di Ibu Kota Nusantara () dibagi menjadi empat berdasarkan pemiliknya. Ketentuan itu tertuang dalam revisi UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

Pada Pasal 15 A, tanah dalam IKN terdiri dari barang milik negara, barang milik Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), tanah milik masyarakat, kemudian juga tanah negara.

Dalam beleid itu, tanah yang mana ditetapkan sebagai barang milik negara merupakan tanah yang terkait dengan penyelenggaraan urusan pemerintah pusat dandiberikan hak pakai.

“Tanah yang dimaksud hal itu ditetapkan sebagai barang milik Otorita Ibu Kota Nusantara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b merupakan tanah yang digunakan mana tidakterkait dengan penyelenggaraan urusan pemerintah pusat dan juga juga diberikan hak pengelolaan kepada Otorita Ibu Kota Nusantara,” bunyi pasal 15 A ayat 3.

Sementara itu, tanah milik penduduk merupakan tanah dengan Hak Atas Tanah (HAT) merupakan hak milik, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pakai, dan lahan yang dimaksud yang disebut dikuasai oleh pihak yang digunakan berhak, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di area area bidang pertanahan.

Selain itu, revisi UU IKN juga mengatur hak atas tanah yang tersebut mana berbentuk hak guna perniagaan investor. Dalam beleid itu, penanam modal sanggup belaka mendapatkan hak kelolaan tanah sampai 190 tahun.

Hak yang mana disebut diberikan dalam dua kali siklus. Pertama, jangka waktu paling lama 95 tahun.

Setelah siklus pertama selesai kemudian pemodal mau bertambah lagi, hak itu mampu diperpanjang untuk siklus kedua dengan masa yang sama.

Adapun untuk perpanjangan serta juga pembaharuan HGU dapat diberikan sekaligus setelah lima tahun HGU digunakan serta dimanfaatkan secara efektif sesuai dengan tujuan pemberian haknya.

DPR RI resmi mengesahkan RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN menjadi UU.

Pengesahan diimplementasikan dalam Rapat Paripurna ke-7 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2024. Delapan dari sembilan fraksi dalam area DPR menyatakan setuju dengan revisi uu tersebut.

Share:

Tinggalkan komentar