Tips Cara Melunasi Hutang Lebih Cepat – Pengelolaan hutang yang tidak bagus bisa menghancurkan impian finansial dan kehidupan personal Anda.

Beberapa orang ingin terlepas dari hutang, tapi tidak berani mengambil langkah nyata. Walau sebenarnya, melunasi hutang lebih cepat dari tanggal jauh tempo bukanlah hal yang tidak mungkin. Intinya, Anda perlu dedikasi agar bisa melunasi utang dan pinjaman dalam kurun waktu lebih cepat.

Tips Cara Melunasi Hutang Lebih Cepat
Tips Cara Melunasi Hutang Lebih Cepat

Tips Cara Melunasi Hutang Lebih Cepat

Berikut 5 cara dan tips pintar untuk melunasi hutang lebih cepat sekaligus dapat menghemat uang Anda. sebagaimana yang dikutip oleh finansial bisnis (05/08/21)

1. Bayar Kapan Saja

Cara paling mudah untuk melunasi hutang lebih cepat, yaitu dengan membayar kapan saja Anda bisa. Jumlah uang yang Anda bayarkan bukan menjadi masalah, karena sekecil apapun uang yang Anda bayarkan, masih tetap akan mengurangi beban utang Anda.

2. Melakukan Pembayaran Lebih

Membayar lebih dari tiap bulan atau tahun. Apabila dalam sebulan Anda perlu bayar Rp1,2 juta, karena itu bayarlah tambahan Rp1,2 juta selama waktu setahun.

Untuk pembayaran bulanan Anda dengan 12 dan tambahkan jumlah itu ke tiap-tiap pembayaran bulanan anda. Contihnya, Rp1,2 juta dibagi 12 = Rp100.000. Berarti Anda perlu menambah Rp100.000 dalam tiap pembayaran Anda. Karena itu pembayaran Anda tiap bulannya bisa menjadi Rp1,3 juta.

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan di Umur 20-an

3. Potong Pengeluaran

Cermati baik ke mana uang Anda pergi dan pisahkan keperluan dari kemauan untuk berbelanja. Mulai hemat dengan tidak mampir ke warung kopi atau tempat makan siang favorite Anda.

Jika Anda kesulitan mencari tahu pengeluaran yang mana bisa Anda potong, awalilah dengan membuat budget (anggaran). Anda bisa manfaatkan aplikasi pengaturan keuangan yang ada. Aplikasi itu akan membantu mendata dan mengatur prioritas pengeluaran Anda.

4. Mencari Uang Tambahan

Saat ingin melunasi hutang dengan cepat, tidak boleh terlalu fokus untuk menabung. Kadang-kadang, jalan keluar paling cepat adalah memperoleh semakin banyak penghasilan.

Gunakan potensi yang Anda punyai untuk mencari pendapatan tambahan, satu diantaranya dengan memulai bisnis sampingan atau menjadi freelancer. Anda bisa juga mempertimbangkan untuk memakai motor atau mobil Anda untuk mendapatkan uang.

5. Stop Membuat Hutang Baru

Salah satu kunci penting menghentikan utang adalah mematikan akarnya, yaitu kartu credit atau pinjaman online (pinjol). Umumnya kartu credit dan pinjol mempunyai suku bunga paling besar dibandingkan utang yang lain dan demikian yang membuat utang bertambah menumpuk menjadi senggara.

Demikian itulah Tips Cara Melunasi Hutang Lebih Cepat, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Share:

Tags: