Jogja menjadi salah satu daerah yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Sebab wisata Jogja cukup beragam, sehingga sering dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan. Terlebih Jogja juga terkenal dengan kulinernya yang khas, sehingga tidak heran jika daerah ini selalu ramai wisatawan.

11 Wisata Jogja yang Hits dan Kekinian

Wisata JogjaBagi Anda yang akan menghabiskan momen liburan, Jogja bisa dijadikan sebagai pilihan. Sebab daerah ini memiliki banyak destinasi wisata, baik wisata alam maupun wisata buatan. Berikut tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat di Jogja, yakni:

1. Wisata Kali Biru

Apabila Anda mencari tempat liburan yang berhadapan langsung dengan alam, kali biru bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Sebab wisata ini menawarkan panorama alam yang cukup nyata, sehingga sangat sayang jika Anda lewatkan. Terlebih harga tiket cukup murah yakni Rp10.000.

Kalibiru terletak di Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00-16:00 WIB. Menariknya lagi, terdapat banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati saat liburan di tempat ini.

2. Wisata Kaliadem

Liburan ke alam terbuka, seringkali menjadi pilihan banyak orang. Sebab kondisi alamnya masih cukup asri, sehingga nyaman saat digunakan untuk healing. Wisata Jogja Kaliadem terletak di Kinahrejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat mengunjungi tempat ini, Anda bisa mempelajari sejarah letusan gunung berapi. Bahkan Anda bisa mengabadikan momen liburan dengan latar belakang gunung berapi. Menariknya wisata ini buka setiap hari selama 24 jam, sehingga tidak heran jika Kaliadem selalu ramai oleh wisatawan.

3. Hutan Mangrove Kulon Progo

Liburan dengan suasana asri dan biaya terjangkau tentu menjadi keinginan semua orang. Hal ini bisa Anda wujudkan saat mengunjungi hutan mangrove kulon progo. Wisata ini terletak di jalan Mendit, Jangkaran, Temon, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Menariknya, hutan mangrove kulon progo buka 24 jam.

Sebenarnya kawasan wisata ini merupakan kawasan konservasi yang sengaja dibuka untuk wisata dan edukasi. Saat mengunjungi tempat ini, Anda bisa menikmati hamparan pohon mangrove. Selain itu, terdapat berbagai spot foto menarik. Sementara itu, tarif masuk menuju wisata ini adalah Rp3.000.

4. Gua Jomblang

Rekomendasi wisata Jogja yang selanjutnya adalah gua Jomblang. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai fotografi. Sebab hasil foto di tempat ini sangat cantik, sehingga sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Terlebih tarif masuk menuju wisata ini cukup murah yakni Rp5.000.

Berada di Jetis , Semanu, Gunung Kidul Regency, Special Region Of Yogyakarta. Gua Jomblang seringkali disebut sebagai cahaya dari Jogja. Sebab gua ini berada di dalam lembah dan mulut gua akan memancarkan cahaya jika terkena pantulan sinar matahari.

5. Pantai Indrayanti

Liburan ke pantai sering menjadi pilihan banyak orang. Sebab suasana dingin dan segar, bisa Anda dapatkan ketika liburan di pantai. Selain memiliki kuliner yang khas, Jogja juga memiliki pantai Indrayanti. Dimana pantai ini terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Gunung Kidul.

Pantai ini juga cukup indah, sehingga sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Terlebih pantai ini buka selama 24 jam dengan harga tiket Rp5.000. Menariknya di sekitar pantai juga terdapat cafe dan restoran, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan saat liburan di pantai Indrayanti.

6. Taman Pelangi

Bagi Anda yang tidak menyukai wisata alam bisa mengunjungi taman wisata. Taman pelangi berada di di jalan Ring Road Utara, Kec.Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat mengunjungi tempat ini, Anda akan disuguhkan dengan spot foto yang menarik dan unik.

Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata ini adalah malam hari. Sebab spot fotonya lebih menarik di malam hari. Wisata ini buka setiap hari, mulai pukul 16:00-22:00 WIB. Sementara untuk harga tiket di tempat ini cukup murah yakni Rp15.000 – Rp20.000.

7. Museum Ullen Sentalu

Wisata Jogja yang selanjutnya adalah museum ullen sentalu. Museum ini berada di jalan Boyong, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:30 – 16.00 WIB. Di tempat ini, Anda bisa melihat karya seni dari seniman Jogja.

Museum ullen sentalu sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat liburan bersama anak. Terlebih harga tiket menuju wisata ini cukup murah yakni Rp35.000 untuk wisatawan domestik dan Rp55.000 untuk wisatawan mancanegara. Menariknya lagi, wisata ini masih menjadi favorit wisatawan asing.

8. Candi Prambanan

Tempat wisata yang satu ini sering menjadi pilihan para wisatawan. Sebab wisata ini termasuk ke dalam warisan dunia UNESCO, sekaligus candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di jalan Raya Solo, Yogyakarta no.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec.Prambanan, Kab.Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat mengunjungi wisata ini, Anda akan menemukan berbagai spot foto instagramable, seperti reruntuhan candi Perwara dan Siwa Mandala. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06:30 – 16.00 WIB. Sementara untuk harga masuk menuju museum ini cukup terjangkau yakni Rp40.000.

9. Obelix Hills

Wisata Jogja yang satu ini sering dikunjungi oleh wisatawan. Sebab pemandangan alamnya menyejukkan, sehingga sayang jika dilewatkan begitu saja. Terlebih harga tiket masuk menuju wisata ini cukup murah yakni Rp15.000. Obelix hills buka setiap hari mulai pukul 10:00- 22:00 WIB.

Tempat ini dapat dijadikan sebagai pilihan jika Anda ingin melihat sunset dari dataran bukit. Terlebih wisata ini juga memiliki banyak spot foto yang bisa Anda gunakan untuk mengabadikan momen liburan. Obelix hills terletak di Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

10. Tebing Breksi

Sebenarnya wisata ini merupakan bekas tambang kapur. Namun karena diolah dengan baik, menjadi salah satu wisata Jogja yang menarik perhatian para pengunjung. Tampilannya yang unik menjadi salah satu alasan banyak wisatawan yang liburan di tebing Breksi.

Tempat wisata ini terletak di Desa Lengkong, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06:00-22:00 WIB. Sementara harga tiket masuk menuju wisata ini cukup murah yakni, Rp10.000. Di tebing ini terdapat ukiran dari para seniman lokal.

11. Bukit Kali Kuning

Wisata jogja yang satu ini letaknya masih dekat dengan gunung merapi, lebih tepatnya di jalan Bebeng, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kali kuning sendiri awalnya merupakan kali yang berisi aliran lahar saat gunung merapi meletus.

Saat ini kali kuning memiliki pepohonan yang rindang, sehingga sering dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan kemah. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00-17:00 WIB. Sementara harga tiket masuk ke wisata ini cukup murah yakni Rp3.000 per orang.

Berbagai rekomendasi wisata Jogja di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi saat akan liburan. Oleh karena itu usahakan untuk memilih tempat wisata yang sesuai dengan keinginan. Hal ini bertujuan agar momen liburan lebih menyenangkan.

Share: