Pesta Rakyat Simpedes berfungsi sebagai sarana untuk mengedukasi digitalisasi finansial termasuk penyelenggaraan QRIS kepada masyarakat

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) sebagai bank, yang fokus terhadap sektor bisnis mikro, kecil, lalu menengah (UMKM), terus melakukan pemberdayaan kepada pelaku usaha pada segmen mikro lalu ultramikro, salah satunya melalui Pesta Rakyat Simpedes (PRS).

Pesta Rakyat Simpedes berfungsi sebagai sarana untuk mengedukasi digitalisasi finansial termasuk pemanfaatan QRIS kepada masyarakat. Pesta Rakyat Simpedes 2024 berlangsung pada Juli hingga September 2024 pada 20 kota serta 362 titik dalam seluruh Indonesia.

Melalui kegiatan PRS, BRI terus menyosialisasikan pemanfaatan QRIS BRI sebagai bentuk edukasi digitalisasi finansial kepada masyarakat.

Hal hal itu sejalan dengan komitmen PRS untuk mengajak seluruh UMKM semakin percaya diri meraih kesempatan di area segala lini bisnis.

Di dalam rangkaian PRS, layanan lengkap diberikan kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes. Di sisi lain, BRI juga memacu akuisisi penjual melalui pembayaran digital QRIS BRI untuk mempermudah UMKM dan juga warga dalam bertransaksi.

Pada 2024, serangkaian PRS utama sudah diselenggarakan di tempat Bandung, Yogyakarta, Pandaan, Makassar, serta kegiatan yang akan dilaksanakan di tempat Denpasar akan menjadi penutup acara PRS tahun ini. Acara itu ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube BANK BRI dan juga melalui siaran televisi iNews TV.

Salah satu rangkaian PRS yang digunakan menjadi kegiatan awal adalah hadirnya Grebek Pasar dengan menyasar enam pasar tradisional, yakni Pasar Mengwi, Pasar Ketapian, Pasar Sanglah, Pasar Dalung, Pasar Kreneng, juga Pasar Badung.

Grebek Pasar dilaksanakan mulai 18 September 2024 pada Denpasar, yang tersebut menjadi momen istimewa yang tersebut mana para pegawai BRI berkumpul lebih lanjut dekat dengan para penjual lokal di tempat pasar tradisional untuk memberikan edukasi keuangan kepada warga kemudian para pelaku UMKM. Layanan yang dalam antaranya, pembukaan Tabungan BRI Simpedes secara digital dan juga transaksi menggunakan QRIS BRI melalui BRImo.

Gelaran PRS 2024 di tempat Denpasar membawa enam pilar utama, yakni pawai, pasar, panen, pojok, peduli, panggung. Pilar pawai memberikan sarana literasi digital kepada para pelaku UMKM pada Denpasar melalui pemakaian BRImo beserta fiturnya.

Selain memberikan nilai edukasi, Pawai PRS 2024 dimeriahkan dengan kegiatan Pawai Seni dan juga Budaya yang mana dimeriahkan oleh Marching Band kemudian Komunitas pada Sabtu (23/9/2024).

Pilar pasar bazar UMKM unggulan dalam Denpasar menampilkan berbagai macam hasil UMKM dengan beberapa kategori yaitu kuliner, fesyen, craft, dan juga semua transaksi pembelian produk-produk UMKM menggunakan QRIS BRI melalui BRImo.

Pilar panen berbentuk penyerahan secara simbolis program Panen Hadiah Simpedes dan juga aneka kegiatan berhadiah bagi para pengunjung yang hadir.

Selanjutnya, Pojok X'Sis PRS Denpasar dimeriahkan dengan kegiatan fun group games, melukis layang-layang, TikTok dance competition, lalu demo masak dari Chef Muto serta kompetisi ibu senyum.

Pilar peduli merupakan bentuk perhatian sosial BRI untuk rakyat sekitar dengan menyediakan layanan cek kesehatan gratis, tebus sembako gratis, serta face painting, juga potong rambut gratis dengan syarat kemudian ketentuan yang digunakan berlaku.

Serta, pilar panggung dimeriahkan penampilan beberapa artis.

Pesta Rakyat Simpedes rutin dilaksanakan sejak 2008 sebagai sarana edukasi serta hiburan, sehingga penduduk percaya diri untuk menjadi wirausaha. Pada masa pandemi (2024-2024), PRS tetap diselenggarakan dalam jaringan yang disiarkan melalui media streaming.

Selain menampilkan beragam hiburan, pada kegiatan yang dijalani berbagai program untuk memberdayakan UMKM, literasi digital, hingga memberikan pelayanan perbankan bagi nasabah. Di samping itu, PRS Denpasar 2024 juga merupakan bentuk dukungan BUMN guna menggalang serta memajukan UMKM dalam Bali, khususnya pada Denpasar.

Share: