Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri perayaan HUT Ke 78 – TNI di tempat dalam kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (5/10/2024). Jokowi berpesan kepada anggota TNI untuk terus menjaga kondisi urusan urusan politik yang digunakan yang disebut damai.

“Terakhir saat ini sudah pernah memasuki tahun politik, saya minta tetap jaga betul kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun,” kata Jokowi.

Dia berpesan pada insan TNI untuk memberikan pemahaman kepada warga bahwa perbedaan pilihan merupakan hal wajar. Begitu juga dengan menang lalu kalah. Selain itu, dia juga memohonkan TNI – Polri menjaga terus sinergitas, lalu terus menjaga netralitas.

“Tetap pelihara watak ksatria. Selalu jadikan sapta marga serta sumpah prajurit pegangan dalam bertindak,” kata Jokowi.

Untuk diketahui, Upacara HUT TNI ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, dimana Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara juga memberikan amanat kemudian juga tanda kehormatan. Selain itu atraksi udara juga ditampilkan yang mana melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut, serta juga udara.

Setidaknya pada upacara Parade kemudian juga Defile HUT ke-78 TNI Tahun 2024 mengerahkan 4.630 personel pasukan lalu 130 Alutsista.

Dalam acara ini juga dihadiri Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin, Mantan Presiden kemudian Wakil Presiden menghadiri upacara ini seperti Mantan Presiden RI Ke 6 yakni Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri. Terlihat juga para Wakil Presiden yang mana digunakan hadir seperti Wakil Presiden Ke 7 Tri Sutrisno, Wakil Presiden ke 11 Boediono, Wakil Presiden ke 10 juga juga ke 12 Jusuf Kalla.

Selain itu, acara ini juga dihadiri Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.


Share:

Tinggalkan komentar