menyebabkan hp menjadi lemot karena mengganggu berbagai aspek penting pada ponsel. Salah satu yang dipengaruhi adalah sistem operasi.

Sistem operasi ponsel membutuhkan ruang penyimpanan internal yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik. Ketika penyimpanan hampir penuh, sistem operasi mungkin akan berjalan dengan kinerja yang kurang optimal.

Selain itu, ketika ruang penyimpanan hampir penuh membuat ponsel kesulitan dalam menyimpan dan mengakses data. Hal ini bisa mengakibatkan kinerja yang lambat saat membuka aplikasi, memuat gambar, atau mengakses file.

3. Serangan Malware atau Virus

Penyebab hp lemot berikutnya adalah serangan virus atau malware. Baik itu virus maupun malware, keduanya bisa mengganggu performa ponsel dan menguras sumber daya yang berharga.

Virus atau malware seringkali berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan pengguna. Mereka dapat melakukan aktivitas yang tidak diinginkan, seperti mengirim data tanpa izin, mengunduh file tambahan, atau menjalankan proses yang berat pada hp pengguna.

Malware bisa mengonsumsi CPU (Central Processing Unit), RAM, dan baterai secara berlebihan karena mereka berjalan terus menerus. Hal ini bisa menyebabkan hp menjadi lambat ketika menjalankan aplikasi atau tugas lainnya.

Lebih parah lagi adalah beberapa jenis malware bisa mengalihkan trafik internet Anda ke server yang dikendalikan oleh penyerang.

4. Menumpuknya Cache dan Data

Cache dan data yang menumpuk bisa menjadi penyebab hp lemot karena mengonsumsi lebih banyak ruang penyimpanan dan mengganggu sistem yang berjalan di hp.

Cache adalah data yang disimpan sementara oleh aplikasi untuk mempercepat pengambilan informasi yang sering digunakan. Namun, jika cache tidak dikelola dengan baik, ia bisa menambah ruang penyimpanan internal ponsel Anda dengan cepat.

Cache yang berlebihan bisa mengurangi performa hp untuk menyimpan data baru, termasuk instalasi aplikasi atau pembaruan sistem.

Data yang menumpuk juga bisa memakan lebih banyak ruang RAM (Random Access Memory) dan memori ponsel. Ketika RAM penuh dengan data yang tidak perlu atau aplikasi yang tidak terpakai, ponsel perlu mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk mengelola memori tersebut.

Hal ini bisa mengakibatkan kinerja yang lambat dan kurang responsif.

Cara Mengatasi Hp Lemot yang Ampuh

Setelah memahami apa saja penyebab hp lemot, Anda juga harus mengetahui solusi untuk mengatasinya. Jika Anda merasa performa ponsel menurun, coba deh lakukan beberapa langkah berikut:

1. Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab hp lemot adalah ruang penyimpanan hampir penuh. Oleh karena itu, langkah pertama untuk mengatasinya adalah mengosongkan ruang.

Pertama, Anda bisa menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Yaitu dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka pengaturan ponsel Anda.
  • Pilih “Aplikasi” atau “Aplikasi & pemberitahuan.”
  • Telusuri daftar aplikasi yang terinstal.
  • Hapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan atau yang tidak diperlukan.

Selain menghapus aplikasi tidak penting, Anda juga memindah data ke penyimpanan eksternal. Jika ponsel Anda memiliki slot kartu SD atau penyimpanan eksternal, pindahkan foto, video, dan file lainnya ke sana untuk membebaskan ruang penyimpanan internal.

Gunakan aplikasi pengelola file atau galeri untuk mengidentifikasi dan menghapus file yang tidak diperlukan, seperti foto atau video ganda atau yang sudah usang.

2. Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latarbelakang

RAM yang bertugas untuk mengelola aplikasi berjalan jangan sampai dibebani dengan membuka banyak aplikasi sekaligus. Sebab, ini membuat sisa RAM sedikit dan berakhir pada performa hp lelet.

Tutup aplikasi yang berjalan dilatarbelakang dan tidak begitu penting. Langkah ini bisa membantu menghemat sumber daya seperti CPU, RAM, dan baterai, sehingga memungkinkan ponsel Anda berjalan lebih lancar dan responsif.

Menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah langkah penting untuk mengoptimalkan kinerja hp Anda, terutama jika merasa hp Anda sering terasa lambat atau boros daya.

Nah, cara menghentikan aplikasi agar tidak berjalan di latarbelakang sebagai berikut:

  • Buka pengaturan ponsel Anda.
  • Pilih “Aplikasi” atau “Aplikasi & pemberitahuan.”
  • Telusuri daftar aplikasi yang terinstal.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda hentikan.
  • Ketuk “Stop” atau “Force Stop” untuk menghentikan aplikasi tersebut.

3. Menghapus Cache dan Data

Cache dan data aplikasi yang menumpuk bisa membebani ruang penyimpanan sekaligus memori RAM. Sehingga, ini bisa membuat hp lemot ketika digunakan untuk membuka aplikasi dan aktivitas lainnya.

Menghapus data aplikasi bisa menghilangkan semua pengaturan dan data yang disimpan oleh aplikasi tersebut, termasuk log masuk, pengaturan dan data yang mungkin dibutuhkan.

Untuk menghapus cache dan data, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pergi ke pengaturan ponsel.
  • Pilih “Aplikasi” atau “Aplikasi & pemberitahuan.”
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan.
  • Pilih “Penyimpanan” dan klik opsi “Hapus cache” untuk menghapus cache aplikasi.

Jika perlu, Anda juga dapat memilih “Hapus data” untuk menghapus data aplikasi (peringatan: ini akan menghapus pengaturan dan data yang disimpan oleh aplikasi tersebut).

4. Menginstall Aplikasi Antivirus

Jika Anda sudah mempraktekkan langkah-langkah diatas namun hp masih tetap lemot, mungkin saja ponsel Anda terkena virus. Coba deh untuk menginstall aplikasi antivirus yang berfungsi untuk melindungi perangkat Anda dari serangan malware, virus, dan ancaman keamanan lainnya.

Anda bisa langsung membuka Google Play Store (untuk perangkat Android) atau App Store (untuk perangkat iOS).

Kemudian cari aplikasi antivirus yang terpercaya, seperti Avast, Norton, Bitdefender, McAfee, atau aplikasi lain yang memiliki reputasi baik dalam melindungi perangkat mobile.

Demikianlah pembahasan mengenai dan cara mengatasinya. Semoga uraian diatas bisa membantu Anda yang sekarang ini sedang dibingungkan dengan masalah hp lelet.

Share: