Penyebab Investasi Kripto Rugi dan Kehilangan Uang Cepat – Investasi Kripto sekarang memang menjadi salah satu primadona investasi yang banyak berbagai kalangan. Tapi, tahukah Anda bahwa resiko kerugian dari investasi ini cukup nyata?

Berikut adalah penyebab rugi dan kehilangan banyak yang harus Anda ketahui dan waspadai.

Penyebab Investasi Kripto Rugi dan Kehilangan Uang Cepat
Penyebab Investasi Kripto Rugi dan Kehilangan Uang Cepat

Penyebab Investasi Kripto Mudah Rugi

Investasi kripto bisa menyebabkan kerugian karena beberapa sebab atau resiko yang membayang-bayanginya. Setiap mata uang kripto memiliki resiko yang sama dalam menghadapi kemungkinan kerugian ini. Berikut beberapa penyebabnya.

1. Fluktuatif

Fenomena kenaikan dan penurunan nilai mata uang kripto bukanlah hal baru, bahkan sudah banyak yang tahu. Nilainya bisa sangat tinggi dan tiba-tiba turun drastis hanya dalam jangka waktu singkat. Hal inilah yang membuat Anda harus bisa mengatur trading ataupun waktu investasi, agar tidak merugi.

2. Minim Regulasi

Peraturan atau regulasi mengenai keuangan kripto memang masih sangat rancu dan cukup baru di Indonesia. Bahkan, ada sejumlah ketentuan yang akan menimbulkan masalah dan bisa membuat Anda rugi jika tidak hati-hati dalam memilih mata uang investasi.

3. Resiko Cukup Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa investasi kripto memang sangat beresiko. Bisa saja Anda yang kemaren untung besar, sekarang merugi akibat jual beli asset kripto yang salah perhitungan. Berbeda dengan investasi pasar modal yang sabil, penurunan nilai mata uang kripto bisa berlangsung dalam sehari.

4. Reward Bentuk Kripto

Kerugian dari investasi kripto ada juga di masalah reward. Reward yang diberikan juga berbentuk asset kripto. Di sini, harga jualnya bisa sangat menurun dari keuntungan awal yang Anda dapatkan. Bahkan, bisa saja jika disimpan dalam waktu lama, jadi tidak likuid lagi.

Penyebab Kehilangan Uang Kripto Cepat Hilang

Selain penyebab kripto rugi, ternyata juga ada beberapa penyebab yang bisa membuat uang kripto Anda cepat hilang. Hal ini tentunya sangat berbahaya. Mengingat bentuknya adalah digital, kalau hilang tidak akan berbekas. Berikut adalah beberapa penyebab uang kripto Anda cepat hilang yang harus diwaspadai.

1. Rawan Kejahatan Cyber

Investasi kripto merupakan investasi yang murni berbasis teknologi. Karena hal tersebut, investasi ini sangat rentan akan serangan cyber. Meski pun sudah ada klaim aman dari pihak penyelenggara investasi, Anda tetap harus hati-hati atau kalau tidak, uang Anda akan dicuri.

Kemudidan, uang yang telah dicuri tersebut akan sulit untuk didapatkan kembali akibat datanya sudah diretas. Sudah banyak laporan yang menyatakan uang kripto telah diambil oleh hacker atau pencuri cyber. Coba saja Anda cek mengenai pembobolan exchange yang telah terjadi di berbagai Negara sejauh ini.

2. Fundamental Kurang Jelas

Mata uang kripto seperti Bitkoin, Tether, Doge, dan lainnya bukanlah mata uang yang nyata seperti rupiah. Jadi, bisa dibilang bahwa mata uang kripto tidak memiliki dasar fundamental yang jelas. Contohnya saja dalam satu Negara, mata uang kripto belum digunakan pada setiap kegiatan dan perputaran ekonomi.

3. ‏Tidak Ada Badan Otoritas yang Mengaturnya

Selain fundamental dalam sebuah Negara yang tidak terlalu jelas, tidak adanya badan otoritas seperti bank sentral menjadikan uang kripto bisa saja hilang sewaktu-waktu dan tidak ada pertanggung jawaban. Asset kripto sendiri hadir dari teknologi blockchain yang membuat semua transaksi otomatis.

Itulah beberapa penyebab investasi kripto rugi dan kehilangan uang cepat yang harus Anda waspadai. Setelah mengetahui beberapa resiko yang akan terjadi dan menyebabkan kerugian, tentunya Anda harus berfikir dua kali untuk memilih kripto sebagai produk investasi.

Share:

Tags: